Analisis Kualitas Layanan Kunjungan Online dalam Pemenuhan Hak Narapidana di Rutan Kelas IIB Bangli


A.A. Istri Agung Mianggi Vanyantari(1*)

(1) Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

This research aims to analyze the quality of service and the constraints faced in providing online visiting services to fulfill the rights of prisoners at the Bangli Prison. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach. The type of research conducted is empirical legal research. The data acquired includes primary and secondary data. Primary data are obtained directly from objects studied, including observations and interviews with the head and staff of the Prison Security Unit and inmates related to the implementing online visit services at the Bangli Prison. While secondary data is sourced from library materials intended to help complete various legal concepts in primary legal materials, namely Government Regulation Number 32 of 1999 regarding Terms and Procedures for Implementing the Rights of Inmates. The results of this study indicate that the quality of online visiting services at the Bangli Prison has implemented five dimensions that can measure service quality, including tangibility (of physical aspect), reliability, responsiveness, assurance, and empathy. However, in its implementation, several obstacles were found in the form of limited facilities and infrastructure, the absence of treatment funds, and inmates families not having virtual-visit accounts. So it can be concluded that from the five dimensions, the quality of online visiting services at the Bangli Prison is still lacking in the physical dimensions.

Abstrak

Tujuan penelitian dalam penulisan ini untuk menganalisis kualitas layanan dan kendala-kendala yang dihadapi pada pemberian layanan kunjungan online dalam pemenuhan hak narapidana di Rutan Kelas IIB Bangli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian yang dilaku­kan adalah penelitian hukum empiris (empirical legal research). Data yang diperlukan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi hasil observasi dan wawancara terhadap Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR), Staf KPR dan narapidana terkait pelaksanaan layanan kunjungan online di Rutan Kelas IIB Bangli. Sedangkan data sekunder merupakan data yang bersumber dari bahan-bahan kepustakaan yang ditujukan untuk membantu melengkapi berbagai konsep hukum pada bahan hukum primer yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan kunjungan online di Rutan Kelas IIB Bangli sudah menerapkan kelima dimensi yang dapat mengukur kualitas layanan, di antaranya tangible (fisik), reliability (kehandalan) responsiveness (daya tanggap) assurance (jaminan), dan empathy (empati). Namun, pada pelaksanaannya ditemu­kan beberapa kendala berupa terbatasnya sarana dan prasarana, tidak adanya dana perawatan, dan masih ada keluarga narapidana yang tidak memiliki akun whatsapp. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan kunjungan online di Rutan Kelas II B Bangli masih kurang dalam hal dimensi tangible (fisik).


 


Keywords


service quality; online visits; prisoners

Full Text:

PDF

References


Arrazi, Miftah Fragusti, and Padmono Wibowo. “Pentingnya Optimalisasi Layanan Komunikasi Online Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bantul.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 1 (2021).

Bahari, Abdurrahman Faizal. “Analisis Kualitas Layanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Narapidana Di Lapas Narkotika Kelas II A Pamekasan.” Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora 7, no. 1 (2020): 84–102.

Buntuang, Rolando Fernando Vinsensius. “Kualitas Pelayanan Kunjungan Berbasis Sistem Database Pemasyarakatan.” JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora 7, no. 3 (2020): 458–66.

Ginting, Aginta Livia. “Efektivitas Pembinaan Narapidana Di Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Kelas IIB Tanjung Pura Ditinjau Dari Perundang-Undangan,” 2020.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik. Cetakan Ke. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.

Hilmi Ardani Nasution, Sujatmiko. “Layanan Kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan Berbasis Teknologi Informasi (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Klas II Narkotika Jakarta).” National Conference For Law Studies: Pembangunan Hukum Menuju Era Digital Society, 2020, 833–34.

Instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-08.OT.02.02 Tahun 2020 Tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian Dan Pemulihan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan

Muhaimin. Metode Penelitian Hukum. Cetakan pe. Mataram-NTB: Mataram University Press, 2020.

Ngatiqoh, Siti. “Implementasi Pelayanan Kunjungan Berbasis Information Technology (It) Di Lapas Perempuan Kelas Iia Denpasar.” EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial 9, no. 1 (2020): 88–98. https://doi.org/10.15408/empati.v9i1.14895.

Nurhadi, Kumayza Toni. “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.” Jurnal Ilmu Sosial MAHAKAM 3 (2014).

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan

Peraturan Menteri Kehakiman Nomor M.04-UM.01.06 Tahun 1983 tentang Tata Cara Penempatan, Perawatan Tahanan Dan Tata Tertib Rumah Tahanan Negara.

Putra, Tegar Aprialdo. “Pemenuhan Hak Narapidana Berupa Hak Mendapatkan Kunjungan Keluarga Melalui Video Conference Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki,” 2021.

Raden, Andi Nur Fikriana Aulia, Azmil Fauzi Fariska, and Mariana Mariana. “Peralihan Cara Pandang Masyarakat Terhadap Praktik Pernikahan Dini.” ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan 15, no. 2 (2021): 47–62. https://doi.org/10.15575/adliya.v15i2.13778.

Surat Edaran Direkorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020 Tentang Langkah Progresif dalam Penanggulangan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan

Widodo, Sugeng. “Implementasi Pelayanan Pengunjung Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iib Kota Blitar.” Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara 2, no. 1 (2019): 57–61. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v2i1.208.




DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v16i1.18026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 A.A. Istri Agung Mianggi Vanyantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

   

ADLIYA: Jurnal Hukum dan Kemanusiaan indexed by:

   

   

Publisher:

Faculty of Sharia and Law UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Tlp/Fax: +022-7802278 Faks. 022-7802278
E-mail: jurnaladliya@uinsgd.ac.id
URL : https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/adliya/index

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.

View My Stats