KARAKTERISTIK TAFSIR MADRASI KARYA H. OEMAR BAKRI DAN PENGGUNAANNYA PADA KURIKULUM KMI DARUSSALAM GONTOR PUTRI


Dadan Rusmana 2(1*), Nida Amalia Kamal(2), Maulana Yusuf Alamsyah(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang eksistensi dan penggunaan kitab al-Tafsir al-Madrasi yang ditulis H. Oemar Bakry. Fokus pembahasannya terkait dengan dua hal, yakni karakteristik al-Tafsir al-Madrasi dan penggunaan al-Tafsir al-Madrasi pada salah satu pesantren di Indonesia, yakni Pesantren Gontor Putri. Teori yang digunakan dalam tulisan ini adalah tentang khashaish al-tafsir (karakteristik tafsir) dan Tafsir sebagai Materi Ajar. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode penelitian kulitatif dengan pendekatan sosiologi teks. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa al-Tafsir al-Madrasi merupakan tafsir ringkas (ijmali), dominan menggunakan akal (bi al-ma’qul), dan berorientasi pada analisis bahasa, sastra, dan sosial (adab wa al-ijtima’i). Tafsir ini disusun untuk memenuhi kurikulum pendidikan madrasah. Kitab ini ditulis dalam bahasa Arab dan terdiri dari dua jilid kecil yang menghimpun tafsir juz pertama dan kedua al-Qur’an. Penafsiran dalam kitab ini banyak dipengaruhi oleh penafsiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha dalam kitab Tafsir al-Mannar sehingga dapat dikatakan bahwa kitab ini merupakan ringkasan kecil kitab al-Mannar. Tafsir ini diajarkan di KMI Ponpes Modern Gontor Putri sebagai bahan ajar pada Madrasah. Hasil pengamatan, penggunaan al-Tafsir al-Madrasi ini sangat efektif sebagai materi ajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bahasa Arab (Arabic skill) dan literasi terhadap kajian tafsir modern.


Keywords


al-Tafsir al-Madrasi, Madrasah, Kurikulum

References


Ahimsa-Putra, Heddy Shri. “The Living Al-Qur’an: Beberapa Perpektif Antropologi.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 20, no. 1 (May 30, 2012): 235.

Amin, Ahmad Khoirul. Metodologi Penafsiran KH. Ahmad Yasin Asymuni. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

Anwar, Rosihon, Asep Abdul Muhyi, Irma Riyani, and M Solahuddin. “Menelusuri Pengaruh Pembaharuan Di Mesir Terhadap Tasfir Di Nusantara (Kajian Terhadap Tafsir Qur’ān Karīm Karya Mahmud Yunus).” 1–20. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati, 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/30649/.

Ari, Anggi Wahyu. “Sejarah Tafsir Nusantara.” Jurnal Studi Agama 3, no. 2 (2020): 113–127.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Bahary, Ansor. “Tafsir Nusantara: Studi Kritis Terhadap Marah Labid Nawawi Al-Bantani.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 16, no. 2 (2015): 176.

Bakry, Oemar. Al-Tafsir Al-Madrasi. Ponorogo: Darussalam Press, 2001.

Bisri, Hasan. “Pengembagan Metode Pengajaran Tafsir Di Pesantren.” Tajdid 26, no. 1 (2019): 59. https://riset-iaid.net/index.php/tajdid/article/view/328.

Bizawie, Zainul Milal. “Sanad and Ulama Network of The Qur’anic Studies in Nusantara.” Heritage of Nusantara 4, no. 1 (2015): 23–44.

Escarpit, Robert. Sosiologi Sastra. Jakarta: YOI, 2005.

Faizah, Fatikhatul. “Polemik Alquran Berwajah Puisi: Tinjauan Terhadap Alquran Karim Bacaan Mulia Karya H. B. Jassin.” Nun : Jurnal Studi Alquran dan Tafsir di Nusantara 3, no. 2 (June 13, 2017): 81–99. Accessed May 6, 2021.

http://ejournal.aiat.or.id/index.php/nun/article/view/46.

Faruk. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Fasa, Muhammad Iqbal. “Gontor as the Learning Contemporary Islamic Institution Transformation Toward the Modernity.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 14, no. 1 (2017): 141.

Federspiel, Howard M. Popular Indonesian Literature of the Quran. Ithaca, New York: Cornell Modern Indonesia Project, 1994.

Fitria, Nunis. “Pengalaman Belajar Al-Tafsir Al-Madrasi Di KMI Gontor Putri (Wawancara),” 2021.

Gusmian, Islah. “Bahasa Dan Aksara Dalam Penulisan Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia Era Awal Abad 20 M.” Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis 5, no. 2 (2015): 223–247.

———. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Yogyakarta: LKiS, 2013.

———. Khazanah Tafsir Indonesia. Jakarta Selatan: Teraju, 2003.

———. “Tafsir Al-Qur’an Di Indonesia: Sejarah Dan Dinamika.” Nun 1, no. 1 (2015): 1–32. http://ejournal.aiat.or.id/index.php/nun/article/view/8.

Hamzah, Syeh Hawib. “Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Dinamika Ilmu 14, no. 1 (2014): 123–147. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/18/pdf_10.

Hidayah, M Riyan. “Manhaj At-Tafsir Al-Madrasi Li Oemar Bakry.” Al-Fanar: Junal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir 03, no. 02 (2020): 149–166. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/alfanar.

Ilman, Robby Zidni. “Menjawab Kontroversi Tafsir Marah Labib Ke Nusantara; Analisis Deskriptif Kitab Magnumopus Syaikh Nawawi Al- Bantani.” Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 7, no. 2 (2019): 299–336. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/kon/article/view/1938.

Ismail, Norbani B. “The Qur’anic Exegesis, Reformism, and Women in Twentieth Century Indonesia.” Studia Islamika 24, no. 3 (2017): 469–501.

Junaidi, Akhmad Arif. “Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim.” Wahana Akademika 15, no. 1 (2013): 1–14.

Manti, Biltiser Bachtiar, Adian Husaini, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. “Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus Dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016): 151.

Mawaddah, Mia. “Efektivitas Penggunaan Al-Tafsir Al-Madrasi Di KMI Darussalam Gontor,” 2014.

Mighwar, Muhammad Al, Achmad Sanusi, Iim Wasliman, Nanang Hanafiah, and Universitas Islam Nusantara. “The Leadership of K.H. Imam Zarkasyi in Managing of Boarding School Darussalam Gontor.” International Journal of Education Research 4, no. 03 (2021): 14–25. http://ijojournals.com/index.php/er/article/view/450/212.

Muhajir, Muhajir, and Abdul Mufid Setia Budi. “Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Gontor Dan Disiplin Pondok Penumbuhkembang Karakter Santri.” Qathruna: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan 5, no. 1 (2018): 1–24.http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/2965.

Munir, Miftahul. “Manajemen Pesantren Studi Tentang Kurikulum Dan Pembelajaran Di Pondok Modern Gontor Ponorogo.” Didaktika Religia 3, no. 1 (2015): 41–60.

Nuar, Jannatul Husna bin Ali. “Minangkabau Clergies and The Writing of Hadith” 24, no. 1 (2016): 1–19. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin/article/view/1357/1553.

Nugraha, Eva. “Tren Penerbitan Mushaf Dalam Komodifikasi Al-Qur’an Di Indonesia.” Ulumuna Jurnal Studi Keislaman 18, no. 2 (2014): 369–394. https://ulumuna.or.id/index.php/ujis/article/view/267/248.

Nursikin, Mukh, and Muhammad Aji Nugroho. “Internalization of Qur ’ Anic Values in the Islamic Education System at State Islamic Senior High School of Semarang Regency Central Java.” Didaktika Religia 9, no. 1 (2021): 19–38. https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3241.

Putra, Afriadi, and Muhammad Yasir. “Kajian Al-Qur’an Di Indonesia (Dari Studi Teks Ke Living Qur’an).” Tajdid: Majalah Ilmu Penetahuan dan Pemikiran Keagamaan 21, no. 2 (2018): 13–22.

Rahman, Rini. “Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad 20 (Studi Kasus Di Sumatera Barat).” Humanus XIV, no. 2 (2015): 174–182.

Rohmana, Jajang A. “Memahami Al-Qur ’ an Dengan Kearifan Lokal : Nuansa Budaya Sunda Dalam Tafsir Al-Qur ’ an Berbahasa Sunda.” Journal of Qur’an and Hadith Studies 3, no. 1 (2014): 79–99. http://www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/journal-of-quran-and-hadith/issue/view/213.

Sabila, Ana Maulida, Happy Susanto, and Anip Dwi Saputro. “Education Thought Imam Zarkasyi and Relevance to the Development of Islamic Education in Indonesia.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2020): 19.

Said, Hasani Ahmad. Jaringan Dan Pembaharuan Ulama Tafsir Nusantara Abad XVI-XX. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2020.

Syamsu, Pradi Khusufi. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Modern Darussalam Gontor.” El-Ibtikar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 7, no. 2 (2018): 18–40.

https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/view/3319/1847.

Zaiyadi, Ahmad. “Dinamika Studi Al-Quran Di Indonesia.” Al-Bayan 1, no. 1 (2018): 01–26. http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/1.

Zubandi. Tafsir Muhammad Rasyid Ridha, Tinjauan Terhadap Corak Tafsir Adabi Ijtima’i (Sastra Kemasyarakatan). Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021. http://repository.uinjambi.ac.id/7770/.

Zulaiha, Eni, and Busro Busro. “Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran Terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab Di Kalangan Pelajar SMA/SMK Umum Di Kota Bandung.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 2 (2020): 259–274.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v6i1.13999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dadan Rusmana 2, Nida Amalia Kamal, Maulana Yusuf Alamsyah

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.