Improving Mathematical Literacy Based on Ethnomathematical Approach in Congklak Game


Peni Permatasari(1*), Annisa Nuraeniyah Nuraeniyah(2), Dede Bungsu(3), Laras Selfiantika(4), Nenden Suciyati Sartika(5)

(1) Universitas Mathla'ul Anwar Banten, Indonesia
(2) Universitas Mathla'ul Anwar Banten, Indonesia
(3) Universitas Mathla'ul Anwar Banten, Indonesia
(4) Universitas Mathla'ul Anwar Banten, Indonesia
(5) Universitas Mathla'ul Anwar Banten, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil Program International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018, dalam kategori literasi, Indonesia menduduki peringkat ke-74 dari 79 negara, sedangkan untuk penilaian kemampuan matematika dan kemampuan sains, Indonesia berada di peringkat ke-73 dan peringkat ke-71 dari peringkat ke-79 negara peserta PISA. Dalam hal ini pengaruh literasi berperan besar dalam kemampuan matematika. Literasi matematika merupakan kemampuan memahami, memecahkan masalah, memanipulasi untuk di tuangkan sebagai bentuk matematis. Etnomatematika sebagai peranan penting dalam meningkatkan literasi matematis, karena etnomatematika memuat sebuah unsur budaya, adat istiadat maupun permainan tradisional. Pada unsur etnomatematika memiliki unsur pola matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematika melalui pendekatan etnomatematika pada permainan congklak permainan tradisional yang memuat unsur pola matematis berupa operasi hitung. Penelitian ini dilakukan pada kelas VA dan VB di SDN Menes 1, Pandeglang, Banten. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment dan desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group non-ekuivalen Design. Instrumen penelitian ini adalah dengan pengumpulan data dari tes kemampuan literasi matematis etnomatematika pada Congklak dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis antara kelas VB kelas Eksperimen dan VA kelas Kontrol. Peningkatan kemampuan literasi matematis kelas VB lebih tinggi dari kelas VB.

 

The results of the International Student Assessment Program (PISA) in 2018, in the literacy category, Indonesia was ranked 74th out of 79 countries, while for the assessment of mathematics ability and science ability, Indonesia was ranked 73rd and 71st respectively. -79 countries participating in PISA. In this case, the influence of literacy plays a major role in mathematical abilities. Mathematical literacy is the ability to understand, solve problems, manipulate to be expressed in mathematical form. Ethnomathematics plays an important role in increasing mathematical literacy, because ethnomathematics contains an element of culture, customs and traditional games. The element of ethnomathematics has elements of mathematical patterns. The aim of this research is to determine the increase in mathematical literacy skills through an ethnomathematics approach to the traditional game congklak which contains elements of mathematical patterns in the form of arithmetic operations. This research was conducted in VA and VB classes at SDN Menes 1, Pandeglang, Banten. This research is quantitative with a quasi-experimental research method and the research design is a non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The instrument of this research was data collection from ethnomathematics mathematical literacy skills tests in Congklak and interviews. The research results showed that there was a difference in increasing mathematical literacy skills between the VB experimental class and the Control class VA. The increase in mathematical literacy skills in the VB class is higher than in the VB class.


Keywords


Mathematical Literacy Ability, Ethnomathematics, Congklak

Full Text:

PDF

References


Ajmain, Herna, & Sitti Inaya Masrura. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.

Amelia, K., & Istikomah, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Tradisional Congklak di RA An-Nur Kabupaten Bungo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan …. https://www.ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/alayya/article/view/377

Arifiyah, I., Fatmawati, F. A., Mengenal, K., & Bilangan, K. (2023). PENGARUH MEDIA PERMAINAN CONGKLAK UNTUK BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK A DI TK MUSLIMAT NU. 5(1), 1–9.

Budianti, Y., Pulungan, E. N., & Nuraini, I. (2021). Pengaruh Permainan Congklak dan Gatheng Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di RA Khairu Ummah. Jurnal Raudhah, 9(1), 93–108. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.945

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy To cite this article : Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.

Handayani, F. F., & Munastiwi, E. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Di Era Digital Dan Intergrasinya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 11–20.

Handayani, T., Tisngati, U., & Sugiyono. (2020). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR Titik. 1–11.

Harbiyah, A., & Lukmanulhakim, M. R. (2022). Permainan tradisional congklak untuk mengembangkan aspek perkembangan anak usia 5-6 tahun di Paud Taman Pena. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran KHATULISTIWA, 11(10), 2095–2107. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58787

Hariastuti, R. M., Budiarto, M. T., Manuharawati, M., & Supahmi, N. P. (2022). Konsep dan aktivitas matematika dalam permainan patheng dudu. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 4(1), 46–57. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view/25058

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Kosasih, F., Juhana, J., Suratinah, S., & Riyanti, R. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa Bagi Guru Tpa Babussalam Bogor. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–61. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1329

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Tinjau Dari Resiliensi Matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1597/288

Lail, R. M., & Budiarto, M. T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Kampung Kemasan Gresik. MATHEdunesa, 11(3), 710–719. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p710-719

Madyaratri, D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29213

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan …, 13(1), 165–178. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/8834%0Ahttp://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/viewFile/8834/5341

Nuraisha, D. R., Arisetyawan, A., Guru, P., Dasar, S., & Indonesia, U. P. (2023). Jurnal perseda. VI(1), 25–32.

Quraisy, A., & Madya, S. (2021). Analisis Nonparametrik Mann Whitney Terhadap Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.35580/variansiunm23810

Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Rifa’i, R., & Sartika, N. S. (2018). Penerapan pembelajaran investigasi kelompok terhadap hasil belajar matematis siswa sekolah menengah pertama. 4(1), 43–50.

Saribu, P. B. D., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang. Jurnal Usia Dini, 4(1), 28–38.

Sartika, N. S., & S, S. R. Y. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING- PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN. 01(02), 149–159.

Siswati B. H., Salasiah, Tua S. M., Komariah Anis, Reswari Ardhana, Intan A. S., Noviyanti Titin, Cahyaningtyas A. P., Sari R. K., Sa’diyah Rika, Jamilah, Susapti Peni, Ulfah Fitria, Defyanti Vera, Dewi E. R., Wibowo D. V., Najmuridha, Rianita Dian, Tapung M. M., … Mariyama Isti. (2023). Studi Literasi Sebuah Model Metode dan Pengembangan (Vol. 1).

Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(1), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). Pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika (studi kasus pembelajaran matematika di China).




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v9i2.29766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id