PERANCANGAN MASTERPLAN UNTUK SEKOLAH ALAM NUR HIKMAH MALANG


Josephine Roosandriantini(1*), Y.A Widriyakara Setiadi(2), Antonius Sachio Troy Wijaya(3), Yosafat Danang Kukuh Bismoko Jati(4), Putri Zalianty Berlian(5), Patrisius Patrisius(6)

(1) Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
(2) Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
(3) Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
(4) Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
(5) Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
(6) Universitas Katolik Darma Cendika, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pendidikan Non formal yang berfungsi sebagai pengganti penambah, atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung Pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan non formal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pelajaran penting yang pada umumnya tidak disajikan oleh pendidikan formal ataupun pendidikan informal. Sekolah alam SANHIKMAH ini melakukan pendekatan pembelajarannya dilakukan dengan mengakomodasi kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan kemampuan siswa. Pendidikan karakter diajarkan di sekolah alam SANHIKMAH ini yaitu physical, intellectual, emotional, spiritual dan quotient. Kondisi sekolah alam SANHIKMAH yang sangat banyak kegiatannya, tetapi terbatasnya kebutuhan ruangan yang ada. Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini ingin membuatkan masterplan sebagai sarana pengembangan untuk sekolah alam SANHIKMAH, agar kebutuhan ruangan untuk semua kegiatan pendukung dapat terpenuhi, dan dapat digunakan untuk mengembangkan sekolah alam ini.

Abstract

Non-formal education functions as a substitute for supplementing or complementing formal education in order to support lifelong education. This non-formal education aims to provide important services and lessons that are generally not provided by formal education or informal education. This SANHIKMAH natural school approaches learning by accommodating students' learning needs by considering students' abilities. Character education taught at the SANHIKMAH Natural School is physical, intellectual, emotional, spiritual, and quotient. The condition of the SANHIKMAH natural school is that there are lots of activities, but the space requirements are limited. The Community Service Team wants to create a master plan as a means of development for the SANHIKMAH natural school so that the space requirements for all supporting activities can be met and can be used to develop this natural school.


Keywords


Karakter, Masterplan, SANHIKMAH, Sekolah Alam

Full Text:

PDF

References


Aliyu, A. M. (2019). Pengertian Masterplan. https://id.scribd.com/doc/265510191/Pengertian-Masterplan

Kardiana, G. T., & Pratiwi, S. S. (2023). Pendekatan Pembelajaran PIESQ pada Siswa di Sekolah Alam Nur Hikmah dalam Perspektif Teori AGIL. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 07(2), 161–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/article/view/31751

Susanto, N. C. A., Latief, M., Puspitasari, R. D., Bemis, R., & Heriyanti, H. (2021). Pengenalan ecoprint guna meningkatkan keterampilan siswa dalam pemanfaatan bahan alam. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS). https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.8974

Anggraini, D., & Tarmizi, P & Agusdianita, N. (2022). Pelatihan Menggambar Dengan Teknik Percik Bagi Guru SD. Jurnal Abdi Pendidikan. Vol. 03 No. 01. Bulan April. Hal 63-68.

Mukti, T. S., Utami, M. A. P., & Puspitasari, F. F. (2020). SEKOLAH ALAM: EVALUASI PROGRAM SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN NATURALISTIK DAN KINESTETIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3542

Saputra, I. (2019). Latihan Fleksibilitas dan Keseimbangan Cabang Olahraga Taekwondo. Universitas Negeri Yogyakarta. [Skripsi].




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v7i1.30685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Khidmat Journal indexed by :