Agama dan Filsafat Dalam Pemikiran Ibnu Sina

Mukhtar Gozali

Abstract


Ibnu Sina merupakan filosof Muslim penting yang membangun teori Kenabian dengan risalahnya Itsbatal-Nubuwat.Dia menandai puncak falsafah Islam dengan pemikirannya tentang falsafah paripatetik, yang dikenal sebagai Masya’i, yaitu filsafat sinkretis (sintetis dari ajaran-ajaran Wahyu, Islam, Aristotelianisme dan Neoplatonisme).

 Sebagaimana filososf lainnya, Ibnu Sina merupakan filosof Muslim yang oleh sebagian orang dikritisi hanya sebagai duplikasi dari Hellenisme (filsafat Yunani), yang tidak mencerminkan pemikiran Islam. Padahalmereka yang melahirkan filsafat Islam dan berupaya serta berhasil memadukan wahyu dengan akal, akidah dengan hikmah, agama dengan filsafat.Yang menjelaskan kepada manusia bahwa wahyu tidak bertentangan dengan akal.

 Ibn Sina membuat sintetis final tentang Islam dengan filsafat Aristotelianisme dan Neoplatonisme menjadi sebuah dimensi intelektual yang permanen dalam dunia Islam dan bertahan sebagai ajaran filsafat yang hidup sampai hari ini. Ibn Sina adalah penggali yang amat sempurna dan penerjemah abadi filsafast paripatetik yang menunjukkan sampai ke pintu gerbang filsafat teosofiiluminasi yang menandakan penyatuan  filsafat dan spiritual secara integral.Satu setengah abad setelah Filsafat  masya’i  ia menghantarkan Shihabuddin Suhrawardi ke filsafat iluminasi (al-ishraq).


Keywords


Ibnu Sina, Filsafat Islam, Falsafah Paripatetik, Itsbat Nubuwat, Masya’i Hellenisme

Full Text:

PDF

References


Al-Hurri, Muhammad Kamil.Hayatuhu Atsaruhu wa Falsafatuhu.Beirut Libanon: Dar alkitab al-‘Islamiyyah, 1991.

Daudy, Ahmad.Kuliah Filsafat Islam.Jakarta: Bulan Bintang, cet. Ke-3, 1992.

Fakhri, Majid.Sejarah Filsafat Islam.Jakarta : Pustaka Jaya, 1986.

Frager, Robert.Heart,Self & Soul. The Sufi Psychology of Growth Balance & Harmony, penerj.Hasmiya Rouf, Psikologi Sufi Untuk Transformasi. Jakarta: Serambi, 2002.

Hanafi, Ahmad.Pengantar Filsafat Islam.Jakarta : Bulan Bintang, cet. Ke-5.

Madjid, Nurcholish.Islam Doktrin dan Peradaban.Jakarta : Yayasan Wakaf Paramadina, cet. Ke-2 , 1992.

Madkour, Ibrahim.Fi al-Falsafah al-Islamiyah Manhaj wa Tatbiquh, penerj. Yudian Wahyudi, dkk. Yogyakarta : Rajawali Press, edisi 1, cetakan 3, 1993.

Miller, Patricia H.Theories of Developmental Psycology.New York:W.H. Freeman andCompany, edisi ke-3, 1983.

Nasr, Seyyed Husein.Intelektual Islam, Teologi, Filsafat dan Gnosis.CIIS cet. Ke-1, 1995.

Nasution, Harun.Kontekstualiasi Doktrin Islam Dalam Sejarah.Jakarta : Yayasan Islam

Paramadina, 1994.

Shadra, Mulla. Kearifan Puncak, judul asli Hikmag al-Arsyiah. penerj. Dimitri Mahayana.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. ke-1, 2001.

Sina, Ibn, al-Najat. Dikutip dari buku Majid Fakhri, Sejarah Filsafat Islam.Jakarta: Pustaka Jaya, cet. Ke-1, 1987.

Syaikh, M. Sa’id.A Dictionary of Muslim Philosophi.penerj. Machnun Husein. Yogyakarta: Rajawali Press, edisi ke-1, cet ke-1, 1991

Weiji, P.A. Van Der.Filosuf Besar Tentang Manusia.Penerj. K. Bertens. Jakarta: Gramedia, 1998.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


©JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam diterbitkan oleh: Prodi Filsafat Agama, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.