MENYOAL KONSISTENSI METODE PENAFSIRAN BINT SYATHI TENTANG MANUSIA DALAM AL-QUR’AN (Studi Kitab Maqāl Fī Al-Insān: Dirasah Qur’aniyyah)


Muhammad Alwi HS(1*), Iin Parninsih(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(2) UIN Syarifhidayatullah Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bint al-Syathi adalah seorang penafsir perempuan pertama yang memiliki kitab tafsir, namanya sangat berpengauh dalam perkembangan sejarah pemikiran Islam. Pemikiran Bint al-Syathi banyak dipengaruhi oleh suami sekaligus gurunya, Amin Al-Khuliy. Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan pemikiran salah satu tokoh perempuan, Bint Syathitentang konsistensi metode penafsirannya ketika menafsirkan manusia dalam karyanya “Kitab Maqāl Fi Al-Insān: Dirāsah Qur’āniyyah”Penelitian ini menggunakan metode deskripsi-analitis dengan menggunakan teori Pra-pemahaman, yakni segala sesuatu yang mempengaruhi pembaca teks yang menentukan dalam memberikan penafsiran, seperti latar belakang sosial, pendidikan dan sebagainya, sehingga setiap penafsiran senantaisa terikat dengan ruang lingkup penafsir.Hasil penelitian ini menunjukan,Bint al-Syathi hendak mengekspor eksistensi manusia dilihat dari sudut pandang Alquran. Manusia mengalami perjalanan panjang dari polemik penciptaannya, kemudian manusia sebagai al-Bashar, tumbuh menjadi manusia dengan penalarannya, sehingga sampai pada kesanggupan atau tidaknya manusia menjadi khalifah di bumi sebagai penerimaamanat dari Allah.Dalam menjelaskan kosa kata yang merujuk pada manusia, Bint al-Syathi nampak tidak konsisten dalam mengaplikaskan metodenya. Khususnya yang berkaitan dengan kosakata manusia. Ia hanya menjelaskan sesuai metode yang ditawarkan pada kata al-Insān, tetapitidak pada kata nās, ins ataupun al-Bashar.

 


Keywords


Bint Syathi, Manusia, Maqal Fi Al-Insan: Dirasah Qur’aniyyah, Metode.

References


Abdurrahman, Dudung, “Teknik Penyusunan Proposal Penelitian” dalam M. Amin Abdullah, dkk, Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multidisipliner, cet. I. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2006.

Aminullah,Muhammad, “Hermeneutika dan Lingiustik Perspektif Metode Tafsir Sastra Amin Al-Khuli” dalam jurnal Al-Hikam, Volume 9, Nomor 2, Juli-Desember 2016.

Ath-Tharawana,Sulaiman, Rahasia Pilihan Kata dalam Alquran, terj. Agus Faishal Kariem dan Anis Maftukhin.Jakarta: Qisthi Press, 2004.

Chodjim,Achmad,An-Nas: Segarkan Jiwa dengan Surah Manusia. Jakarta: Serambi Ilmu, 2015.

Izza, Rohmatul, “Pemikiran Hermeneutika Muhammad Syahrur tentang Konsep Kesetaraan Gender dalam Islam” dalam Jurnal Dialogia: Jurnal Studi Islam dan Sosial, Volume 16, Nomor 2, 2018.

Jannah Miftahul, “Manusia dalam Alquran (studi atas kitab Maqāl fī al-insān: Dirāsah Qur’āniyyahkarya ‘A’isyah ‘Abd Al-Rahman Bint al-Syathi ’” jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol. 16, No. 2December 2017.

Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Alquran Tematik. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, 2010.

Munawwir,Ahmad Abidin, Al-Munawwir: Kamus Arab-Indoneisa. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Rahman,Fazlur, Tema-tema Pokok Alquran, terj. Ervan Nurtawab dan Ahmad Baiquni.Bandung: Mizan, 2017.

Ramdhani,Wali, “Amin Al-Khuli dan Metode Tafsir Sastrawi atas Alquran” dalam jurnal At-Tibyan Volume 2, Nomor 1, Juni 2017.

Shihab,M. Quraish,Wawasan Alquran: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat.Bandung: Mizan, 2013.

Sutoyo,Anwar,Manusia dalam Perspektif Alquran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Syamsuddin,Sahiron,Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2009.

______,Tafsir Studies, Yogyakarta: elSAQ Press, 2009.

Syathi,Aisyah ‘Abdurrahman Bintu,al-Tafsir al-Bayani lil-Qur’an al-Karim, vol. I, terj.Mudzakir Abdussalam, (Bandung: MIzan, 1996).

______, Maqāl fi> al-Insān: Dirasah Alquraniyah, (Mesir: Darul Ma’arif, 1969).

______,Manusia: Senstivitas Hermeneutika Alquran, terj. M. Adib al Arief. Yogyakarta: LKPSM, 1997.

Yusron,Muhammad, “Mengenal Pemikiran Bint al-Syathi tentang Alquran” dalam M. Suryadilaga Alfatih(ed), Studi Kitab Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: TH-Press, 2006.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v4i2.7012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Alwi HS

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.