KONSEPSI MAKNA HARI KIAMAT DALAM TAFSIR ALQURAN


abdul Qasim(1*), Tajudin Nur(2), T. Fuad Wahab(3), Wahya Wahya(4)

(1) Program Pascasarjana S3 UNPAD Bandung Konsentrasi Linguistik, Indonesia
(2) Dosen Pascasarjana Sastra Arab UNPAD Bandung, Indonesia
(3) Dosen Pascasarjana Konsentrasi Bahasa Arab UIN Bandung, Indonesia
(4) Dosen Pascasarjana Linguistik Unpad Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membahas konsepsi makna hari kiamat dalam Alquran. Pada artikel ini konsepsi makna hari kiamat dibahas melalui pendekatan semantik kognitif. Melalui pendekatan semantik kognitif konsepsi makna metafora yang digunakan untuk mendeskripsikan hari kiamat di dalam Alquran dirumuskan dengan memetakan makna hasil proses pemetaan ranah sumber (Su) ke ranah sasaran (Sr). Untuk menunjukkan dan membandingkan referen yang terdapat dalam ranah sumber dan ranah sasaran metafora hari kiamat yang dianalisis digunakan teknik refrensial. Dari pemetaan (Su) ke (Sr) pada ungkapan-ungkapan metaforis yang menunjukkan hari kiamat dalam Alquran dihasilkan konsepsi makna keadaan, waktu, gerakan, dan perubahan.. Konsepsi makna yang dihasilkan dari metafora hari kiamat tersebut bertujuan untuk menjelaskan konsep hari kiamat yang abstrak

Keywords


hari kiamat; konsepsi; makna; metafora.

References


Al-ali, Ali., El-Sharif, Ahmad&Alzyoud, Mohamad Sayel. “The Functions And Linguistic Analysis Of Metaphor In The Holy Qur’an”, European Scientific Journal, Vol. 12, No 14, 2016. 164-174.

Amaliyah, Efa Ida. Pesan Moral Kiamat Presfektif Alquran. Heurmenetik. Vol. 7. No. 2, 2013,297-314.

Alasyqary, Umar Sulaiman. Al-Qiyamah Al-Kubra. Kuwait: Dar An-Nafais, 1990.

Arimi, Sailal. Linguistilk Kognitif. Yogyakarta: A. Com. Press, 2015.

Atoh, Nazri., Arifin. Zamri.Penggunaan Tashbih Dalam Gambaran Hari Kiamat

Dalam Surah Al-Qari‘ah. Al-Hikmah: Journal of Islamic Dakwah. Vol 5. No 3. 2016. 153-169.

Djajasudarma, T. Fatimah. Semantik 1. Bandung: Refika Aditamu, 2012.

Hadiyanto, Andy., Khumairoh Umi. Makna Simbolik Ayat-Ayat tentang Kiamat dan Kebangkitan dalam Alquran. Hayula:Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Vol. 2, No.2, Juli 2018, 187-212.

Katsir, Ibnu. Tafsir Ibn Katsir. Libanon: Daar Alkutub, 2012.

Kementrian Agama RI. Alquran dan Terjemahnya. Jakarta: KEMENAG, 2012.

Konwles, Murray and Rosamund Moon. Indtroducing Metaphor. London and New York: Routledge, 2006.

Kovesces, Zoltan. Metaphor. A Pratical Introducttion. New York: Oxpord University Press, 2010.

Lakoff, George and Mark Jhonson. Methaphors We Live By. Chicago: The University of Chicago Press, 1980.

Mahliastussikah, Hanik. Penggunaan Gaya Bahasa Perbandingan dalam Ayat-Ayat Alquran tentang Kiamat. Jurnal Bahasa dan Seni. Vol. 32, No. 2, 2004. 175-189.

Prayuda. Linguistik Kognitif. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia, 2015.

Saeed, Jhon. I. Semantics. Oxford: Blackwell Publisher Ltd. 2002

Sardaraz, Khan dan Roslan bin Ali, “Conceptualisation Of Death An Resurrection In The Holy Quran: A Cognitive-Semantic Approach”, Journal Of Nusantara Studiees, Vol 1(2) 11-24, 2016.

Wiradharma, Gunawan., Tharik Ws., Afdol. Metafora dalam Lirik Dangdut Kajian Semantik Kognitif. Jurnal Arkhais Vol. 07 No 1 2016, 2-14.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 abdul Qasim, Tajudin Nur, T. Fuad Wahab, Wahya Wahya

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.