Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) pengaruh interaksi kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan mengambil responden sebanyak 99 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 41, SMP Negeri 218 dan SMP Negeri 227 Jakarta. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SPSS 15.0 for windows pada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan utama, yaitu; pertama, terdapat pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; kedua terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; ketiga terdapat pengaruh interaksi kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didikReferences
Angkowo, R., dan Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.Jakarta : PT.Grasindo.
M. Ngalim purwanto.1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Oemar. H.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Russefendi, E.T. 2004. Pengajaran Matematika Modern . Bandung : Tarsito
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Sugilar, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. [online] Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No 2, September 2013.
Sutikno M. Sobry. (2004). Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).