SIMPLIFITAS TAFSIR JAMI’ AL-BAYAN MIN KHULASHAT SUWAR ALQURAN KARYA KH. MUHAMMAD BIN SULAIMAN


Muhammad Dikron(1*), Dindin Moh Saepudin(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tradisi intelektual nusantara memiliki rantai sanad transimisi kuat dan bersambung, salah satunya dalam bidang tafsir al-Quran. Meskipun jumlahnya masih dapat dikatakan belum banyak, jika dikomparsikan dengan warisan intelektual di timur tengah dengan segala usia peradabannya yang lebih senior. Namun apresiasi terhadap tafsir ulama nusantara telah menjadi kajian tersendiri bagi para akademisi. Salah satu karya tersebut adalah Jami’ al-Bayan min Khulashat Suwar Alquran kitab tafsir yang ditulis oleh KH. Muhammad bin Sulaiman dari Solo. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap keberadaan kitab tafsir Jami’ al-Bayan min Khulashat Suwar Alquran dengan menggunakan metodologi kualitatif dan analisis-deskriptif. Hasil penelitianinimenunjukkanbahwa secara umum, tafsir ini tidak jauh berbeda dengan kitab tafsir ulama yang menjadi referensinya yakni Tafsir Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta’wil, Lubab al-Ta’wil fi Ma’ani al-Tanzil, Madarik al-Tanzil Wahaqa’iq at-Ta’wĩl, Tanwir al-Miqbas min Tafsir Ibnu Abbas, al-Jalalain, Hasyiah Tafsir al-Jalalain, Hasyiah Tafsir al-Jalalaini, Hasyiah Tafsir al-Baidhawi dan tafsir Ibnu Katsir. Sumber penafsiran mayoritas berdasarkan rasio dengan metode ijmali, dan memiliki corak akhlaki wa nafsani (etik-psikologis) dengan kecenderungan pandangan ahlussunah wal jama’ah an-Nahdhiyyah (Nahdhatul Ulama). Distingsi tafsir ini dengan lainnya adalahbahwa tafsir Jami‘ al-Bayan min Khulashati Suwar Alquran al-Adzimmengeksplorasi intisari makna secara ringkas dengan poin-poindari ayat-ayat yang dikelompokkan dengan bahasa Arab popular atau dengan gaya bahasa simplistik.



Keywords


Tafsir Nusantara; Bahasa Arab; Simplistik

References


Alma’arif, Studi Tafsir Jami’ al-Bayan min Khulashat suwar Alquran al-Adzim karya Muhammad bin Sulaiman bin Zakariya al-Solowi, Jurnal Nun, vol. 2, no. 1, 2016.

Almakin, Keragaman dan Perbedaan: Budaya dan Agama dalam Lintas Sejarah Manusia, cet. I, Yogyakarta: Suka Press, 2016.

al-Dzahabi, Muhammad Husein, at-Tafsir wa al-Mufassirun, Kairo:Maktabah Wahbah, tt.

al-Farmawi, Abd al-Hayy,al-Bidayah fi Tafsir al-Maudhu’i. Kairo : Maktabah Jumhuriyyah Mesir, 1977.

Ghazali, Abdul Malik, Transmisi Hadits Syaikh Mahfudz dalam Kitab Kifayat al-Mustafid, dalam Islamia, vol. x, No, 2, agustus. Jakarta : Insist, 2016.

Gusmian, Islah, Khazanah Tafsir Indonesia :Dari Hermeneutika hingga Ideologi, cet. I, Yogyakarta: Lkis, 2013.

Hassjimy, A., Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia, Bandung: Alma’arif, 1989.

Hornby, A. S., Oxford Advanced Learner’s Dictionari, Oxford : OxfordUniversity Press, 1995.

Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin al-Suyuthi, Tafsir al-Jalalain, Surabaya : alHaramain, tt.

al-Jawi, Muhammad bin ‘Umar Nawawi, Marah Labid Surabaya : al-Haramain, tt.

Tim Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran,Para Penjaga Alquran, Jakarta : Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, 2011.

Misrawi, Zuhairi, Hadratusysyaikh Hasyim Asy’ari, Jakarta : Kompas, 2012.

al-Sholowi, Muhammad bin Sulaiman bin Zakariyya, Tafsir Jami’ al-Bayan min Khulashat Suwar Alquran al-‘Adzim, Brabo : PP. Sirojuth Thalibin, tt.

al-Qaththan, Manna’, Mabahits fi Ulum Alquran, Kairo : Mansyurat al-Haditsah.

Zen, A. Muhaimin, Tahfidz Alquran Metode Lauhun, jakarta : Transpustaka, 2012.

http://www.thohiriyyah.com/2009/10/kh-muhammad-bin-sulaiman-ulama-ahli-tafsirdari-solo.html.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v4i1.5227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Zikron, Dindin Moh Saepudin

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.