Penerapan Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama


Rusdian Rifa'i(1*), Nenden Suciyati Sartika(2)

(1) Universitas Mathla'ul Anwar, Indonesia
(2) Dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Mathla'ul Anwar,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang berdesain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Bandung, sedangkan yang dijadikan sampel adalah siswa kelas VIII yang dipilih secara acak berdasarkan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe uraian yang disusun berdasarkan indikator-indikator hasil belajar matematika. Statistik yang digunakan dalam manganalisis data hasil penelitian adalah statistik parametrik dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematis siswa yang memperoleh pembelajaran investigasi kelompok lebih baik daripada hasil belajar matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

References


Aisyah, A. (2006). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Apriyanto, G. (2002). Penggunaan Kalkulator Grafik dalam Pembelajaran Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SLTP. Skripsi FPMIPA UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Herrhyanto, N. (2002). Pengaruh Bakat, Minat, dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Tesis PPS UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Joyce dan Weil. (1980). Models Of Teaching. London: Prentice–hall.

Juniawati, N. (2005). Pengaruh Strategi Think-Talk-Write terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi FPMIPA UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Krismanto, Al. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. http//www.duniaguru.com/doc/matematika/sma/sistempembelajaranmatematikaPdf. (diakses 5 februari 2008).

Mafruroh, S. (2004). Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Essay Fisika dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Skripsi UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Setiawan (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. http/58.145.171/web/ppp/ppp_pendekatan_investigasi.Pdf. (diakses 29 januari 2008).

Suwangsih, E. (2004). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Kooperatif. Tesis PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Wahyudin (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matenatika. Disertasi FPMIPA UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Yunita dan Poedjadi, A. (2001). Kolaborasi dengan Universitas di SMUN 8 dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kimia. Seminar Procceding National on Science and Mathematics Education. JICA: IMSTEP FPMIPA UPI.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id