Pengembangan Model Matematika Dinamika Perokok Di Kota Bogor

Embay Rohaeti, Ani Andriyati

Abstract


Masih tingginya kasus perokok di Kota Bogor menjadi alasan bagi masyarakat, praktisi kesehatan, pemerintah untuk mengambil langkah dan kebijakan yang tepat dalam mencegah meluasnya perokok di Kota Bogor. Sebagai salah satu bidang ilmu, matematika turut memberikan peranan penting dalam mencegah meluasnya perokok yaitu melalui model matematika terkait peningkatan jumlah perokok. Pada model matematika dinamika perokok, individu dalam populasi (N) dibagi ke dalam empat kelompok yaitu kelompok perokok potensial (P), kelompok perokok kadang-kadang (L), kelompok perokok berat (S), dan kelompok mantan perokok (Q). Model matematika dinamika perokok dikembangkan dengan melibatkan faktor efikasi diri untuk berhenti merokok, sehingga model matematika yang terbentuk tersebut diharapkan dapat lebih mendekati keadaan nyata dinamika perokok di Kota Bogor, langkah selanjutnya model matematika tersebut dianalisis secara analitik dan numerik. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa pada kondisi bebas perokok, jumlah perokok kadang-kadang akan mendekati nol pada 16 tahun yang akan datang dan pada kondisi marak perokok, jumlah perokok berat terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa setelah adanya faktor efikasi diri  untuk berhenti merokok jumlah perokok di Kota Bogor mengalami penurunan tetapi tidak akan mencapai nol.


Keywords


perokok; efikasi diri; model matematika

Full Text:

PDF

References


H. W. Hethcote, “The Mathematics of Infectious Diseases”, SIAM Review, Vol. 42, no 4, 2000.

L. Rahmah, F. Sabrian, dan D. Karim, “Faktor Pendukung dan Penghambat Intensi Remaja Berhenti Merokok” , Riau, 2015.

M.V. Anggraini, Miswanto, dan Fatmawati, “Analisis Model Matematika Jumlah Perokok dengan Dinamika Akar Kuadrat”, Jurnal Matematika, Vol. 2, 2013, P. 10-20.

N. V. P. Tu, “Dynamical System An Introduction with Application in Economics and Biology”, Springer Verlag, Germany. 1994.

S.D. Fisher, “Complex Variable. 2nd Ed”, California(US):Wadsworth & Brooks/Cole Books & Software. 1990.

T.Y. Aditama, “Masalah Merokok dan Penanggulangannya”, Ikatan Dokter Indonesia, Jakarta. 2015.

W.G. Kelley, A.C. Peterson, “The Theory of Differential Equation : Classical and Qualitative”, Springer, New York, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.