Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Pokok Bangun Datar


Agus Hikmat Syaf(1*), Iyon Maryono(2), Juariah Juariah(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan penelitian di MI Naksabandiyah Bandung mengenai perlunya pembaharuan dalam model pembelajaran matematika di kelas, dan proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional dengan berorientasi pada “teacher center”, sehingga aktivitas siswa cenderung pasif. penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi mengenai penerapan pembelajaran demonstrasi dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  matematika siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Melalui PTK diharapkan dapat menawarkan cara dan prosedur baru untuk memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa siswi kelas VI MI Naksabandiyah Bandung sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dibatasi pada materi pokok luas bangun datar dimana hasil penelitian ini hanya berlaku untuk kelas yang diteliti dan tidak dapat digeneralisasikan. Dengan penerapan pembelajaran demonstrasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  matematika dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Afifuddin. 2008. Potret Madrasah. Bandung. Insan Mandiri.

Damayanti, S. 2002. Pengembangan Kemampuan Penalaran Komunikasi Matematika Siswa SLTP Melalui Pendekatan Open-Ended. (Skripsi). FPMIPA. UPI. Bandung: Tidak Diterbitkkan.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Depdiknas

Djumanta W. 2005. Mari Memahami Konsep Matematika. Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Hakiim, L. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Hidayati, A. 2005. Penerapan Pembelajaran Generatif Matematika dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (Skripsi). FPMIPA. UPI. Bandung. Tidak Diterbitkan.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya.

Rachman, A. 2009. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Generatif Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pokok Dalil Phytagoras (Skripsi). UIN SGD. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Sanjaya W. 2007. Kajian Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung:UPI

Sobry, M. 2008. Landasan Pendidikan. Bandung: Prospect.

Sumarna A 2007. Matematika Untuk SD/MI Kelas VI. Bogor: Regina

Susilawati, W. 2007. Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung. tidak dipublikasikan.

Suparmin, A. 2005. Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Dalil Phytagoras (Skripsi). FT. UIN SGD. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Syah. M. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Wahyudin. 2007. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Bandung:UPI




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v1i2.2900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id