Increasing Students' Mathematical Communication Ability Through Web-Based Learning


Rusdian Rifai(1*), Yaya Sukjaya Kusumah(2)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis web. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang diambil 2 kelompok. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran berbasis web dan kelompok kedua sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori. Pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan salah satu indikator yang diperlukan yaitu menyatakan situasi matematik atau peristiwa sehari-hari ke dalam model matematika dan menyelesaikannya. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuasi eksperimen dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Diperoleh hasil perhitungan bahwa thitung > ttabel hal ini berdasarkan dari uji t N-gain dimana thitung = 2,22 dan ttabel = 2,01063 pada tarap signifikan 0,05. Hal ini menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa X  dengan pembelajaran berabasis web.

 

This study aims to determine the increase in mathematical communication skills of class X SMK Dwi Putra Bangsa with web-based learning. The subjects of this study were students of class X SMK Dwi Putra Bangsa who were taken in 2 groups. The first group as an experimental group that was given web-based learning treatment and the second group as a control class that was given conventional learning treatment. Appropriate learning can improve mathematical communication skills with one of the indicators needed, namely expressing mathematical situations or everyday events into a mathematical model and solving them. The data collection method used was a quasi-experimental method and the sampling technique used in this study was purposive sampling. The results of the calculation that tcount> ttable, this is based on the N-gain t test where tcount = 2.22 and ttable = 2.01063 at a significant tarap 0.05. This concludes that there is an increase in the mathematical communication skills of students X SMK Dwi Putra Bangsa with web-based learning.


Keywords


Web Based Learning, Mathematical Communication Skills, Quasi-Experimental

Full Text:

PDF

References


Best, J. (1985). Cognitive Psychology. 2nd Edition. New York: Wet Publishing Company.

Bruno, F. (1987). Dictionary of Key Word in Psychology. London: Routledge & Kegan Paul.

Budiarto, M. T, dkk (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika (Buku 1). Jakarta: Depdiknas.

Gleiman, H. (1989). Psychology. 2nd Edition. New York: W.W. Norton & Company.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014), Penelitian Pembelajaran Matematika, Bandung : Refika Adiatama.

Hodiyanto. (2017), Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika, AdMatEdu, 7 (1), 9-17.

Lambas, dkk. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika (Buku 3). Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenanda Media Group.

Mualifah , I. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Universitas , 1 (1), 101-121.

Nayazik, A., Wahyuni, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa melalui Model Ideal Problem Solving dalam Aspek Gramatika dan Sosiolinguistik, Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 4, No. 2, 107-114.

Nurahman. I. (2011). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Acelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Bandung: Pasundan Journal of Mathematics Educations. 1 (1): 106-107.

Rachmayani, D. (2014), Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan Unsika, 2 (1), 13-23.

Russeffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rusman, (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : Rajawali Pers.

Sutarto, H. (2018). Matematika Nusantara: Pengajaran Matematika Berbasis Budaya Indonesia. Journal of Medives, 2 (1), 13-23.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenanda Media Group.

Sari, A. (2015). Komunikasi Matematis Tulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Menggunakan Penggaris dan Busur. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 2, 118-125.

Shafira, R., Suanto, E., dan Kartini. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berorientasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, Vol. 5, No. 1, 401-410.

Solso, R. L., Maclin, O. H., Maclin, M. K. (2007). Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Sugandi, A. I., dan Benard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, Vol. 4, No.1, 16-23.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI

Syah, M. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24–25 November 2010, Tangerang Selatan.

Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika (Referensi untuk SMK, Mahasiswa, dan Umum). Jakarta: Leuseur Cipta Pustaka.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran (Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional). Jakarta: Ipa Abong.

Yanti, D., Widada, W., Zamzaili. (2018). Pengaruh Linier Kovariat Komunikasi Matematis Peserta Didik terhadap Rerata Kemampuan Akhir Peserta Didik dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 3, No. 2, 82-93.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.19989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id