KAJIAN HISTORIS ALQURAN

Abdurrahman Said

Abstract


Kajian teologis tentang konsepsi wahyu merupakan diskursus yang cenderung misterius dalam Studi Alquran. Perlu penelaahan ulang terkait penelusuran konsep pewahyuan dan kodifikasi, tulisan ini berusaha menelaah kembali sejarah pewahyuan  hingga kodifikasi dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Penelitian ini menemukan bahwa kajian sejarah pewahyuan Alquran  hingga kodifikasi,  meliputi profil wahyu yang turun secara bertahap (tanzīl) dari bait al-izzah, yang diturunkan secara bertahap ke dalam hati sanubari Nabi Saw,  berbeda dengan tradisi penurunan kitab-kitab samawi sebelumnya yang diturunkan secara serentak (inzal). Konsep tauqifi  telah memastikan susunan mushaf resmi Uthman sesuai dengan urutan utuh pada kondisi asalnya di Lauh ma. Data sejarah yang diuangkap tersebut meneguhkan keyakinan teologis sunni atas sifat-sifat Dzat Tuhan yang qadīm, dengan konsepsi dualisme Kalām Ilahi, yaitu sisi Firman Tuhan dalam Dzat-Nya yang qadīm (al-Kalām al-Nafsi al-Qadīm) dan sisi penciptaan Kalām Ilahi yang verbalik berupa bacaan di Lauh maḥfūẓ sebagai salinan dari Kalām Ilahi


Keywords


Alquran, wahyu, nuzul, dan mushaf

References


Abdurrahman. (2008). Mengkaji Ilmu Alquran. Malang: Q-Press.

Abdurrahman. (2019a). Hermeneutika Inklusif Abu Zayd. Yogyakarta: Pioner Semesta.

Abdurrahman. (2019b). Tematisasi Studi Alquran. AI Al-Qolam Malang: Maqashid Jurnal Hukum Islam, 2(2).

Abu Daud; Sulaiman. (n.d.). Sunan Abi Daud. Bairut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Daruquthni, A. b. U. (n.d.). Sunan Al-Daruquthni. Dar al-Ma’rifah.

Al-Dzahabi, M. b. A. (2006). Siyar A’lam al-Nabla’. Kairo: Dar Al-Hadis.

Al-‘Asqalani, I. H. (n.d.). Fath Al-Bari Syarh Shahih Al-Bukhari. Bairut: Dar Al-Ma’rifat.

Al-Asqalani. (n.d.). Fathu Al-Bari. Al-Maktabah Al-Salafiyah.

Al-Asqalani, I. H. (1998). Tuhfat al-Nabla’ min Qashash Al-Anbiya’. Kairo: Maktabahal-Tabi’in.

Al-Ayni, M. b. A. (n.d.). Umdat Al-Qari bi Syarh Shahih Al-Bukhari. Bairut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Baghawi, A. M. (1983). Syarh Al-Sunnah. Bairut: Al-Maktab Al-Islami.

Al-Baihaqi, A. b. H. (n.d.). Al-Sunan Al-Kubro. Dar al-Ma’rifah.

Al-Bazzar, A. b. A. (n.d.). Musnad Al-Bazzar. Madinah: Maktabat Al-Ulum wa Al-Hikam.

Al-Bugha, M. D. (1998). Al-Wadhieh fi Ulum Alquran. Damaskus: Dar Al-Kalamal-Thayyib.

Al-Haitsami, A. b. A. B. (n.d.). Majma’ Zawa’id wa Manba’ Fawa’id. Mu’assasat Ma’arif.

Al-Haytami, I. H. (n.d.). Al-Fatawa Al-Hadisiyah. Bairut: Dar Al-Fikr.

Al-Iybari, I. (1991). Tārikh al-Qur’ān. Kairo: Dar Al-Kitab Al-Mishri.

Al-Maturidi, A. M. (n.d.). Kitabal-Tawhid. Iskandaria: Dar Al-Jami’at Al-Mishriyyah.

Al-Qurthubi, S. (1964). Tafsir Al-Qurthubi (17th ed.). Kairo: Dar Al-Kutub Al-Mishriyah.

Al-Zanjani. (n.d.). Tārikh al-Qur’ān. Teheran: Mandzamah.

Amal, A. (n.d.). Rekuonstruksi Sejarah Alquran. Yogyakarta: FkBA.

Al-Suyūṭi. (n.d.). Al-Durru Al-Mantsur fial-Tafsir bi Al-Ma’tsur (6th ed.). Bairut: Dar al-Fikr.

At-Tahawuni, M. b. A. (1996). Kassyaf Ishtilah Al-Funun wa Al-Ulum. Bairut: Maktabat Lubnan.

Al-ṭayyibi, S. (2013). Futuh Al-Ghaib fi Al-Kasyfi ‘an Qina’I Ar-Rayb (1st ed.). Dubai: Jaizat Dubai Al-Dawliyyah li Alquran Al-Karim.

Al-Tirmidzi, M. b. I. (n.d.). Sunanal-Tirmidzi. Bairut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Zarkashi, B. (1957). Al-Burhan fi Ulum Alquran (1st ed.). Dar Ihya Al-Kutub Al-Arabiyah.

Bakar, A.-Q. A. (2001). Al-Intishar li Alquran. (Oman: Dar Al-Fatah.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan (H. HAL. Soetjipto, trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daud, I. A. (2002). Al-Mashahif. Kairo: Al-Faroq Al-Hadisah.

Hanbal, A. b. (1983). Fadla’il Al-Shahabah. Bairut: Mu’assat Ar-Risalah.

Hibban, M. I. (n.d.). Shahih Ibn Hibban. Bairut: Mu’assat Risalah.

Ibrahim Abdurrahman, A. al. (2002). Al-Mawsu’ah Alquraniyah Al-Mutakhashshishah. Mesir: Al-Majlis A’la.

Jalāluddīn Al-Suyūṭi. (2010). Al-Ithqan fi Ulum Alquran. Bairut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Katsir, I. b. U. I. (n.d.-a). Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim (8th ed.). Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Katsir, I. b. U. I. (n.d.-b). Tafsir Alquran Al-Adhim (7th ed.). Bairut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Khalaf, A. J. (n.d.). Madkhal ilaal-Tafsir wa Ulum Alquran. Kairo: Dar Al-Bayan Al-Arabi.

Muahmmad b. Ismail Al-Bukhari. (n.d.). Shahih Al-Bukhari. Kairo: Maktabah Salafiyah.

Muhammad Abd Adhim Al-Zarqāni. (n.d.). Manahil Al-‘Irfan fi Ulum Alquran. Bairut: Isa Al-Babi Al-Halabi.

Muhammad Al-Makki al-Nashiri. (1985).al-Taysir fi AHadisial-Tafsir (2nd ed.). Bairut: Dar Al-Gharab Al-Islami.

Muhammad b. Amar Al-Zamakhshari. (n.d.-a). Al-Kassyaf ‘an Haqa’iq Ghawamidhal-Tanzīl. Bairut: Dar Al-Kitab Al-Arabi.

Muhammad b. Amar Al-Zamakhshari. (n.d.-b). Al-Kassyaf ‘an Haqa’iq Ghawamidhal-Tanzīl (4th ed.). Beirut: Dar Al-Kitab Al-Arabi.

Muhammad Mustafa Al-Azami. (n.d.). The History of Qur’anic Text. Leicester: UK Islamic Academy.

Muslim. (n.d.). Shahih Muslim. Dar Ihya’ Al-Kutub Al-Arabiyah.

Nasr, S. H. (2000). Ideals and Realities of Islam. Chicago: ABC International Grouhal.

Rahman, F. (1980). Major Themes of The Qur’an. Chicago: Bibliotheca Islamica.

Sholah, U. I. (1992). Thabaqat Fuqaha Al-Syafi’iyah. Bairut: Dar Al-Basyair Al-Islamiyah.

Sirajuddin, I. M. (2008).al-Tawdhih li Syarh Al-Jami’ Al-Shahih. Damaskus: Dar al-Nawadir.

Shahbah, M. A. (2003). Madkhal lidirasat Alquran Al-Karim (1st ed.). Kairo: Maktabah Al-Sunnah.

Shahin, A. S. (2007). Tārikh al-Qur’ān. Nahdlat Maishr.

Shuhbah, A. B. I. Q. (n.d.). Thabaqat Al-Syafi’iyah. Bairut: Alam Al-Kutub.

Wa’idz, M. (2002). Kitab Al-Mashahif. Bairut: Dar Al-Basya’ir Al-Islamiyah.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v5i1.8887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdurrahman Said

Lihat Statistik View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.