Nilai-Nilai Multikultural dalam Tradisi Pembacaan Qiraat Sab’ah
DOI:
https://doi.org/10.15575/rjsalb.v3i2.4799Keywords:
multicultural, values, Qiraat Sab’ahAbstract
This research conducted about multicultural values in Qiraat sab’ah and Asyrah reading tradition of Majlis Tadarus Qiraat al-Sab’ah in Arjawinangun Cirebon. The research focused on researching the growth values in every individual who involved in Majlis Tadarus Qiraat Al-Qur’an with seven Qiraat. The research method used descriptive analysis with the fenomenological approach. The research resulted that Qiraat reading tradition with seven has grown the multicultural values naturally impersonate of each jama'ah. The different becomes the color of respect, giving high appreciation and encourage unity in diversity. In global, this research found harmonization in society.References
A. Lawrence Blum, 2001. Etika Terapan: Sebuah Pendekatan Multikultural, Alih Bahasa: Sinta Carolina dan dadang Rusbiantoro. Yogjakarta: Tiara Wacana.
Al-Suyuti, Al-Itqan, Kairo: Dar al-Turats al-Ta’lim wa al-Tarbiyah fi al-Islam. Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ash Shiddieqy, M. Hasbi. 1952. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Quran
/Tafsir, Jakarta: Bulan Bintang.
Banks, James A. 1997. Multicultural Education:Characteristic dan Goal" dalam James A. Banks dan Chery A McGee Banks (ed) Multicultural Education: Issues and Perspectives. American:Alliyn and Bacon.
Bogdan, Robert C dan Bilken S.K. 1989. Qualitative Research for Education: and Intrudiction tho Theory and Methode. Boston: Allyn an Bacon Inc.
Caplin, James. 1993. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Rajawali Grapindo.
Darajat, Zakiyyah. 1992. Dasar-dasar agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Frondizi, Reseri. 2010. Pengantar Fisafat Nilai . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, Rustam, 20013. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip dan Relevansinya dengan pendidikan di Indonesia, Jurnal ADDIN: Volume 1 No. 7 Februari 2013.
Lubis, Akhyar Yusuf. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer dari Teori Kritis, Culture Studies, Feminisme, Psikologi Hingga Multikulturalisme. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasanuddin, 1995. Perbedaan Qira’at dan Pengaruhnya Terhadap Istinbath Hukum dalam al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
H.A.R. Tilaar. 2004. Multikulturalisme, Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.
Mahendrawati, Nanih dan Ahmad Syafe'i. 2001. Pengembangan Masyarakat Islam: dari Idiologi, Strategi sampai Tradisi. Bandung: Rosda Karya.
Mahfudz, Chairul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ma’rifat, M. Hadi. 2010. Sejarah Lengkap Al-Quran, Jakarta: Al-Huda. Moleong, Lexy J, 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja
Rosyda Karya.
Muhadjir, Noeng, 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif : Pendekatan Positivisik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama, Yogyakarta : Rake Sarasin.
Muhadjir, Noeng .1996. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pahe Sarasin.
Munawar, Said Agil Husen. 2007. Aktualisasi Nilai-Nilai Alquran dalam Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.
Muhaimin, 1996. Strategi Belajar Mengajar . Surabaya: Citra Media. Nawawi, Ali. 2015. Qiroa'ah Nafi Riwayat Warosy, Cirebon:Majlis Tadaru
Qiratus Sab'ah dan Asyoruh.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Suleman, Eman. 2016. Metode Fattaqun: Cara Efektif Belajar dan Mengajarkan Tahsin Alquran. Cirebon: LP2I IAI BBC.
Sujana, Nana dan Ibrahim, 1989. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar
S Nasution, 1999. Metode Penelitian, Bandung: Diponegoro. Sudjana, Nana dkk, 2006. Metode Analisis Data. Jakarta: LP3ES
Syamsudin,Din. 1996. Mengelola Pluralitas Agama, dalam Jawa Pos, 12 Mei Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung:
Rosyda Karya