Nilai-Nilai Multikultural dalam Tradisi Pembacaan Qiraat Sab’ah


Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani(1), Badruzzaman M. Yunus(2), Eni Zulaiha(3), Muhlas Muhlas(4*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This research conducted about multicultural values in Qiraat sab’ah and Asyrah reading tradition of Majlis Tadarus Qiraat al-Sab’ah in Arjawinangun Cirebon. The research focused on researching the growth values in every individual who involved in Majlis Tadarus Qiraat Al-Qur’an with seven Qiraat. The research method used descriptive analysis with the fenomenological approach. The research resulted that Qiraat reading tradition with seven has grown the multicultural values naturally impersonate of each jama'ah. The different becomes the color of respect, giving high appreciation and encourage unity in diversity. In global, this research found harmonization in society.

Keywords


multicultural; values; Qiraat Sab’ah

References


A. Lawrence Blum, 2001. Etika Terapan: Sebuah Pendekatan Multikultural, Alih Bahasa: Sinta Carolina dan dadang Rusbiantoro. Yogjakarta: Tiara Wacana.

Al-Suyuti, Al-Itqan, Kairo: Dar al-Turats al-Ta’lim wa al-Tarbiyah fi al-Islam. Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,

Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ash Shiddieqy, M. Hasbi. 1952. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Quran

/Tafsir, Jakarta: Bulan Bintang.

Banks, James A. 1997. Multicultural Education:Characteristic dan Goal" dalam James A. Banks dan Chery A McGee Banks (ed) Multicultural Education: Issues and Perspectives. American:Alliyn and Bacon.

Bogdan, Robert C dan Bilken S.K. 1989. Qualitative Research for Education: and Intrudiction tho Theory and Methode. Boston: Allyn an Bacon Inc.

Caplin, James. 1993. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Rajawali Grapindo.

Darajat, Zakiyyah. 1992. Dasar-dasar agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Frondizi, Reseri. 2010. Pengantar Fisafat Nilai . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Rustam, 20013. Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip dan Relevansinya dengan pendidikan di Indonesia, Jurnal ADDIN: Volume 1 No. 7 Februari 2013.

Lubis, Akhyar Yusuf. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer dari Teori Kritis, Culture Studies, Feminisme, Psikologi Hingga Multikulturalisme. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasanuddin, 1995. Perbedaan Qira’at dan Pengaruhnya Terhadap Istinbath Hukum dalam al-Qur’an, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

H.A.R. Tilaar. 2004. Multikulturalisme, Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Mahendrawati, Nanih dan Ahmad Syafe'i. 2001. Pengembangan Masyarakat Islam: dari Idiologi, Strategi sampai Tradisi. Bandung: Rosda Karya.

Mahfudz, Chairul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ma’rifat, M. Hadi. 2010. Sejarah Lengkap Al-Quran, Jakarta: Al-Huda. Moleong, Lexy J, 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja

Rosyda Karya.

Muhadjir, Noeng, 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif : Pendekatan Positivisik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama, Yogyakarta : Rake Sarasin.

Muhadjir, Noeng .1996. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pahe Sarasin.

Munawar, Said Agil Husen. 2007. Aktualisasi Nilai-Nilai Alquran dalam Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.

Muhaimin, 1996. Strategi Belajar Mengajar . Surabaya: Citra Media. Nawawi, Ali. 2015. Qiroa'ah Nafi Riwayat Warosy, Cirebon:Majlis Tadaru

Qiratus Sab'ah dan Asyoruh.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Suleman, Eman. 2016. Metode Fattaqun: Cara Efektif Belajar dan Mengajarkan Tahsin Alquran. Cirebon: LP2I IAI BBC.

Sujana, Nana dan Ibrahim, 1989. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Sinar

S Nasution, 1999. Metode Penelitian, Bandung: Diponegoro. Sudjana, Nana dkk, 2006. Metode Analisis Data. Jakarta: LP3ES

Syamsudin,Din. 1996. Mengelola Pluralitas Agama, dalam Jawa Pos, 12 Mei Tafsir, Ahmad. 2014. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung:

Rosyda Karya




DOI: https://doi.org/10.15575/rjsalb.v3i2.4799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani, Badruzzaman M. Yunus, Eni Zulaiha, Muhlas Muhlas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Religious Studies Faculty of Ushuluddin Building 3rd Floor

Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Bandung, 40614,

Tel: (022) 7802275

Fax: (022) 780-3936

_____________________________________________________________________________________________________

Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya is Indexed By:

_____________________________________________________________________________________________________

Lihat Statistik Religious View MyStat

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International