http://202.70.136.179/ http://103.88.229.68/pisang/ http://202.28.24.203/ http://203.162.246.123/ http://103.134.17.25/free/ https://storage.googleapis.com/sangpisang/index.html
EPISTEMOLOGI DAN TENDENSI PENAFSIRAN DALAM TAFSIR MELAYU-JAWI: STUDI TAFSIR Q.S. AL-FA>TIH}AH DALAM TARJUMA>N AL-MUSTAFI>D KARYA ABDUL RAUF AL-SINGKILI DAN TAFSIR NU>R AL-IH}SA>N KARYA SAID BIN UMAR AL-KEDAH | Parwanto | Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur'an dan Tafsir

EPISTEMOLOGI DAN TENDENSI PENAFSIRAN DALAM TAFSIR MELAYU-JAWI: STUDI TAFSIR Q.S. AL-FA>TIH}AH DALAM TARJUMA>N AL-MUSTAFI>D KARYA ABDUL RAUF AL-SINGKILI DAN TAFSIR NU>R AL-IH}SA>N KARYA SAID BIN UMAR AL-KEDAH


Wendi Parwanto(1*)

(1) Dosen Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, IAIN Pontianak, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Adagium perbedaan domisili, generasi dan latarbelakang keilmuan akan berpengaruh dalam penafsiran yang dilakukan. Demikian juga Al-Singkili dan Said b. Umar adalah dua mufasir berbeda dari segi domisili dan generasi. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji bagaimana penafsiran keduanya terhadap QS. Al-Fa>tih}ah. Penelitian ini adalah jenis kepustakaan dengan fokus studi mengungkap kecenderungan penafsiran dan epistemologi tafsir atas QS. Al-Fa>tih}ah. Kesimpulan artikel ini adalah: Pertama, kecenderungan Penafsiran Al-Singkili cenderung menafasirkan secara literal-tekstual dan bertendensi pada qiraat. Sedangkan Said b. Umar cenderung literal-semi kontekstual dan bertendensi pada tasawuf. Kedua, Epsitemologi Tafsir, Al-Singkili menggunakan sumber Qiraat dan menggunakan metode tafsir tekstual, sedangkan Said b. Umar mengguanakan ra’yi, dengan model tafsir tekstual. Kemudian aspek validitas tafsir, tafsir Tarjuma>n Al-Mustafi>d dan Nu>r al-Ih}sa>n  cukup berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan Islam di ruang kesultanan Aceh dan Kedah.


Keywords


Epsitemologi;Tendensi Penafsiran; Abd Al-Rauf Al-Singkili, Said b. Umar

References


Abdur Ra’uf Al-Singkili al-Fansuri. (1951). Tarjuma>n Al-Mustafi>d. Singapura: Maktabah wa Mathbu’ah Sulaiman Maraghi.

Ahmad, M. N., Faizulamri, M., & Saad, M. (2018). Metodologi Muhammad Sa ’ id Umar Terhadap Periwayatan Hadith-Hadith Asbab al-Nuzul Dalam Tafsir Nu>r al-Ih}sa>n Muhammad Sa ’ id Umar ’ s Methodology on the Narration of the Hadiths of Asbab al-Nuzul In the Tafsir Nu>r al-Ih}sa>n . 3(1), 12–23.

Ahmad, M. N., Najib, M., Kadir, A., & Hussin, H. (2016).

Pengaplikasian Kaedah Tafsir al-Qur’an dengan Qira’at oleh Muhammad Said bin Umar di dalam Tafsir Nu>r al-Ih}sa>n . AL-TURATH JOURNAL OF AL-QURAN AND AL-SUNNAH, 1(1), 65–73.

Al-Mahalli, J. A.-S. dan J. (2008). Tafsir Jalalain. Riyadh: Al-Maktabah Al-’Arabiyyah As-Su’udiyyah.

Amin, S., & Ambarwati, S. (2020). The Concept of Zikir by Abdul Rauf Singkel in the Tanbih al-Masyi Book. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 5(1), 69. https://doi.org/10.29240/ajis.v5i1.1379

Andy, S. (2019). Hakekat Tafsir Surah Al-Fatihah (Pemahaman Hakikat Ibadah Kepada Allah Swt Dalam Menghadapi Persoalan Kehidupan). Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, 4(1), 78–100. https://doi.org/10.32505/tibyan.v4i1.827

Azra, A. (2004). Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII : Akar Pembaruan Islam Indonesia. Jakarta: Kencana.

Azyumardi Azra & Quraish Shihab. (2001). Sejarah dan Ulumul Qur`an. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Bibit Suprapto. (2009). Ensiklopedi Ulama Nusantara : Riwayat Hidup, Karya dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara. Jakarta: Gelegar Media Indonesia.

Damanhuri. (2014). Akhlak ; Perspektif Tasawuf Syeikh Abdurrauf Al-Singkili. Jakarta: Lectura Press.

Fakhriati, F., Farida, A., & Iswanto, A. (2022). The Roots of Religious Moderation in Indonesia: Al-Singkili and Langgien’s Works on Tolerance. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 644(Islage 2021), 289–297. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.037

Gusmian, I. (2015). Tafsir Alquran di Indonesia: Sejarah dan Dinamika. Jurnal Nun, 1.

Hamka. (1988). Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Iskandar, I. (2015). Penafsiran Sufistik Surah Al-Fatihah dalam Tafsir Tāj Al-Muslimîn dan Tafsir Al-Iklîl Karya KH Misbah Musthofa.

Fenomena, 7(2), 195. https://doi.org/10.21093/fj.v7i2.297

M. Quraish Shihab. (2002). Tafsir Al-Misbah : Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur`an. Jakarta: Lentera Hati.

Parwanto, W. (2018). Penafsiran Surah Al-Falaq [113]: 3-4 : Menurut

Abd. Al-Rauf Al-Singkili, Hamka dan M. Quraish Shihab: Telaah Atas Epistemologi dan Genealogi. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(2), 205. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n2.205-236

Parwanto, W. (2019a). Struktur Epistemologi Naskah Tafsir Surah Tujuh (Tujuh Surah) Karya M. Basiuni Imran, Sambas : Kalimantan Barat. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Parwanto, W. (2019b). Struktur Epistemologi Tafsir Surah Tujuh Karya M. Basiuni Imran, Sambas, Kalimantan Barat. Yogyakarta: Thesis, UIN Sunan Kalijaga.

Parwanto, W., & Riyani, R. (2022). Visualisasi Nalar Esoteris dalam Tafsir Melayu-Jawi (Studi Interpretasi QS. Al-Fatihah dalam Manuskrip Tafsir M. Basiuni Imran Sambas Dan Tafsir Nu>r al-Ih}sa>n Said bin Umar Al-Kedah). Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 22(1), 27. https://doi.org/10.14421/ref.2022.2201-02

Peter A. Angeles. (1931). Dictionary of Plolosophy. New York: Barner & Noble Bokks Publisher.

Rahmah, N. (2018). Sullam al - Mustafidin: The Theological Discourse in Aceh in 17th Century. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 7(2), 167–197. https://doi.org/10.31291/hn.v7i2.529

Rahman, Abd. (1997). Pemikiran Islam di Malaysia : Sejaran dan Aliran. Jakarta: Gema Insani Press.

Rahman, Arivaie. (2018). Tafsir Tarjumân Al-Mustafîd: Diskursus Biografi, Kontestasi Politis-Teologis, dan Metodologi Tafsir. Miqot, 42(1), 1–22.

Rahman, Arivaie, Hitami, M., & Darussamin, Z. (2018). Tafsir Melayu: Mengenal Tafsir Nūr Al-Ihsān Karya Syekh Muhammad Sa’Īd Al-Qadhī. Jurnal Ushuluddin, 26(1), 1. https://doi.org/10.24014/jush.v26i1.4071

Rahman, F. (2016). Tafsir Saintifik Thanthawi Jauhari atas Surah al-Fatihah. HIKMAH Journal of Islamic Studies, XII(2), 303–336.

Ricard R. Kirkhan. (2008). Theories of Truth : a Critical Introduction, terj. M. Khozin. Bandung: Nusa Media.

Riddell, HAL. G. (2014). Variations on an Exegetical Theme: Tafsīr Foundations in the Malay World. Studia Islamika, 21(2), 259–292. https://doi.org/10.15408/sdi.v21i2.1072

Rizka Roisalia. (2019). Tahap Penguasaan Ilmu Qiraat : Kajian dalam Kalangan Peserta Musabaqah Tilawatil Qur`an di Aceh, Indonseia. Malaysia: Universitas Malaysia Press.

Said b. Umar al-Kedah. (n.d.). Tafsīr Nūr al-Ihsān. T.thal.: Maktabah wa Mathba’ah Muhammad al-Hindi wa Awladih.

Siraj, F. M. (2021). Rethinking al-Singkili’s Islamic Cosmology. 15(1), 1–32.

Winstedt, R. (1936). “Notes on the History of Kedah.” Journal of the Malayan Branch of the Royal Asiatic Society, 14(3), 126.

Zaini, M., & Azharani, S. (2021). Qira’at Al-Qur’an dan Perkembangannya di Aceh. TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, 6(2), 194. https://doi.org/10.22373/tafse.v6i2.10183




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v7i2.16748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wendi Parwanto

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.