KONTRIBUSI PENDEKATAN SEMANTIK PADA PERKEMBANGAN PENELITIAN ALQURAN (STUDI PADA SKRIPSI MAHASISWA PRODI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDDIN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG)


Eni Zulaiha(1*), Aan Radiana(2)

(1) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini memfokuskan pada kontribusi kajian sematik pada perkembangan penelitian ilmu Alquran dan tafsir terutama pada pencarian makna kata tertentu dalam ayat Alquran di Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan GunungDjati Bandung. Objeknya mengkhususkan hanya pada skripsi Faisal Tian dengan judu lPendekatan Semantik tentang makna Riba dan Derivasi dalam Alquran sebagai protitype dari skripsi mahasiswa lain yang membahas kajian ini. Melalui kajian deskriptif tulisan ini menunjukan bahwa meski analisa semantik termasuk kajian baru dalam studi pencarian makna, namun kajian ini telah banyak menarik minat mahasiswa melakukannya terutama saat penulisan skripsi. Ini terlihat dari jumlah skripsi yang menggunakan semantik Alquran terus bertambah. Selain hal itu, kajian semantik juga telah memberikan kontribusi yang signifikan untuk pengembangan matakuliah Digitalisasi Alquran di Prodi tersebut. Hal utama lainnya dari kontribusi pengkajian terhadap istilah-istilah yang dianggap kunci dalam Alquran juga menjadi model baru dalam program Praktek Profesi Mahasiswa (PPM) di prodi ini. Hal ini menunjukan bahwa penelitian Alquran dan Tafsir dengan kajian semantik telah membuktikan interkoneksi ilmu, tetapi juga dapat memberikan sumbangan berarti pada kemajuan penelitian tafsir sebagai motor penggerak perkembanganilmu tafsir di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


Aminuddin, Semantik Pengantar Studi tentang Makna, cet.5, Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset, 2015.

Pateda, Mansoer. Semantik Leksikal,Jakarta: Rhineka Cipta, 2001.

Toshihiku Izutsu. Relasi Tuhan Dan Manusia: Pendekatan Semantik Terhadap Alqur’an Terj. Amirudin. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1997.

Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Kosakata, Bandung: Angkasa, 2011.

Achmad HP, Alek Abdullah, Linguistik Umum, Jakarta: Erlangga.

Parera,J.D. Teori Semantik (edisi kedua), Jakarta: Erlangga 2004.

Chaher, Abdul Aditama Pengantar Semantik Bahasa Indinesia . PT Rineka Cipta: Jakarta, 1995

al-Husain , Abi, Ahmad Faris bin Zakaria, Mu’jam Al-Maqayis Fi Al-Lughah, Beirut: Darr al-Fikr, 1979

Tian,Faisal,Pendekatan Semantik tentang makna Riba dan Derivasi dalam Alqur’an , Skripsi Prodi Ilmu Alqur’an Fakultas Usuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung , 2018

Baqi ,Muhammad abdulMu’jam Mufahras Li Alfaz Alqur’an al-Karim,Kairo : Dar al-Hadis, 2007

Johnson,D.P. Perubahan Sosial Dalam Perspektif Toeri-Teori Sosial, n.d.dalam Aminuddin Siregar (ed.), Pemikiran Politik Dan Perabahan Sosial Dari Karl Poper Hingga Peter L BergerJakarta: Akademika Pressindo, 1985.

Fatmawati,Milla Dadang Darmawan dan Ahmad Izzan, Analisa Semantik kata syukur dalam alQur’an, Albayan Jurnal Studi Alqur’an dan Tafsir Fakultas Ushuludin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol 3 no 1, 2018,




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v4i1.4726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eni Zulaiha, Aan Radiana, Faisal Tian

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.