PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM UMER CHAPRA (Studi Analisi Terhadap Sistem Ekonomi Kapitalisme, Sosialisme, dan Negara Sejahtera)

Dedi Mulyadi

Abstract


Abstrak

Tulisan ini memaparkan pemikiran ekonomi Islam kontemporer melalui pen­dekatan mazhab mainstream, penganut mazhab ini salah satu­nya Umer Chapra. Pendekatan mazhab mainstream ini lebih dikenal dengan cara memadukan antara teori ekonomi konven­sional dengan teori ekonomi Islam. Melalui penelitian dan analisisnya, Umer Chapra mengkritisi sistem-sistem ekonomi kon­vensional, seperti kapitalisme, sosialisme, dan negara sejahtera. Ia menyebutkan bahwa ketiga sistem tersebut belum mampu menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi dalam suatu negara. Ini terbukti dari ketiga sistem di atas masih mem­punyai kelemahan-kelemahan, baik yang disadari maupun yang tidak disadari oleh pencetus sistem ekonomi tersebut. Akan tetapi, Umer Chapra tidak memusnahkan semua teori-teori yang pernah dibangun oleh para ekonom konvensional sebelumnya, namun Umer Chapra melalui pendekatannya ia memadukan antara teori ekonomi konven­sional dengan teori ekonomi Islam, sehingga lahirlah yang disebut dengan mazhab mainstream.

Keywords


Kapitalisme, Negara Sejahtera, Sosialisme

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Arif, M. Nur Rianto. 2011. Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Solo: Era Adicitra Intermedia.

Amalia, Euis. 2005. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam; Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer Depok: Gramata Publishing.

Chapra, M. Umer dan Habib Ahmed. 2008. Corporate Governance, Edisi terjemahan: Lembaga Keuangan Syariah. Penerjemah: Ikhwan Abidin Basri, M.A, M.Sc. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Chapra, M. Umer. 2000. Islam and The Economic Chalenge, Edisi terjemahan: Islam dan Tantangan Ekonomi. Penerjemah: Ikhwan Abidin Basri, M.A, M.Sc. Jakarta: Gema Insani.

Karim, Adiwarman A. 2012. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2012.

Rivai, Veithzal dan Andi Buchari. 2009. Islamic Economics: Ekonomi Syariah Bukan Opsi, Tetapi Solusi!. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v10i2.5153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ADLIYA : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan is Indexed By:

   

  

Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Tlp/Fax: +022-7802278 Faks. 022-7802278
E-mail: jurnaladliya@gmail.com
URL : https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/adliya/index


View My Stats

  

Lisensi Creative Commons

'Adliya : Jurnal Hukum dan Kemanusiaan Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.