Penggunaan Kartu Positif Negatif Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat

Tika Karlina Rachmawati, Yusup Suhendar, Rammdhan Akbar

Abstract


Operasi hitung bilangan bulat merupakan salah satu materi yang diajarkan di Sekolah Dasar. Operasi hitung bilangan bulat meliputi operasi penjumlahan, operasi pengurangan, operasi perkalian dan operasi pembagian. Materi ini dianggap sulit oleh siswa karena siswa belum paham mengenai konsep operasi hitung bilangan bulat. Penggunaan alat peraga dalam menjelaskan materi ini sangat membantu dalam memahami konsep. Salah satu alat peraga yang dapat membantu adalah kartu positif negatif. Tujuan diadakan pelatihan adalah agar guru dapat mengajarkan konsep operasi hitung bilangan bulat dengan bantuan kartu positif negatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian menggunakan metode pelatihan yang dilanjutkan dengan pendampingan terhadap guru. Subyek yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah guru-guru di SD Negeri 168 Cipadung dengan jumlah peserta 35 orang dan MI Al-Misbah Cipadung dengan jumlah peserta 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari analisis angket pengabdian adalah kartu positif negatif dapat membantu guru dalam menanamkan konsep operasi hitung bilangan bulat, penjelasan tentang langkah-langkah penggunaan kartu positif negatif mudah dipahami oleh peserta pengabdian, sebagian besar guru akan menerapkan kartu positif negatif pada pembelajaran operasi hitung bilangan bulat.

Keywords


Bilangan Bulat; Kartu; Positif Negatif

Full Text:

PDF PDF

References


Arifin. (2015). “Lesson Plan Berbasis Kerangka Kerja ELPSA Untuk Membangun Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Siswa SMP/MTs”. Mataram.

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. “Statistik Daerah Kecamatan Cibiru”. http://bandungkota.bps.go.id diakses pada 15 Agustus 2017

Pranoto, Iwan. “Perkalian Bilangan Bulat”. http://www.youtube.com/watch?v=gDtfzVr-Raw diakses pada 27 Januari 2017

___________. “Pembagian Bilangan Bulat”. http://www.youtube.com/watch?v=ei6xHqWYjs diakses pada 27 Januari 2017

Putri, M. S. (2016). Penggunaan Kartu Positif Negatif Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bilangan Bulat Siswa Kelas IV. BASIC EDUCATION, 5(38), 3-606.

Watini. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Kartu Positif Negatif di Kelas IV SD Inpres 2 Siney Kecamatan Tinombo Selatan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 6(8), 1-16.

Yuliwanto, C.U. (2014). “Mengenalkan Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Keping Muatan”. http://www.slideshare.net/mobile/kellykobak/mengenalkan-operasi-hitung-bilangan-bulat-choirul-untungyuliawanto/ diakses pada 26 Januari 2017.




DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Al-Khidmat

Al Khidmat Journal indexed by :