Analisis kebutuhan pengembangan e-modul etnomatematika berbasis budaya melayu Kepulauan Riau


Linda Ardani Afriliziana(1*), Maimunah Maimunah(2), Yenita Roza(3)

(1) Universitas Riau, Indonesia
(2) Universitas Riau, Indonesia
(3) Universitas Riau, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan E-modul Etnomatematikaberbasis budaya melayu Kepulauan Riau pada materi transformasi geometri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap guru yang mengampu mata pelajaran matematika kelas IX dan memberikan angket terhadap responden menggunakan Google Form kepada guru dan siswa. Objek pada penelitian ini adalah analisis pengembangan e-modul Etnomatematika berbasis budaya melayu Kepulauan Riau pada materi transformasi geometri. Subjek penelitian ini ialah peserta kelas X IPS SMA Negeri 2 Tanjungpinangyang berjumlah 129 orang, 27 siswa kelas IX SMP Negeri 7 Tanjungpinang dan satu orang guru matematika kelas IX SMP Negeri 7 Tanjungpinang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis kurikulum, analisis materi dan analisis kondisi lapangan berdasarkan latar belakang budaya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa dibutuhkan oleh siswa suatu bahan ajar berupa modul berbasis elektronik yang dapat membantu siswa memahami matematika terutama pada materi transformasi geometri serta dapat mengaitkan pembelajaran matematika tersebut dengan budaya sehari-hari di lingkungan sekitar siswa.


The purpose of this study was to determine the need for developing an E-module based on Malay culture in KepulauanRiau Ethnomathematics on the material of geometric transformation. This study used qualitative research methods. Data collection techniques were carried out by interviewing teachers who teach mathematics in class IX and giving questionnaires to respondents using Google Forms to teachers and students. The object of this research is the analysis of the development of the Ethnomathematics e-module based on the Malay culture of the Kepulauan Riau on the material of geometric transformation. The subjects of this study were 129 class X Social Studies students at SMA Negeri 2 Tanjungpinang, 27 class IX students at SMP Negeri 7 Tanjungpinang and one math teacher for class IX at SMP Negeri 7 Tanjungpinang. The data collection methods used are curriculum analysis, material analysis and field condition analysis based on cultural background. Based on the results of the analysis, it was found that students need a teaching material in the form of an electronic-based module that can help students understand mathematics, especially on the material of geometric transformation and can relate the learning of mathematics to the everyday culture in the environment around students.


Keywords


analisis kebutuhan, e-modul, etnomatematika, budaya melayu

References


Abdullah, A. S. 2016. Ethnomathematics in Perspective of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 3.

Afandi, A. 2018. Difference of learning mathematics between open question model and conventional model. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 1(1), 14-15.

Andini, T., Dika & Yulian, M. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Electronic Bokk Menggunakan Software Kvisoft Flipbook pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Acah Barat. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 2.

Ardinata, P., Sudiarta., & Suharta. 2020. Pengembangan Geogebra untuk Materi Transformasi Geometri Berorientasi Strategi IKRAR dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Wahana Matematika, 14(1): 88

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Alifmatika. 3(1): 81

Hidayatulloh, M. S. 2016. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra pada Materi Bilangan Bulat. AKSIOMA. 7 (2): 30

Maimunah., Purwanto., Sa’dijah, C., & Sisworo. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17.

Maryam., Masykur, R., & Andriani, A. 2019. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Jurnal Aksioma, 10 (1): 10

Nana. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Klaten:Lakeisha

Nurdyansyah & Mutala’liah, N 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Nurqolbi, L., Roza, Y., & Siregar, S. N. 2020. Rancangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Motif Batik Melayu Riau pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Online Mahasiswa FKIP, 7(2), 5-6.

Rahmawati, Z. Y., & Muclian, M. 2019. Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatra Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 125-127.

Risdiyanti, I., Prahmana, R. C. I., & Shahrill, M. 2019. The Learning Trajectory of Social Arithmetic Using an Indonesian Traditional Game. Elementary Education Online, 18(4).

Risdiyanti, I., & Sulisworo, D. 2021. Developing Student Book based on Ethnomathematics To Improve Student’s Critical Thinking Skill. Journal Of Innovative Mathematics Learning, 4(1), 2.

Roza, Y., Daqiqil, I., Siregar, S. N., Salam, S., & Adnan A. 2018. Android based e-learning for mathematics teachers. Journal of Physics, 1.

Sahilda & Izzati. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Gonggong Tanjungpinang Kepulauan Riau. Jurnal Al Khwarizmi, 4(1): 81

Satriawati, H., & Haryanto. 2016. Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 6(3): 189

Sidiq, R., & Najuah. 2020. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal pendidikan sejarah, 9(1): 4

Tri, U. W., & Ariesta, Y. D. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul pada Pokok Bahasan Turunan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro untuk Siswa SMA Kelas XI. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 157-158.

Yuniati, S., & Sari, A. 2018. Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Provinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1): 2.

Zuzilawati., Sari, R. K., & Fitri, H. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Sigil pada Matei Transformasi Gepmetri kelas XI SMAN 1 Ampek Angkek Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 13.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v7i2.14753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id