KEBIJAKAN POLITIK DALAM TAFSIR NEGARA: STUDI ATAS AYAT-AYAT FIQIH DALAM TAFSIR KEMENAG AL-QUR’AN DAN TAFSIRNYA


Achmad Yafik Mursyid(1*)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang corak penafsiran Al-Qur’an sebagai bagian dari kebijakan negara. Negara memiliki agenda untuk menjaga stabilitas sosial-politik dengan mengakomodir dan mengontrol ritual keagamaan masyarakatnya. Hal ini terlihat pada upaya negara dalam menerbitkan tafsir Al-Qur’an contohnya adalah yang diterbitkan oleh Kementerian Agama di Indonesia. Masyarakat Indonesia yang mayoritas mengikuti mazhab Shafi’i menjadi pertimbangan penting bagi negara dalam menerbitkan Tafsir Al-Qur’an, sehingga muncul karya-karya tafsir yang diinisiasi oleh negara melalui Kementerian Agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berorientasi hukum pada tafsir Kementerian Agama yang diberi judul Al-Qur’an dan Tafsirnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karya-karya tafsir sebagai bagian dari produk negara memiliki karakter control-oriented. Hal ini terlihat pada karakter mazhab Shafi’i yang menonjol pada tafsir tersebut. Berdasarkan karakter tersebut maka perbedaan latar belakang mazhab cenderung mempengaruhi penafsiran Al-Qur’an dan membentuk ciri khas tersendiri dalam proses penafsiran khususnya pada penafsiran ayat-ayat hukum. Di samping itu, produk tafsir negara juga melahirkan genre baru dalam tradisi tafsir yaitu tafsir kolektif. Tafsir negara juga menunjukan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia atas kebutuhan tafsir kontekstual cukup tinggi.



Keywords


Mazhabisme, Al-Qur’an dan Tafsir, Tafsir Negara, Politisasi Tafsir

References


Abdillah, M. (2013). Hubungan Agama dan Negara dalam Konteks Modernisasi Politik di Era Reformasi. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah. https://doi.org/10.15408/ajis.v13i2.937

Adz-Dzahabi, M. H. (2005). At-Tafsir wa al-Mufassirun. Kuwait: Dar Nawadir.

Afifah, F. N. (2020). Fanaticism of Madzhab in Interpretation: Study of The Book of Aḥkam al-Qur’an By al-Jaṣṣaṣ. Jurnal Ushuluddin. https://doi.org/10.24014/jush.v28i2.9618

Al-Qurʼan dan tafsirnya. (2010). [Jakarta]: Kementerian Agama RI.

al-Sa’id, L. (1987). Al-Jam’u al-Shauty al-Awwal li al-Qur’an al-karim aw al-Mushhaf al-Murattal. Kairo: Dar al Katib al Arabi lithaba’ah wa al Nasyar.

Alfiyah, L. (2017). Makna Zauj Dalam Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Analisis Strukturalisme Linguistik). Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 5(02). https://doi.org/10.24235/sqh.v5i02.4343

Chirzin, M. (2018). Dinamika Terjemah Al-Qur’an (Studi Perbandingan Terjemah Al-Qur’an Kemenerian Agama RI dan Muhammad Thalib). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis. https://doi.org/10.14421/qh.2016.1701-01

Çoruh, H. (2017). Tradition, Reason, and Qur’anic Exegesis in the Modern Period: The Hermeneutics of Said Nursi. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/09596410.2017.1280915, 28(1), 85–104. https://doi.org/10.1080/09596410.2017.1280915

Eriksson, L. (2019). Intersections between biopolitics and religion: Cases of politicisation of religion in Finland and Norway. Nordic Journal of Religion and Society. https://doi.org/10.18261/issn.1890-7008-2019-01-03

Faisal, M. (2019). Khazanah Studi Kitab Tafsir di Indonesia (Kajian Terhadap Kitab Tafsir Ringkas Kementerian Agama Republik Indonesia). Islam Universalia , 1(1).

Faizin, F. (2017). Integrasi Agama dan Sains dalam Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI. Jurnal Ushuluddin, 25(1). https://doi.org/10.24014/jush.v25i1.2560

Faizin, F. (2020). Kisah Al-Qur’an dalam Tinjauan Sains (Studi atas Serial Tafsir Ilmi Kementerian Agama RI). AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(1). https://doi.org/10.29240/alquds.v4i1.1106

Federspiel, H. M. (1991). An Introduction to Qur’anic Commentaries in Contemporary Southeast Asia. The Muslim World, 81(2). https://doi.org/10.1111/j.1478-1913.1991.tb03519.x

Federspiel, H. M. (1994). Popular Indonesian literature of the Qur’an. Cornell Modern Indonesia Project, Southeast Asia Program, Cornell University.

Gokkir, B. (2012). The Role of State Policies in Modern Qur’anic Exegesis in Turkey: Case of Elmahh Muhammed Hamdi Yazır (1878-1942) and His Exegesis. Acta Asiatica Varsoviensia, 25.

GÖKKIR, N. (2018). Printing Mushaf or Gaining Power and Authority over the Muslim World. İlahiyat Tetkikleri Dergisi. https://doi.org/10.29288/ilted.466304

Gökmenoğlu, Y. D. D. H. T. (1994). Ah}kam Tefsirleri ve Özellikleri. Necmettin Erbakan Üniversitesi İlahiyat Fakültesi Dergisi, 5(5). Retrieved from https://dergipark.org.tr/tr/pub/neuifd/210698

Gusmian, Islah; (2019). TAFSIR AL-QURAN & KEKUASAAN DI INDONESIA: Peneguhan, Kontestasi, dan Pertarungan Wacana. Retrieved from //psqdigitallibrary.com/pustaka/index.php?p=show_detail&id=3314&keywords=

Gusmian, Islah. (2013). Khazanah Tafsir Indonesia:Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. LKIS.

Herlambang, S., & Kurniawan, S. (2018). Hegemony of Involvement of Tafsir in Political Identity. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 19(1), 83. https://doi.org/10.14421/esensia.v19i1.1489

Ismail, F. (2001). Islam and Pancasila : Indonesian politics, 1945-1995 (1st ed.). [Jakarta]: F. Ismail.

Ivanescu, C. (2010). Politicised religion and the religionisation of politics. Culture and Religion. https://doi.org/10.1080/14755610.2010.527611

Jubba, H. (2011). Diskriminasi Negara terhadap Agama di Indonesia, Studi atas Persoalan Posisi Hukum Towani Tolotang Pasca Pengakuan Agama Resmi. Jurnal Kawistara, 1(2), 103–212. https://doi.org/10.22146/KAWISTARA.3918

Karaman, H. (2007). Kur’an yolu : Türkçe meâl ve tefsir (3. baskı). Ankara: Diyanet İşleri Başkanlığı.

Krasteva, A. (2015). Religion, politics, and nationalism in postcommunist Bulgaria: Elastic (post)secularism. Nationalism and Ethnic Politics. https://doi.org/10.1080/13537113.2015.1095526

Lindberg, J. (2014). Politicisation of religion in Scandinavian parliamentary debates 1988–2009. Politics, Religion and Ideology. https://doi.org/10.1080/21567689.2014.965693

Moch Nur Ichwan. (2009). Negara, Kitab Suci, dan Politik: Terjemah Resmi Al-Qur’an di Indonesia. In Henri Chambert-Loir (Ed.), Sejarah Terjemahan di Indonesia dan Malaysia. Jakarta: Ecole Francaise d’Extreme-Orient.

Mourão Permoser, J. (2014). Austrian MEPs: Between privatisation and politicisation of religion. Religion, State and Society. https://doi.org/10.1080/09637494.2014.941616

Mukadimah al-Qurʻan dan tafsirnya. (2010). [Jakarta]: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Naim, N. (2015). ISLAM DAN PANCASILA: Rekonstruksi Pemikiran Nurcholish Madjid. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 10(2). https://doi.org/10.21274/epis.2015.10.2.435-456

Pink, J. (2010). Tradition, Authority and Innovation in Contemporary Sunnī tafsīr : Towards a Typology of Qur’an Commentaries from the Arab World, Indonesia and Turkey . Journal of Qur’anic Studies, 12(1–2), 56–82. https://doi.org/10.3366/jqs.2010.0105

Qattan, M. (2009). Mabahith fi `ulum al-Qur’an. Bayrut: Mu’assasat al-Risalah.

Rahmanto, O. D., & Idris, M. A. (2021). Penafsiran Gulul Dalam Al-Qur’an: Telaah Surat Ali Imran Ayat 61 Pada Tafsir Kementerian

Agama Ri. El-’Umdah, 3(2). https://doi.org/10.20414/el-umdah.v3i2.2692

Rohimin, R. (2016). Tafsir Aliran Ideologis Di Indonesia: Studi Pendahuluan Tafsir Aliran Ideologi Sunni Dalam Tafsir Kementerian Agama. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 20(2), 169–182. https://doi.org/10.29300/MADANIA.V20I2.166

Rohmah, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Jejak Eksistensi Mazhab Syafi`i di Indonesia. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 8(1). https://doi.org/10.24235/tamaddun.v8i1.6325

Saha, S. (2015). Perkembangan Penulisan Tafsir Al-Qur’an di Indonesia Era Reformasi. Jurnal Lektur Keagamaan, 13(1), 59–84. https://doi.org/10.31291/JLK.V13I1.204

Sahiron. (2009). Hermeneutika dan pengembangan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press.

Sirry, M. (2020). ‘Contending Modernities’ in Indonesia: An Introduction. Https://Doi.Org/10.1080/09596410.2020.1773090, 31(2), 129–130. https://doi.org/10.1080/09596410.2020.1773090

Syaltut, M. (1966). Al Islam : Aqidah wa Syari’ah. Beirut: Dar al Qalam.

Syamsuddin, S. (2019). Perkembangan Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(1). https://doi.org/10.33096/jiir.v16i1.2

Syuhadak. (2006). Pengajaran Bahasa Arab Bagi Muslim Indonesia. Malang: UIN Malang Press.

White, M. D., & Marsh, E. E. (2006). Content analysis: A flexible methodology. Library Trends, 55(1), 22–45. https://doi.org/10.1353/lib.2006.0053

Yüksel, Y. (2015). Fikhi Tefsir Geleneğinde Ahka>m-ı Kur’a>niyye’nin Yeri. Gümüşhane Üniversitesi İlahiyat Fakültesi Dergisi, (1).

Zainuddin, M. (2015). Plurality of religion: Future challenges of religion and democracy in Indonesia. Journal of Indonesian Islam. https://doi.org/10.15642/JIIS.2015.9.2.151-166




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v6i2.13601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Achmad Yafik Mursyid

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.