Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Propinsi Riau


Suci Yuniati(1*), Arnida Sari(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada mata pelajaran matematika untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Munawwarah Pekanbaru dan MTs Negeri Danau Bingkuang Kampar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu: (A)nalysis, meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan; (D)esign, meliputi penyusunan Modul; (D)evelopment, dilakukan pengembangan Modul matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan RME; (I)mplementation, dilakukan untuk mendapatkan data praktikalitas; (E)valuation, dilakukan untuk menganalisis data berdasarkan tahap implementation. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Hasil perhitungan data hasil uji validitas oleh ahli teknologi pendidikan memperoleh Persentasi keidealan 85,19% dan oleh ahli materi pembelajaran memperoleh 86,42%, serta penilaian praktikalitas pada saat uji coba memperoleh 84,14%. Data tersebut menunjukkan bahwa modul matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan oleh siswa.

References


Andriani, Melly dan Mimi Haryani. (2013). Pembelajaran Matematika SD/MI, Pekanbaru: Benteng Median.

Hartati,dkk (2017). Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa Vol.3 No.2 Desember 2017 :106-115

Patmawati, D., Johar, R., Zubaidah, T. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter melalui Pendekatan Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 5(2), 1-13

Prabowo, Agus dan Pramono Sidi. (2010). Potensi PMRI sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika. Program Studi Matematika Universitas Jenderal Sudirman : Universitas Terbuka.

Pribadi, Benny A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Rahayu Sri Waskitoningtyas. (2016). Analisis Kesulitan belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar kota Balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24-32

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Saleh, Muhammad. (2012). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik

(PMR), Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13 (2).

Syaodih, Nana. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Somayasa, Wayan., Natajaya, Nyoman., Candiasa, Made. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK NEGERI 3 SINGARAJA, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran GaneshaProgram Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 1-12

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.

Suyitno, Amin. (2014). Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika I, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.

S, Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yasri. Strategi Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami (2013).. Tersedia:http://bdkpadang.kemenag.go.id). diakses 22 Maret 2015.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id