Ethnomathematics Exploration of Cemetery of Heroes in City Kampung Mesjid Labuhanbatu Utara


Sugi Sugi(1*), Joko Soebagyo(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Ada keterkaitan antara pendidikan dan budaya hal ini setiap daerah yang terdapat sekelompok manusia yang menetap menjadi masyarakat akan timbul suatu budaya baik itu warisan para leluhur maupun timbulnya budaya baru akibat interaksi manusia. Etnomatematika sebagai penghubung antara pendidikan dan budaya dalam hal ini terpokus khususnya pada bidang matematika baik secara sadar maupun tidak masyarakat telah mengadopsi konsep-konsep matematika dalam kehidupannya. Penelitian ini hadir untuk mengulas eksplorasi etnomatematika situs warisan bersejarah yaitu Makam Pahlawan sebagai bentuk partisipasi masyarakat Kualuh Hilir terhadap para pahlawan Kesuma Bangsa. Jenis penelitian ini kualitatif  eksploratif yang terfokus pada objek warisan bersejarah dengan observasi, analisa, dokumentasi, serta catatan-catatan dalam tugu monumen peresmian. Setelah dilakukan penelitian adanya konsep matematika yang dipergunakan saat pembuatan monumen bersejarah yaitu Makam pahlawan. Terbukti adanya enomatematika masyarakat Kualuh Hilir yang terlihat pada bangunan situs bersejarah Makam Pahlawan

There is a link between education and culture, this is in every area where there are a group of people who settle down as a society, a culture will emerge, both the heritage of the ancestors and the emergence of a new culture due to human interaction. Ethnomatematics as a link between education and culture in this case is focused specifically on the field of mathematics, both consciously and unconsciously the community has adopted mathematical concepts in their lives. This research is here to review the ethnomathematics exploration of historic heritage sites, namely the Hero's Cemetery as a form of participation by the people of Kualuh Hilir towards the heroes of Kesuma Bangsa. This type of research is exploratory qualitative research that focuses on historical heritage objects with observation, analysis, documentation, and notes on the inauguration monuments. After doing research, there is a mathematical concept that is used when making historical monuments, namely the hero's tomb. It is proven that there is ethnomathematics of the people of Kualuh Hilir which can be seen in the building of the historic site of the Hero's Cemetery.


Keywords


Culture, Ethnomathematics, Hero's Grave Kampung Mesjid,

Full Text:

PDF

References


Dwianti, I. N., Julianti, R. R., & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5335922

Imswatama, A., & Zultiar, I. (2019). Etnomatematika: Arsitektur Rumah Adat di Sukabumi Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(2), 119–130. https://doi.org/10.29240/ja.v1i2.1007

Jayanti, T., & Puspasari, R. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Sanggrahan Tulungagung. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 53–66. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1748

Mar, A., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Manunis Ka’Umnais Suku Uim Bibuika Kecamatan Botin Leobele Kabupaten Malaka. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 155–162. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Murtiawan, W. E., Raea, K., & Wibawa, G. N. A. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri pada Bangunan Pura. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(2), 86–95. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPBM/article/view/15746

Nurrosadha, S. H., Agustina, Lady, & Ningtyas, Y. D. W. K. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 2339–2444. https://doi.org/http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika Dalam Seni Anyaman Jambi Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), 2(8), 2705–2714.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.

Rahmawati. Z, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Rohimah, S. I., Abadi, A. P., & Haerudin. (2022). Studi Etnomatematika Dalam Membuat Pakaian Sehari-Hari. Jurnal Saintika UNPAM, 4(2), 108–120.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Syutaridho, Zulkardi, & Hartono, Y. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Keliling, Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JPM Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m

Ventina, R., Jannah, Y. N., Amirsyah, & Sebayang, D. S. (2017). Kecamatan Kualuh Hilir dalam Angka Kualuh Hilir District in Figures. BPS Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Wulandari, I. A. P. A., & Puspadewi, K. adek R. (2016). Budaya dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika yang Kreatif. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31–37. https://www.neliti.com/publications/129201/budaya-dan-implikasinya-terhadap-pembelajaran-matematika

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. SIGMA, 2(1), 35–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id