Analisis masalah belajar mahasiswa pada materi integral ditinjau dari perspektif disposisi matematis


Nur'aini Muhassanah(1*), Hamidah Suryani Lukman(2)

(1) Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UNU Purwokerto, Purwokerto, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, UMMI, Sukabumi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan masalah belajar  mahasiswa pada materi integral khususnya pada aplikasi mencari luas daerah ditinjau dari perspektif disposisi matematis. Subjek penelitian ini adalah 8 mahasiswa semester 2 Program Studi Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto yang terdiri dari 5 mahasiswa kategori disposisi matematis positif rendah dan 3 mahasiswa kategori disposisi matematis positif sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik dan wawancara untuk mendapatkan data kesulitan belajar, sedangkan instrumen angket untuk mendapatkan  data disposisi matematis. Validasi data penelitian ini menggunakan metode triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami mahasiswa pada materi aplikasi integral untuk luas daerah mahasiswa pada kategori disposisi matematis positif rendah dan positif sedang mengalami kesulitan belajar yang sama pada mata kuliah kalkulus 2 materi aplikasi integral untuk luas daerah, yaitu kesulitan dalam menggambar grafik fungsi dan menentukan luas daerah yang dicari. Selain dua kesulitan tersebut, mahasiswa yang masuk kategori disposisi matematis positif rendah adalah kesulitan menentukan batas integral dan kesulitan memahami integral. Selain itu, dapat disimpulkan juga mahasiswa yang masuk kategori disposisi matematis positif sedang akan lebih berusaha dan bertahan dalam menyelesaikan kesulitan dibandingkan mahasiswa pada kategori positif rendah.

 

This study aims to describe student learning problems on integral material in the application of finding the area in terms of the perspective of mathematical disposition. The subjects of this study were 8 students of the mathematics study program of a university in Purwokerto, consisting of 5 students in the low positive mathematical disposition category and 3 students in the moderate positive mathematical disposition category. The results showed that the difficulties experienced by students in integral application material in the category of low and moderate positive mathematical dispositions were experiencing the same learning difficulties in the calculus 2 course, integral application material for area, namely difficulties in drawing function graphs and determining the area sought. In addition to these two difficulties, students who were in the category of moderate positive mathematical disposition will try and strive more to overcome the difficulties than those who were in low positive category.

Keywords


kesulitan, integral, disposisi matematis

References


AAspinwall, L. & Miller, L.D. (2001). Diagnosing confict factors in calculus through students, writings, one teacher’s reflections. Journal of Mathematical Behavior, 20(1), 89 – 107.

Bezuidenhout, J. (2001). Limit and continuity: some conceptions of frst-year students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 32(4), 487 – 500.

Chotim, M. (2008). Kalkulus 2. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Denbel, D.G. (2014). Students Misconceptions of the Limit Concept in a First Calculus Course. Journal of Education and Practice, 5 (34), 24 – 40.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ferrer, F. P. (2016). Investigating Students’ Learning Diffculties In Integral Calculus People. International Journal of Social Sciences, Special Issue, 2(1), 310–324.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3 (1), 153 – 164.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika Edisi Revisi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniawan, A. & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (2), 99 – 108.

Kusmaryono, I. & Dwijianto. (2016). Peranan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa terhadap Peningkatan Mathematical Power. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(1), 19 – 28.

Monariska, Erma. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Integral. Jurnal Analisa, 5 (1), 9 – 19.

Muhassanah, N. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Geometris Menurut van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2), 233 – 243.

Mulyadi, H. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nasrullah. (2015). Pengaruh Model PMK Terhadap Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Tingkat SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 6(1), 12 – 20.

NCTM. (1989). Curriculum and Evalution Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.

Pichat, M. & Ricco, G. (2001). Mathematical Problem Solving in didactic institutions as a complex system, The case of elementary calculus. Journal of Mathematical Behavior, 20 (1), 43 – 53.

Rahayu, R. & Kartono. (2014). The Effect of Mathematical Disposition toward Problem Solving Ability Based On IDEAL Problem Solver. International Journal of Science and Research (IJSR), 3 (10), 1315 – 1318.

Reflina. 2020. Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Matematis pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Analisa, 6 (1), 80 – 90.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyanti. & Prasetyowati, D. (2018). Profil Disposisi Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 55 – 64.

Susilo, B.A. Darhim. & Prabawanto, S. (2019) Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Aplikasi Integral untuk Luas Daerah dalam Perspektif Disposisi Matematis. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 86 – 93.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.12804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id