Kondisi Pelayanan Aspirasi Masyarakat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat

rully khairul anwar, Diah Fatma Sjoraida,

Abstract


Penelitian ini membahas kinerja dewan perwakilan rakyat daerah dalam melayani penyaluran aspirasi masyarakat di Jawa Barat, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan setting alamiah di mana ada banyak perilaku dan peristiwa yang terjadi. Penelitian ini juga menggunakan teori institusional (institusionalisme), karena teori ini dapat membimbing peneliti pada struktur, regulasi dan prosedur kelembagaan yang bisa memiliki dampak yang signifikan pada kebijakan publik dan tidak boleh diabaikan dalam analisis kebijakan. Studi ini menemukan bahwa dalam rangka untuk melaksanakan fungsi mereka sebagai wakil-wakil terpilih, para anggota dewan provinsi selalu menyediakan diri mereka untuk melayani masyarakat. Untuk itu, para anggota dewan provinsi, antara lain, menyerap dan mengumpulkan aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja reguler; menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan; dan memberikan dorongan moral dan politik secara akuntabel kepada konstituen. Dalam hal kondisi, semua layanan dilakukan dalam banyak cara yang merepresentasikan rakyat itu sendiri. Meski begitu, sebagian orang masih meragukan signifikansi cara-cara tersebut bagi perkembangan kondisi demokratis.

Full Text:

PDF

References


Budiardjo, Miriam. 2008, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Ikrar Mandiriabadi, Jakarta.

Creswell, John. W. 1994. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publication.

Heywood, Andrew. 2000. Key Concepts in Politics. New York: Palgrave Macmillan.

Gatara, A. A. S., & Nurjaman, K. (2017). LITERASI POLITIK MASYARAKAT PESISIR DAN MANAJEMEN PARTAI POLITIK. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2), 137-157.

Napitupilu, Paiman. 2007. Menuju Pemerintahan Perwakilan. Bandung: Alumni.

Mahendro, Y. A. (2016). Tindakan Sosial Ekonomi Dalam Perspektif New International Sociology. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(1), 81-101.

tuswoyo, t. (2016). PELEMBAGAAN OPOSISI DALAM SISTEM PRESIDENSIAL: STUDI TENTANG OPOSISI PDIP DI DPR. JISPO : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 51-74. doi:http://dx.doi.org/10.15575/jispo.v1i1.714

Rahman, H.I, 2007. Sistem Politik Indonesia, Jakarta: Graha Ilmu.

Sanit, Arbi. 1995. Perwakilan Politik di Indonesia. Jakarta: Rajawali.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Flag Counter

 

View My Stats