Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Witri Lestari FTMIPA Unindra PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; 3) pengaruh interaksi kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan mengambil responden sebanyak 99 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 41, SMP Negeri 218 dan SMP Negeri 227 Jakarta. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SPSS 15.0 for windows pada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan utama, yaitu; pertama, terdapat pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; kedua terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika; ketiga terdapat pengaruh interaksi kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik

Author Biography

Witri Lestari, FTMIPA Unindra PGRI Jakarta

Program Studi Pendidikan Matematik

References

Angkowo, R., dan Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran.Jakarta : PT.Grasindo.

M. Ngalim purwanto.1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar. H.2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Russefendi, E.T. 2004. Pengajaran Matematika Modern . Bandung : Tarsito

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Sugilar, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. [online] Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No 2, September 2013.

Sutikno M. Sobry. (2004). Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press.

Downloads

Published

2017-06-05