Pembelajaran dengan Pendekatan Explicit Intruction dengan Teknik Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Concept Siswa

Elsa Komala

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menelaah pembelajaran dengan pendekatan explicit intruction teknik scaffolding serta dampaknya terhadap kemampuan representasi matematis dan self-concept siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Cibadak dengan sampel dipilih dengan teknik  purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pendekatan explicit intruction dengan teknik scaffolding lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil angket menunjukkan bahwa self-concep siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan explicit intruction dengan teknik scaffolding cenderung positif artinya siswa merespon baik terhadap pembelajaran explicit intruction dengan teknik scaffolding.


Article metrics

Abstract views : 63


DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1500

References


Brooks, Jacqueline Grennon and Brooks, Martin G. 1993. The case for constructivist classrooms. Alexandria, VA: ASCD.

Cai, J, MS Jakabcsin, and Suzanne Lane. 1996. “Assessing Students’ Mathematical Communication.” School Science and … 96(5): 238–46. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1949-8594.1996.tb10235.x/abstract.

Cronbach, L.J. 1964. Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace & Company.

Duval, Raymond. 1999. “Representation, Vision and Visualization: Cognitive Functions in Mathematical Thinking. Basic Issues for Learning.” Twenty First Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education 25(1): 3–26. http://eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=ED466379%5Cnhttp://informahealthcare.com/doi/abs/10.1076/noph.25.1.3.7140.

Goldin, G.A. 2002. Representation in Mathematics Learning and Problem Solving. Dalam L.D English (Ed). Handbook of International Research in Mathematics Education (IRME). (New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates) hlm 209.

Jones, B.F., & Knuth, R.A. 1991. What does Research Say about Mathematics?. [on-line]. Tersedia: http://www.ncrl.org/sdrs/stwesys/2math.Html. [20 November 2012].

Kardi, Soeparman dan Muhamad Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Universiti Press.

Komala, Elsa. 2012. Pembelajaran dengan Pendekatan Diskursif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Siswa SMP. Bandung: Tesis SPs UPI.

Leonard dan Supardi, U.S. 2010. Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan: FT dan FMIPA Universitas Indraprasta PGRI.

Luitel, Bal Chandra. 2002. “Representation of Mathematical Learning: A Short Discourse.” In 25th Conference Organised by Western Australian Science Education Association, Canning College.

Rosenshine, Barak, and Robert Stevens. 1984. "Classroom instruction in reading." Handbook of reading research 1. Hal: 745-798.

Sugilar, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik

SiswaMadrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. [online] Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No 2, September 2013.

Thomas, M. O. J & Hong, Y. 2002. Representational versatility and linear algebraic equations. In Kinshuk, R. Lewis, K. Akahori, R. Kemp, T. Okamoto, L. Henderson, & C-H. Lee (Eds.). Proceedings of the International Conference on Computers in Education, ICCE, Auckland, 2, hlm. 1002–1006.

Wahyudin. 1999. Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Widhiarso, W. 2008. Komparasi Ketepatan Estimasi Koefisien Reliabilitas Teori Skor Murni Klasik. Yogyakarta: Tesis Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Wismayana, N.P. 2007. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Adversity Questions Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Konsep Diri Siswa SMA Negeri 4 Singaraja. JPP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa Terindeks pada:

 

Lisensi Creative Commons

 

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.