ANALISIS SEMANTIK PADA KATA AHZĀB DAN DERIVASINYA DALAM AL-QURAN


Ecep Ismail(1*)

(1) Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Dengan melihat kepentingan terhadap pemaknaan Alquran yang tepat dan sesuai dengan maksud dan tujuan pemberi wahyu agar Alquran dapat dipahami oleh manusia, dalam hal ini pemaknaan yang tepat terhadap kata Ahzāb  dalam Alquran, maka menjadi sangat urgen untuk meneliti secara keseluruhan kata-kata yang berbicara tentang Ahzāb  agar memperoleh makna ahzāb  secara utuh. Metode penelitian ini menggunakan analisis komponen semantik dan analisis kombinasi semantik ahzāb. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kata ahzāb  dalam Alquran berdasarkan tinjauan semantik. Dalam penelitian ini, kata ahzāb  dianalisis berdasarkan teori semantik, baik dari segi kontekstual maupun makna-maknanya dengan menginventarisir derivasinya dalam Alquran. Kata ahzāb  dalam Alquran diulang sebanyak 17 kali dalam 13 surat dalam berbagai bentuk gramatikalnya. Kata ahzāb  jika dilihat dari penggunaanya dalam Alquran dengan bentuk dan gramatikal yang bervariasi, ini memunculkan makna kata yang berbeda pula, sehingga menyebabkan adanya tendensi makna yang beragam. Diantara makna Ahzāb  dan derivasinya dalam Alquran adalah: Ahzāb dengan pengertian golongan yang ekslusif, ahzāb  dengan pengertian golongan yang bersekutu, ahzāb  dengan pengertian golongan yang berserikat, Ahzāb  dengan pengertian sekutu, ahzāb  dengan pengertian pengikut agama.


Keywords


Ahzab; alquran; semantik.

Full Text:

PDF

References


Al-Wasilah, A. C, Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT. Angkasa,

Aminuddin, Semantik Pengantar Studi Tentang Makna, Bandung: Sinar Biru, 1988.

Anwar, Rosihon, Dadang Darmawan, and Cucu Setiawan. “Kajian Kitab Tafsir Dalam Jaringan Pesantren Di Jawa Barat.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1 (2016): 56–69.

Badri Khaeruman. “Al Qardawi Dan Orientasi Pemikiran Hukum Islam Untuk Menjawab Tuntutan Perubahan Sosial.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2016): 227–38.

Baqi, M.F. Abdul, Al-Mu’jam al-Mufharas li al-fadzil Alquran. Bandung: Dahlan, 1934.

Bisri, Cik Hasan, Penuntun Penyusunan dan Penulisan Skripsi. Jakarta:Logos, 1998

Chaer. Abdul, Pengantar Semantic Bahasa Indonesia, Bandung : Rineka Cipta, 2002

Djajasudarma, Fatima, Semantik I Pengantar kearah Ilmu Makna. Bandung: Eresco, 1999

------------------, Semantik II Pengantar kearah Ilmu Makna. Bandung : Eresco, 1999

Fachrurrozi, Azis, Memahami Ajaran Pokok Islam dalam Alquran melalui Kajian Semantik, Jakarta: Pustaka Husna Baru, 2004.

Faiz, Fakhruddin, Hermeneutika Qur’ani, antara teks, konteks, dan Kontekstualisasi. Yogyakarta: Qalam, 2002.

Gusmian, islah, Khazanah Tafsir Indonesia. Jakarta: Teraju, 2003

Hidayat, Komaruddin, Memahami Bahasa Agama. Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Paradigma

Hikmawati, Fenti. “Islamic Counselling Model to Increase Religious Commitment (Study of Students at the University UIN Bandung).” International Journal of Nusantara Islam 1, no. 1 (2013): 65–81.

Iskandar, Syahrullah. “Studi AlQuran Dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1 (2016): 13–14.

Izutsu, Toshihiko, Konsep-Konsep Etika Religius Dalam Alquran, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1993

-------------------, Relasi Tuhan Dan Manusia, Pendekatan Semantic Terhadap Alquran. Yoyakarta: Tiara Wacana, 1997.

Masripah. “Indonesian Islamic Women Movement (A Case Study of Bkswi West Java).” International Journal of Nusantara Islam 1, no. 2 (2013): 9–21.

Munawwir, A. Warson, Munawwir Kamus Arab Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Progresif

Naqwib Al-Attas, Konsep Pendidikan Dalam Islam. terj. Haidir Bagir, Mizan, Bandung Parera, Jos Daniel, Teori Semantik, Jakarta: Erlangga

----------------, Teori Semantic., Jakarta: Erlangga 1990

Rahman, Fazlur, Tema Pokok Alquran. Bandung: Pustaka, 1994

Saputra, Riki. “Religion And The Spiritual Crisis Of Modern Human Being In The Perspective Of Huston Smith ` S Perennial Philosophy.” Al-Albab 5, no. 2 (2016): 195–215.

Saussure, Perdinan de, Cours de Linguistique Generalle, alih bahasa: Pengantar Linguistik Umum. Oleh Rahayu Hidayat. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1996

Shadri. Abd. Ro’uf, Nilai Pengajaran Bahasa Arab dan Perkembangannya. Bina Cipta, Bandung.

Shaleh, Aminuddin, Metode Taqua, Kosakata Alquran. Taqua Publishing, 2003,

Solahudin, Muhammad. “Metodologi Dan Karakteristik Penafsiran Dalam Tafsir Al-Kashshaf.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1 (2016): 116–26.

Sukarna, Abdullah dkk., Alquran dan Terjemahan, Departemen Agama, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemahan Alquran, 1994.

Tarigan, HG, Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa,




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i2.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ecep Ismail

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.