Investigasi Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika


Rifqoh Thoyyibah(1*), Elly Susanti(2)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa harus belajar untuk berpikir secara aljabar karena berpikir aljabar menjadi bagian dari beberapa cara berpikir dalam pembelajaran matematika. Berpikir aljabar erat juga kaitannya dengan membuat pola generalisasi. Berpikir aljabar merupakan berpikir yang menyatakan keterkaitannya ke dalam hubungan umum, lalu membandingkan dan memanipulasinya. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik untuk mengasah kemampuan berpikir aljabar. Namun faktanya kemampuan berpikir alajabar peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk melakukan investigasi terhadap kemampuan berpikir alajar peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu satu soal cerita materi aljabar dan pedoman wawancara. Uji keabsahan data menggunakan validitas internal (credibility) dalam bentuk triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan matematika yang baik juga memiliki kemampuan berpikir aljabar yang baik karena peserta didik mampu memenuhi semua indikator yaitu genarsional, transformasi, dan level meta global dengan tepat. Peserta didik dengan kemampuan matematika sedang hanya mampu memenuhi indikator transformasi, dan level meta global, namun dengan jawaban tidak tepat. Peserta didik dengan kemampuan matematika rendah memenuhi indikator transformasi, dan level meta global, namun dengan jawaban tidak tepat.

 

Students must learn to think algebraically because algebraic thinking is part of several ways of thinking in learning mathematics. Algebraic thinking is also closely related to making generalization patterns. Algebraic thinking is thinking that expresses connections into general relationships, then compares and manipulates them. Therefore, it is important for students to hone algebraic thinking skills. However, the fact is that students' algebraic thinking abilities are still low. The aim of this research is to investigate students' natural thinking abilities in solving mathematical problems. The approach used is qualitative descriptive research. The instruments in this research were one algebra story question and an interview guide. Data validity testing uses internal validity (credibility) in the form of technical triangulation. The results of this research show that students with good mathematical skills also have good algebraic thinking skills because students are able to fulfill all indicators, namely genarsional, transformational, and global meta levels correctly. Students with moderate mathematical abilities are only able to fulfill the transformation indicators and global meta level, but with incorrect answers. Students with low mathematical abilities meet the transformation indicators and global meta level, but with incorrect answers.


Keywords


Kemampuan Berpikir Aljabar, Pemecahan Masalah Matematika, Kualitatif

References


Anita. (2016). Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar pada Soal Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Palopo.

As`ari, A. R., Tohir, M., Taufiq, I., Valentino, E., & Imron, Z. (2017). Matematika Kelas VII Semester 1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63–77. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59

Booker, G., & Windsor, W. (2010). Developing algebraic thinking: Using problem-solving to build from number and geometry in the primary school to the ideas that underpin algebra in high school and beyond. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 411–419. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.057

Chairunisa, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Proses Berpikir Aljabar Peserta didik SMP Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Matematika Dan Gender. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 85–95. https://doi.org/10.21067/jip.v10i2.4347

Medová, J., Bulková, K. O., & Čeretková, S. (2020). Relations between generalization, reasoning and combinatorial thinking in solving mathematical open-ended problems within mathematical contest. Mathematics, 8(12), 1–20. https://doi.org/10.3390/math8122257

Muthiah, M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Bealajar Peserta didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match pada Materi Barisan dan Deret Kelas X MAN Sigli 1 Pidie. Journal on Mathematics Education.

Rahmawati, A. W., Juniati, D., & Lukito, A. (2019). Algebraic Thinking Profiles of Junior High Schools’ Pupil in Mathematics Problem Solving. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 202–206. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.137

Riskon, M., & Rochmad, R. (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Peserta didik Menggunakan Model Creative Problem Solving. Prosiding Seminar …. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/304/398

Sukmaningrum, R., & Kurniasari, I. (2022). Profile of student’s algebraic thinking in solving mathematics problems reviewing from adversity quotient. Jurnal Pijar Mipa, 17(2), 252–259. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3349

Widyawati, Astuti, D., & Ijudin, R. (2018). Proses Berpikir Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–8




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v10i1.30022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id