PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364Abstract
Abstrak
Â
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meneleaah perbandingan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa antara yang pembelajarnya menggunakan pendekatan konstekstual dengan pembelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP yang berkemampuan sedang yang berada dikota Cimahi, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas yang berjumlah 56 orang dari satu SMP di kota Cimahi yang  berkemampuan sedang.  Instrumen  pada penelitian ini berupa tes berbentuk soal uraian untuk tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan sudah memenuhi soal yang baik berdasarkan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS 18 didapat hasil sebagai berikut (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematik yang pembelajarnya menggunakan  pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan pembelajaran  biasa. (2) pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konstekstual lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa
Â
Kata Kunci: Pemahaman, Komunikasi, Kontekstual
References
DAFTAR PUSTAKA
Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematiks Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Flash Cs.4. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 4, No.2, September 2015
Hendriana, H. dan Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama
Hendriana, H. (2009). Pembelajaran dengan pendekatan methaporical thinking untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik, komunikasi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Jayadipura, Y. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Kontekstual. Tesis pada Program Pascasarjana STKIP
Siliwangi Bandung : Tidak dipublikasikan.
Martunis , et.al. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Model Pembelajaran Generatif. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1, No. 2, September 2014
Mudrikah, A. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa SMA. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyati. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review. Jurnal Analisa Volume II Nomor 3 September 2016
Permana, Y. (2010). Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi serta Disposisi Matematik terhadap Siswa SMA melalui Model-Eliciting, Activities. Disertasi pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan : Tidak dipublikasikan.
Rohaeti, E. E. (2004). Pembelajaran matematika dengan Menggunakan Metode Improve untuk Meningkatkan Pmahamandan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SLTP. Tesis.Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rosmayadi, et.al. (2018). Pemahaman Konsep Matematis siswa dengan Strategi Pembelajaran Group to Gruop Exchange Berpendekatan kontekstual. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol. 11 No. 1 (2018)
Sinurat, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Krstis dan Kreatif serta Disposisi Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Kontektual. Tesis pada Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung : Tidak diterbitkan.
Soedjadi,R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suheri (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis serta Disposisi Matematik Siswa SMP dalam Pembelajaran Kontekstual dengan Model Coopeartive Learning. Tesis STKIP Siliwangi Bandung : Tidak dipublikasikan.
Sunendar, A. (2016). Mengembangkan Diposisi Matematik melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original Researchof Mathematics Vol. 1 No. 1 Edisi Juli 2016 hal. 1-9.
Yonandi (2010).Meningkatkan kemampuan komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematik melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer pada Siswa SMA. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).