STRATEGI PENGEMBANGAN SDM DALAM PERSAINGAN BISNIS INDUSTRI KREATIF DI ERA DIGITAL

Wafa Abdullah Faqih Abbas

Abstract


Abstract

This study aims to find the right strategy to optimize human resources (HR) in the creative industries in Indonesia, as one of the important aspects in facing business competition in the industrial revolution era 4.0. Using qualitative research methods with questionnaires and document studies as data collection techniques. The data were analyzed through several stages, including data collection, selecting data, displaying data, and drawing conclusions. Some strategies to optimize the develop­ment of Human Resources (HR) creative industries in Indonesia, namely, 1) Improving the quality and quantity of educational institutions and creative industry training 2) increasing the capacity and ability of the creative industry work­force.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi yang tepat dalam upaya optimalisasi sumber daya manusia (SDM) pada industri kreatif di Indonesia, sebagai salah satu aspek penting dalam menghadapi persaingan bisnis di era revolusi industri 4.0. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalu beberapa tahap, diantaranya pengumpulan data, menye­leksi data, menampilkan data, dan mengambil kesimpulan. Beberapa strategi untuk mengoptimalkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) industri kreatif di Indonesia yaitu, 1) Meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan dan pelatihan industri kreatif 2) meningkatkan kapasitas dan kemampuan tenaga kerja industri kreatif.


Keywords


SDM, Industri Kreatif, Revolusi Industri 4.0.

Full Text:

PDF

References


Astuti, Riffely Dewi, Pengantar Bisnis, Tanggerang Selatan, Universitas Terbuka, 2013.

Ayu, Nitia Agustina Kala. Peluang Social Innovation dalam Revolusi Industri 4.0 Bagaimana Perkembangannya di Indonesia? Cetakan Pertama. Yogyakarta: Forbil Institute, t.t.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Laporan Penyelenggaraan Penyusunan Data Statistik Dalam Rangka Big Data Ekonomi Kreatif, Jakarta, Badan Pusat Statistik, 2016.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif, Jakarta, Badan Pusat Statistik. 2016

Hartono, Deny Dwi, dan Malik Cahyadin. “Pemeringkatan Faktor Keberlangsungan Usaha Industri Kreatif di Kota Surakarta.” Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Volume 4, no. 2 (2013): 225–36.

Haryono, Siswoyo. Re-Orientasi Pengembangan SDM Era Digital pada Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Direktoran Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2018.

Hasibuan, Malayu S.P, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta. 2003

Hartimbul Ginting. Nembah F., Manajemen Pemasaran, Bandung, CV. Yrama Widya. 2011.

Kirkpatrick, D. L., Evaluating Training Program, Prentice Hall International, Inc. 1994

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2014, Ekonomi Kreatif: Rencana Aksi Jangka Menengah 2015-2019, Jakarta, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kementerian Perdagangan RI, 2008.

Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2014, Jakarta, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. 2015

Notoatmodjo, Soekidjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Rineka Cipta. 2009.




DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v13i1.4461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ADLIYA : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan is Indexed By:

   

  

Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Tlp/Fax: +022-7802278 Faks. 022-7802278
E-mail: jurnaladliya@gmail.com
URL : https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/adliya/index


View My Stats

  

Lisensi Creative Commons

'Adliya : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.