Identitas matematika dan penalaran matematis siswa dalam aljabar di sekolah menengah kejuruan

Authors

  • Annisa Sabillah Mardhayanti Universitas Tanjungpura
  • Sugiatno Sugiatno Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.10064

Keywords:

Identitas Matematika, Penalaran Matematis, Rekognisi

Abstract

Abstrak

Maksud penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara identitas matematika dan penalaran matematis siswa dalam barisan dan deret disalah satu smk di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex-post facto dan berbentuk penelitian korelasional yang dilakukan secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun pelajaran 2019/2010. Sedangkan sampelnya merupakan siswa kelas Teknik Permesinan (TP), Kimia Industri (KI), dan Analisis Pengujian Laboratorium (APL). Teknik pengukuran sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara identitas matematika dan penalaran matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi identitas matematika siswa, maka semakin tinggi pula penalaran matematis siswa.

Author Biographies

Annisa Sabillah Mardhayanti, Universitas Tanjungpura

Mahasiswa S1 Universitas Tanjungpura Pontianak, Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan dan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sugiatno Sugiatno, Universitas Tanjungpura

Dosen S1 dan S2 Universitas Tanjungpura, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan dan MIPA, Prodi Pendidikan Matematika

Dede Suratman, Universitas Tanjungpura

Dosen S1 dan S2 Universitas Tanjungpura, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan dan MIPA, Prodi Pendidikan Matematika

References

Abiola, O.A. (2014). Survey of Students ’ academic achievement and mathematics, Journal of Social Economics Research,1(7), 141–155.

Cass, C. A. P., Hazari, Z., Cribbs, J., Sadler, P. M., & Sonnert, G. (2011). Examining the impact of mathematics identity on the choice of engineering careers for male and female students. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 1–5. https://doi.org/10.1109/FIE.2011.6142881.

Castro, R. (2018). Routine and non-routine problem solving. The University of Winnipeg.

Cribbs, J. D., Hazari, Z., Sadler, P. M., & Sonnert, G. (2012). Development of an Explanatory Framework for Mathematics Identity. Proceedings from the 34th PME Conference.

Cribbs, J. D., Hazari, Z., Sonnert, G., & Sadler, P. M. (2015). Establishing an Explanatory Model for Mathematics Identity. Child Development, 86(4), 1048–1062. https://doi.org/10.1111/cdev.12363.

Elia, I., van den Heuvel-Panhuizen, M., & Kolovou, A. (2009). Exploring strategy use and strategy flexibility in non-routine problem solving by primary school high achievers in mathematics. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 41(5), 605–618. https://doi.org/10.1007/s11858-009-0184-6.

Gweshe, L. C., & Brodie, K. (2019). High School Learners’ Mathematical Identities. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.1080/18117295.2019.1662642.

Hazari, Z., Sonnert, G., Sadler, P. M., & Shanahan, M.-C. (2010). Connecting High School Physics Experiences, Outcome Expectations, Physics Identity, and Physics Career Choice: A Gender Study. Journal of Research in Science Teaching, 47(8), 978–1002. https://doi.org/10.1002/tea.20363.

Hima, L. R., Nusantara, T., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Changing in Mathematical Identity of Elementary School Students Through Group Learning Activities. International Electronic Journal of Elementary Education, 11(5), 461–469. https://doi.org/10.26822/iejee.2019553342.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nepal, B. (2016). Relationship between Mathematical Thinking and Mathematics Achievement. Journal of Research & Method in Education, 6(6), 46–49. https://doi.org/10.9790/7388-0606044649.

PusatPenelitianPendidikan. (2019). Ringkasan Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019 SMA/MA dan SMK: Masukan untuk Pembelajaran di Sekolah. Badan Penelititan dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan tes kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematika siswa SMP kelas VIII. PHYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2).

Stacey, K. (2012). What is Design Thinking and Why is It Important? Review of Educational Research, 82(3), 330–348.

https://doi.org/10.3102/0034654312457429.

Wanti, N., Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa, 3(1), 56–69.

Published

2020-12-29