SOSIALISASI PENERAPAN BERMEDIA INTERNET UNTUK ANAK USIA DINI PADA GURU DAN ORANG TUA DI RA AL FATHIMIYAH SUGIHWARAS BOJONEGORO


Roihatur Rohmah(1*), Muhammad Jauhar Vikri(2), Putri Liana(3)

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro,  
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pendidikan usia dini yang banyak diadakan oleh yayasan pendidikan mempunyai konsep yang berbeda-beda. Salah satu yayasan pendidikan anak yang ada di sugihwaras bojonegoro adalah RA Alfathimiyah. Anak-anak yang bersekolah disana dengan berbagai sifat yang berbeda-beda. Ada beberapa anak yang sifatnya dominan temperamen dan introvert. Setelah dikaji, anak-anak tersebut ketika di rumah terlalu banyak melakukan kegiatan screen time tanpa pengawasan yang tepat dari orang tua mereka. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka diadakan sosialisasi kepada guru dan orang tua anak mengenai penerapan penggunaan media internet pada pembelajaran anak usia dini di RA Al fathimiyah sugihwaras. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada guru untuk disosialisasikan kepada orang tua mengenai penerapan media internet yang tepat untuk anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dengan memberikan pre-test, presentasi, dan post-test kepada guru dan orang tua. Kegiatan sosialisasi telah dilakukan pada 18 Desember 2021 dengan peserta 30 orang. Dari hasil pre-test ditunjukkan bahwa orang tua memberikan gadget kepada anak 44% mulai usia 2 tahun, 55% mulai usia 3 tahun, dan 15 mulai usia 4 tahun. Sedangkan dari hasil post-test ditunjukkan bahwa 78% peserta sudah memahami penggunaan gadget dengan durasi waktu yang sesuai dengan usia anak dan semua peserta sudah melakukan pengalihan aktivitas untuk meminimalisir anak bermedia internet.

 

Abstract

Early childhood education held by many educational foundations has different concepts. One of the children's education foundations in Sugihwaras Bojonegoro is RA Alfathimiyah. The children who go to school there are of many different natures. There are some children whose temperament is dominant and introverted. After studied, these children when at home do too much screen time without proper supervision from their parents. With these problems, socialization was held to teachers and parents of children regarding the application of the use of internet media in early childhood learning at RA Al Fathimiyah Sugihwaras. This community service activity aims to provide knowledge to teachers to be socialized to parents regarding the application of appropriate internet media for early childhood. The method used is socialization by giving pre-test, presentation, and post-test to teachers and parents. The socialization activity was carried out on December 18, 2021 with 30 participants. From the results of the pre-test, it was shown that parents gave gadgets to their children 44% from the age of 2 years, 55% from the age of 3 years, and 15 from the age of 4 years. Meanwhile, from the post-test results, it was shown that 78% of participants had understood the use of gadgets with a time duration that was appropriate to the child's age and all participants had diverted activities to minimize children using internet media.


Keywords


Internet; Pendidikan anak usia dini; screen time

Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu Publishing.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Baskoro, D. S. B. (2019). SADAR PARENTING: Pola Pikir Yang Akan Mencegah Kesalahan Fatal Pengasuhan Orangtua Kepada Anak. Sastra Jendra Media (CV. Brilian Angkasa Jaya).

Budi, M. E. P. (2021). Pelaksanaan kelas digital parenting bertema cara mencegah kecanduan gadget di masa golden age. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 1(1).

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1216–1227.

Hermawan, R. (2019). Penerapan Aplikasi Parental Control Screen Time dalam Penggunaan Smartphone bagi Anak-anak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Hidayah, N., Nashoih, A. K., Asyari, T. R., & Chumaidi, A. (2021). Sosialisai Edukasi Smartphone terhadap Anak “Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone pada Anak.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–26.

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16–28.

Hikmaturrahmah, H. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(2), 191–218.

Junida, D. S. (2019). Kecanduan Online Anak Usia Dini. Walasuji, 10(1), 57–68.

Mustikawati, I. (2018). Pembatasan Penggunaan Gadget Pada Anak/Siswa Pendidikan Dasar (Pendidikan 9 Tahun). Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 1(2).

Nafaida, R. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61.

Nufus, H., & Zahara, S. R. (2021). Pembinaan Pada Orang Tua Untuk Mengatasi Kecanduan Anak Terhadap Gadget Melalui Literasi Media Di Desa Padang Sakti Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe. KRIDA CENDEKIA, 1(05).

Pradana, Y. A. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Paud Permata Ibu Jatirejo (PhD Thesis). STKIP PGRI PACITAN.

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2).

Radjagukguk, D. L. (2020). Pola Strategi Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Pada Era Digitalisasi (Studi: Warga Malinjo Pasar Minggu Jakarta Selatan). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3), 43–52.

Rahman, M. H., M.Pd, R. K., & S.Pd, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. EDU PUBLISHER.

Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP, 691–697.

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575.

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.

Syifauzakia, S., Ariyanto, B., & Pd, Y. A., M. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.

Umah, R. Y. H. (2021). Tren Orangtua Menyekolahkan Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 21(01), 82–99.

Widoretno, S., Setyawan, D., & Mukhlison, M. (2021). Efektifitas Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak. PROSIDING TRANSFORMASI PEMBELAJARAN NASIONAL (PRO-TRAPENAS), 1(1), 287–295.

Yustanto, A. (2011). Perancangan animasi tentang koloni lebah madu sebagai media belajar bagi anak Sekolah Dasar (PhD Thesis). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang).




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v6i1.15769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :