MANAJEMEN PESANTREN DALAM PEMBANGUNAN DESA

Mohammad Mustari, Dedeng Yusuf Maolani

Abstract


Tujuan kajian ini adalah untuk membuat analisis sistematis yang mendalam terhadap peran dan kontribusi pesantren dalam pembangunan wilayah perdesaan, terutama di Kab. Tasikmalaya yang jumlahnya telah mencapai 761 pesantren. Kajian ini menggunakan metode kajian kasus berganda. Kasus-kasusnya terdiri dari enam pesantren (tiga pesantren besar dan tiga pesantren kecil), semuanya berlokasi di Kab. Tasikmalaya. Pemilihan pesantren-pesantren itu disebabkan karena mewakili dari tiga kategori: tradisional, modern, dan kombinasi. Wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Wawancara tatap muka memakai daftar pertanyaan yang dikembangkan untuk kajian ini. Temuan kajian menunjukkan bahwa semua pesantren merancang sendiri dan melaksanakan rencana pembangunan, baik untuk di dalam pesantren itu sendiri maupun untuk pembangunan desa, yang menjadi lingkungan sosialnya, karena kebanyakan pesantren itu berada di perdesaan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik, “The Pesantren in Historical Perspective,” in Abdullah, Taufik and Siddique, Sharon (eds.), Islam and Society in Southeast Asia, Singapore: Institute of Southeast Asian Studies, 1986.

Atlas Provinsi, 2016.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya Dalam Angka, 2016).

Badan Pusat Statistik Tahun 2004, Hasil Pemutakhiran dalam rangka Pemilihan Presiden Tahun 2004.

Boeke J.H., The Structure of Netherlands Indian Economy, New York; Institute of Pacific Relations, 1942.

Chua, Yan Piaw, Metode Penelitian, Kuala Lumpur: Mc Graw Hill, 2006.

Depag R.I., Statistik Pendidikan Agama dan Keagamaan Tahun Pelajaran 2015-2016, Jakarta: Bagian Data dan Informasi Pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama, 2016.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Dhofier, Zamakhsari, TradisiPesantren, Kajian tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, Jakarta, 1983.

Korten, David C. and Alfonso, Felipe B. (eds.), Bureaucracy and the Poor: Closing the Gap, Singapore: McGraw-Hill International Book Company, Copyright by Asian Institute of Management, Makatai, Metro Manila, Philippines, 1981.

Madjid, Nurcholish, dkk. (ed.), Ensiklopedi Islam, Jilid IV, Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.

Mansurnoor, Iik Arifin, Islam in an Indonesian World: Ulama of Madura, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1990.

Morrish, Ivor, The Sociology of Education: An Introduction, Unwin Education Books, Series Editor: Ivor Morrish, London: George Allen & Unwin, (1972), 2nd edition, 1978.

Mustari, Mohamad, and M. Taufik Rahman. Peranan pesantren dalam pembangunan pendidikan masyarakat desa. MultiPress, 2010.

Patton, Michael Quinn, Qualitative Research and Evaluation Methods, 3rd edition, London: Sage Publications, (1990), 2002.

Rahman, M. Taufiq. Glosari Teori Sosial. Bandung: Ibnu Sina Press. 2011.

Riggs, Fred W., Administration in Developing Countries: The Theory of Prismatic Society, Boston: Houghton Mifflin Company, 1964.

Salkind, Neil J., Exploring Research, 4th edition, New Jersey, US: Prentice Hall, (1991), 2000.

Satu Abad Pondok Pesantren Suryalaya: Perjalanan dan Pengabdian 1905-2005, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, 2005.

Stalcup, R. J., Sociology and Education, Columbus, Ohio: C. E. Merrill, 1968.

Tohir Sh., H. Asep Moh. (ed.), Sisi Lain Pesantren Miftahul Huda, Tasikmalaya: Yayasan Pesantren Miftahul Huda, 1999.

Unang Sunardjo, RH., SH., Menelusuri Perjalanan Sejarah Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Flag Counter

 

View My Stats