Website jeruq.com sebagai alat evaluasi pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19


Iffa Hanifah Rahman(1*), Nanang Priatna(2)

(1) Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) Universitas Pendidikan Indonesia,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu upaya pemerintah untuk memutus rantai virus covid-19 yaitu dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) sehingga evaluasi pembelajaran pun dilakukan secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan website jeruq.com sebagai alat evaluasi pembelajaran daring selama masa pandemic Covid-19. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMK di Kabupaten Bandung Barat dengan subjek yaitu siswa sebanyak 20 orang dan satu orang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan respon yang baik dari siswa dan guru pada website jeruq.com. Kelebihan pada website ini yaitu tampilannya mudah dimengerti dan mampu menghemat waktu. Sehingga website ini dapat dijadikan sebagai alat evaluasi pembelajaran daring.

 Kata kunci: Jeruq, Covid-19, Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Daring

One of the government's efforts to break the chain of the Covid-19 virus is by implementing distance learning (online) so that learning evaluations are carried out online. This research was conducted to describe the advantages and disadvantages of the jeruq.com website as an online learning evaluation tool during the Covid-19 pandemic. This research was conducted in a high school in Bandung Regency with the subject of 20 students and one teacher. This study used a descriptive qualitative approach with data collection techniques in the form of tests, interviews, questionnaires, and documentation. The results of this study show a good response from students and teachers on the website jeruq.com. The advantages of this website are that it looks easy to understand and can save time. So that this website can be used as an online learning evaluation tool.

 Keywords: Jeruq, Covid-19, Learning Evaluation, Online Learning


Keywords


Jeruq, Covid-19, Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Daring

References


Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan.

Efendi, N. M. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi (UGM).

Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Irawati, D. Y., & Jonatan, J. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika. Jurnal Rekayasa Sistem Industri.

Lestari, W. I., & Putra, E. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form di Masa Pandemi Covid-19. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika.

Mutlasih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19. 11.

Nashiroh, D. (2014). Pengembangan Model dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret untuk Peserta didik SMP Terbuka Kelas IX. Yogyakarta: Skripsi. FPMIPA.

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. Jurnal As-Salam I, 123-144.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran. 14.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misyikat.

Riyanto, G. P. (2021, 02 23). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta

Septiawan, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Google Form Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di Smk Negeri 1 Koba. 7.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. Jurnal Tarbawi, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 39-55.

Wulandari, P., Maswani, & Khotimah, H. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di SMAN 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Yuliana, S. (2014). Pengaruh Latihan Identifikasi Objek terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Tunagrahita Ringan di SPLB-C YPLB Cipaganti. JASSI_Anakku.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.12456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id