Hati, Diri dan Jiwa (Ruh)

Rovi Husnaini

Abstract


Dalam prespektif sufisme, kita memiliki tujuh jiwa atau tujuh aspek dari jiwa yang kompleks yang masing-masing mewakili tingkat evolusi yang berbeda-beda. Perlu diingat bahwa sufisme sangat menekankan pada keseimbangan (balance). Pengembangan satu jiwa tidak untuk melemahkan yang lain. Setiap jiwa memiliki keistimewaan yang berharga dan dalam tasawuf pertumbuhan spiritual yang sejati adalah pertumbuhan seimbang dari keseluruhan individu, termasuk tubuh, pikiran, dan spirit (jiwa).

Dalam psikolog Sufi, hati memuat kecerdasan dan kearifan yang lebih dalam. Hati adalah tempat ma’rifat, dan merupakan kecerdasan yang lebih dalam dan lebih dasar dari pada kecerdasan abstrak kepada (otak). Misi seorang Sufi adalah mengembangkan hati yang lembut, berperasaan dan memiliki kasih-sayang dan untuk mengembangkan kecerdasan hati.Heart, Self, and Soul merupakan salah satu karya fenomenal Robert Frager, yang sering dibicarakan dalam dunia taswuf akhir-akhir ini.

Fokus kajian  tentang yaitu: (1)Takhalli (Pembersihan diri),yaitu membersihkan jiwa dari hawa nafsu duniawi seperti nafsu serakah, ujub, riya, hasud; (2) Tahalli (menghias jiwa), yaitu mengisi kekosongan jiwa dengan sifat dan amal yang saleh seperti zuhud, qana’ah, sabar, syukur, ridha; (3) Tajalli (nampak kebenaran), yaitu berharap hasilnya jiwa memperoleh pencerahan, cahaya terang yang menyingkap hijab tabir kegelapan.  Salahsatu bahasannya dalam pandangan ulama sufi tanah air, KH Ahmad Rifa’i tentang konsep Takahlli, Tahalli, dan Tajalli. Selain itu diperkaya dengan sudut pandang psikologi Barat dan Muslim, seperti Rober Frager dengan perbandingan Ruzbihan Baqli dalam Masyrab al-ArwadanRasyid al-Din Maybudi.


Keywords


Takhalli, Tahalli, Tajalli, Tasawuf, Robert Frager, KH Ahmad Rifa’i

Article metrics

Abstract views : 201 | PDF views : 366

Full Text:

PDF

References


Abdul, Djamil. Perlawanan Kiai Desa : Pemikiran dan Gerakan Islam KH. Ahmad Rifa’i

Kalisalak. Yogyakarta: LKIS, 2001

Bastaman, Hanna Djumhanna. Integrasi Psikologi dengan Islam Menuju Psikologi Islami.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997

Frager, Robert.Hati, Diri, dan Jiwa: Psikologi Sufi untuk Transformasi. Jakarta: Serambi, 1999.

Zahri, Mustafa. Kunci Memahami Ilmu Tasawuf. Surabaya: PT Bina Ilmu, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


©JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam diterbitkan oleh: Prodi Filsafat Agama, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.