Pengembangan Modul Matematika Berbasis Matematika Realistik untuk Kelas VII SMP Semester I


Witri - Lestari(1*), Sherly Handayani(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu desain bahan ajar pembelajaran berbentuk modul yang efektif untuk memfasilitasi proses pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMP Semester I. Modul Matematika ini dibuat berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap kompetensi matematika yang seharusnya dimiliki oleh peserta didik kelas VII SMP. Alat pengambilan data berupa angket pertanyaan untuk guru sekolah. Prosedur penelitian diadaptasi dari model pengembangan instruksional (MPI) M. Atwi Suparman yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan instruksional, melakukan analisis intruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, menulis tujuan instruksional khusus,  menyusun alat penilaian hasil belajar, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, melaksanakan evaluasi formatif. Temuan penelitian yaitu dihasilkan suatu bahan ajar berbentuk modul yang sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMP pada semester.

References


Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.

---. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hobri. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: Universitas Jember.

Nia, K., Effendi, S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Analisa, 3(2), 130–137.

Puskur. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar (Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah). Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Suparman. 2014. Desain Instruksional Modern Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Zulkardi dan Ratuilma. 2010. Pengembangan Blog Support Untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id