The Development of Geogebra Assisted E-Module on Integral Course Material


Jumroh Jumroh(1), Dina Octaria(2*), Nia Nia(3)

(1) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi Integral kelas XII SMA/MA yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan untuk mengetahui efek potensial pengembangan e-modul terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Objek penelitian ini adalah kualitas e-modul berbantuan GeoGebra pada materi Integral kelas XII SMA/MA yang dikembangkan. Data dikumpulkan menggunakan angket validasi, angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi oleh expert review (validator) berdasarkan aspek  isi, konstruk, dan bahasa dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 97,3%.  E-modul juga memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan angket respon siswa dengan persentase rata-rata 84,7% untuk kelompok kecil (small group) dan 85,3% untuk kelompok besar, dan e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai sebesar 82,66 dengan memenuhi kriteria baik. Sehingga dapat dikatakan e-modul berbantuan geogebra pada materi integral dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

 

This study aims to produce e-modules on Integral material for class XII SMA/MA that meet the valid, practical criteria, and to determine the potential effects of developing e-modules on student learning outcomes. This type of research is development research using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The object of this research is the quality of the GeoGebra-assisted e-module on the material for Intergal class XII SMA/MA which was developed. Data were collected using validation questionnaires, response questionnaires, and learning outcomes tests. The results show that the developed e-module has met the valid criteria, the validity assessment can be seen from the validation results by expert reviews (validators) based on content, construct, and language with a validity assessment of 97.3%. E-modules also meet the very practical criteria based on student response questionnaires with an average percentage of 84.7% for small groups and 85.3% for large groups, and e-modules are said to have a potential effect on student learning outcomes. Students with an average score of 82.66 by meeting the good criteria. So it can be said that geogebra-assisted e-modules on integral material can be used in the learning process.


Keywords


ADDIE, E-Modul, GeoGebra Integral

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Ariyani, F., Maulina, H., & Nurulsari, N. (2019). Design and Validation of Inquiry-based STEM Learning Strategy as a Powerful Alternative Solution to Faciliate Gifted Students Facing 21st Century Challenging. Journal for the Education of Gifted Young, 33-56.

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education Vol. 2, No. 1, 1-10.

Akbar, S. (2017). Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Jakarta: Ar-Ruzz.

Hidayatulloh, M. S. (2016). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika, 24-31. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416

Kemendikbud. (2017). Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.

Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1-12. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059

Mimbadri, Y., Suharto, & Oktavianingtyas, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Integral Luas Daerah. Majamath, 121-130, Vol.2 No.2. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/410

Nurlaini. (2017). Pengembangan Modul Kalkulus ii Berbantuan Software wxmaxima di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Octaria, D., Zulkardi, & Somakin. (2013). Pengembangan Website Bahan Ajar Turunan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 107-115, Vol. 43, No. 2.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Priwantoro, S. f. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Dipadukan dengan Geogebra Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Mata Kuliah Program Linier. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 744-757.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, & Syazali, M. (2019). The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated With LMS-Googke Classroom fir Senior High School Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137-158.

Rhilmadinar, Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 142-155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915

Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan GeoGebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135-152. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.9664

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMK N 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi.

Shaleha, K., & Yus, A. (2020). Peranan Bahan Ajar dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Educational Journal of Elementary School , 1(3), 55-58.

Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus ntegral Berbasis Animasi. Aksioma, 1-11.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES ( Journal of Mathematics Education and Science) Vol. 2, No.1, 58-66 .

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan . Bandung: Alfabeta.

Syahbana, A. (2017). Belajar Menguasai GeoGebra Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: Noerfikri Offset.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018). Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk Materi Integral di SMA. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, (pp. 810-813). Yogyakarta.

Wijayanto, & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum , (pp. 625-628). Semarang.

Yuniarti, V. F., Anriani, N., & Santosa, C. A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Smartphone pada Materi Integral Tak Tentu Beorientasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 222-233. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/349




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id