Application of Group Resume Learning with Contextual Approach on Mathematical Problem Solving


Eritha Dewi Febrianty(1*), Agus Hikmat Syaf(2), Ida Nuraida(3)

(1) Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan diadakannya penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII salah satu sekolah di Cianjur. Metode penelitian yang dipilih yaitu kuasi eksperimen dengan design penelitian yaitu nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observsi dan lembar angket sikap siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa menggunakan model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori baik sekali; peningkatan kemampuan pemcahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; besar pengaruh model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual berada pada kategori sedang dengan persentase 73%; serta kebanyakan siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran group resume dengan pendekatan kontekstual.



The purpose of this research was to improve students' mathematical problem solving abilities using the group resume learning model with a contextual approach. This research was conducted in class VIII one of the schools in Cianjur. The research method chosen was quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The instruments used were problem solving ability test instruments, observation sheets and student attitude questionnaire sheets. The results of the study showed that: The implementation of the teacher and student learning process using the group resume learning model with a contextual approach was in the very good category; increasing the mathematical problem solving abilities of students who use the group resume learning model with a contextual approach is significantly better than students who use conventional learning models; the influence of the group resume learning model with a contextual approach is in the moderate category with a percentage of 73%; and most students give a positive attitude towards learning mathematics using the group resume learning model with a contextual approach.


Keywords


Mathematical Problem Solving Ability, Group Resume, Contextual Approach.

Full Text:

PDF

References


Arwinsyah, D., Karnasih, I., & Rajagukguk, W. (2019). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Pada Pembelajaran PBL Berbantuan Geogebra dengan Tanpa Berbantuan Geogebra. PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 12, 83–92.

Astriyani, A., Roswitha, M., & Riyadi. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping Group Resume ( Cmgr ) Dan Concept Mapping ( Cm ) Ditinjau Dari. 2010, 92–102.

Cahyani, N. putu M., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410

Fazrien, J. (2020). Penerapan Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Resume pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Balai Riam dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1). https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/209

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

Guspika, C. D., & Alzaber. (2020). Strategi Group Resume dalam Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VII-3 SMP N 6 Siak Hulu. Pendidikan Matematika, 8(3).

Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Hasanah, N., & Purwasih, R. (2022). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika dengan Kemampuan Matematik Habits of Mind. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 149–158. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.149-158

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungan dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3, 53–62.

Juariah, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 No. 1. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2460

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. RespositoryWidyamandala, 8(33), 44.

Kristia, D., Habibi, M., Fidya, Y., & Putra, A. (2021). Analisis Sikap dan Konsep Diri Siswa terhadap Matematika ( Studi Survei pada Siswa MTs Se-Kabupaten Kerinci ). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(03), 32–46.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 3rd ed.). Refika Aditama.

Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(September), 425–432.

Lutfianto, M., & Sari, A. F. (2017). Respon Siswa terhadap Soal Matematika Mirip PISA dengan Konteks Berintegrasi Nilai Islam. Jurnal Elemen, 3(2), 108–117. https://doi.org/10.29408/jel.v3i2.342

Maulyda, M. A. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue 16 Januari 2020).

Mulyadin, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GR (Group Resume) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Pembahasan Nilai Mutlak. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(1), 19. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5315

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Nufus, H., Prayitno, S., Baidowi, & Turmuzi. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perbandingan Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.133

Sugesti, D. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Menggunakan Metode Group Resume pada Mata Pelajaran PKN Kelas V di SDN Jaranan. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid dan R&D. Alfabeta.

Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 113. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4288

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian FMIPA IKIP Bandung. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Umamah, N. N., Sunardi, & Sugiarti, T. (2013). Analisis Soal Ujian Nasional (Un) Matematika Smk Tahun Ajaran 2011/2012 Berdasarkan Taksonomi Solo. Pancaran, 2(1), 45.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitas Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.16243/mathline.v5i2.162




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.22231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id