PEMBENTUKAN KADER KESEHATAN REMAJA DAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MANGGALA KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.15575/jak.v5i1.14663Keywords:
Covid-19, Kader Kesehatan Remaja (KKR), ReproduksiAbstract
Pandemi COVID-19 mengharuskan masyarakat menghindari kerumunan untuk mencegah penularan. Proses pendidikan juga dilakukan dengan pembelajaran jarah jauh. Proses pendidikan jarak jauh ini meningkatkan resiko terjadinya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan masalah kesehatan remaja. Resiko kesehatan reproduksi pada remaja cenderung meningkat pada masa pandemi COVID-19 ini. Kader Kesehatan Remaja (KKR) diharapkan bisa menjembatani resiko kesehatan remaja pada kondisi pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan latar belakang ini, kami membentuk KKR di SMP Manggala (Pondok Pesantren Al-Istiqomah) Kabupaten Bandung sebagai salah satu kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdi juga menilai apakah pembentukan KKR ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman mengenai pendidikan kesehatan reproduksi pada siswa pelajar di Pondok Pesantren Al-Istiqomah. Metodologi kegiatan ini adalah deskriptif, potong lintang, dari salah satu kegiatan pengabdian pada masyarakat Universitas 'Aisyiyah, Bandung. Kegiatan ini untuk melihat adanya peningkatan pemahaman kader dan siswa melalui kuisioner, setelah pembentukan  dan pendampingan KKR mengenai kesehatan reproduksi remaja. Kegiatan ini dilakukan di  Pondok Pesantren Al-Istiqomah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya kepengurusan KKR dan pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi remaja oleh KKR terhadap para siswa. Terdapat peningkatan hasil pre test dan post test setelah diberikan materi pendidikan kesehatan yaitu sebesar 10,72% untuk kader dan sebesar 8,63% pada siswa, dengan tingkat pengetahuan akhir dalam kategori baik. Kesimpulan, pembentukan KKR ini meningkatkan pemahaman materi pendidikan kesehatan reproduksi remaja, baik pada kader itu sendiri dan para siswa di  Pondok Pesantren Al-Istiqomah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.Â
References
Asti, E. (2021). Pengaruh Hubungan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Mental Peserta Didik. Jurnal Epistema , 2(02).83-89 DOI:https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41351.
Budiman; Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Fitria L; Ifdil. (2020). Kecemasan Remaja Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia). 6(1). 1-4
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.
Jamil. (2015). Sebab dan Akibat Stres, Depresi dan Kecemasan serta Penanggulangannya. Banten: Jurnal Al Amin (Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam), 3(1). 123-138
Nikmah, J. (2021). Pernikahan Dini Akibat Hamil Di Luar Nikah Pada Masa Pandemi : Studi Kasus Di Desa Ngunut. Malang: Journal od Family Studies (Sakina), 5(3).
Nurhamsyah, D; Mendri, NK; Wahyuningsih, M. (2015). Pengaruh Edukasi Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Tentang TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati , 2(2).67-82
Sariyani MD, Ariyanti KS, Winangsih R & Pernayut IM, (2020). Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tabanan Tahun 2020. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE). 2(2).90-97
Sitohang, N. A., Nasution, D. L. and Adella, C. A. (2018). Pemberdayaan Siswa Sebagai Kader Kesehatan Dalam Program Edukasi Kesehatan Reproduksi Remaja Di Smp Swasta Medan. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 3(2), p. 27-32. doi:10.34008/jurhesti.v3i2.4.
Tambuwun CY, Malonda NSH & Punuh MI. (2021). Gambaran Penerapan Prinsip Gizi Seimbang Pada Pemuda di Desa Pinasungkulan Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan Saat Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas. 10(1). 194-202
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Journal Al-Khidmat is a national peer-reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of Community Engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research published in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply the article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published.Â
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.