Cognitive Flexibility in Developing Higher-Order Thinking Skills in the Course of Ring Theory


Ida Nuraida(1*), Hamdan Sugilar(2)

(1) Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Mata kuliah Teori Ring merupakan salah satu mata kuliah bidang matematika yang cukup ketat dalam memberlakukan sistem deduktif-aksiomatik, namun mahasiswa kesulitan memecahkan masalah karena kurang bisa berpikir secara fleksibel saat menerima informasi baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara cognitive flexibility dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher-Order Thinking Skills (HOTS). Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional Ex Pose Facto. Penelitian dilakukan di Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan jumlah mahasiswa yang diteliti sebanyak 120 orang sebesar 1,2%. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Cognitive Flexibility memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar . Pengaruh positif ini bermakna semakin meningkatnya Cognitive Flexibility mahasiswa maka akan berpengaruh terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi mahasiswa, sehingga akan memberikan impact pada kemampuan yang dihasilkan dari keterampilan mengerjakan soal HOTS terhadap kemampuan fleksibilitas kognitif yang pada akhirnya terwujud sebuah produk manusia yang siap menghadapi tantangan kompleksitas masalah.

 

The Ring Theory course is one of the mathematics courses that are quite strict in applying deductive-axiomatic systems, but students have difficulty solving problems because they are less able to think flexibly when receiving new information. This study aimed to determine the relationship between cognitive flexibility and Higher-Order Thinking Skills (HOTS). The research method used is correlational Ex Pose Facto. The research was conducted at the Mathematics Education UIN Sunan Gunung Djati Bandung with the number of students studying as many as 120 people amounting to 1.2%. The data analysis technique used is a simple linear regression test. Based on the study results, it can be concluded that Cognitive Flexibility positively influences higher-order thinking skills. This positive influence means that the increasing Cognitive Flexibility of students will affect the improvement of students' higher-order thinking skills, it will have an impact on the abilities resulting from the skills of doing HOTS  questions on the ability of cognitive flexibility which ultimately materializes a human product that is ready to face the challenges of problem complexity.


Keywords


Higher-Order Thinking Skills, Cognitive Flexibility, Ring Theory

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 419–426. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2211

Amelia, D., Susanto, & Fatahillah, A. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. JURNAL EDUKASI UNEJ, II(1), 1–4. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3402/2656

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Urnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Cañas, J. J., Fajardo, I., & Salmerón, L. (2006). Cognitive Flexibility. In Cognitive Flexibility (pp. 296–300). ResearchGate. https://doi.org/10.13140/2.1.4439.6326

Dennis, J. P., & Vander Wal, J. S. (2010). The cognitive flexibility inventory: Instrument development and estimates of reliability and validity. Cognitive Therapy and Research, 34(3), 241–253. https://doi.org/10.1007/S10608-009-9276-4

Elia, I., Van den H Euvel-Panhuizen, M., & Kolovou, A. (2009). Exploring Strategy Use and Strategy Flexibility in Non-Routine Problem Solving by Primary School High Achievers in Mathematics. ZDM, 41(5).

Gilbert, J., & Gilbert, L. (2000). Elements of Modern Algebra (5th ed.). Brooks/Cole.

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 189–203.

Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.931

Kim, J., Jin, B., & Swinney, J. . (2009). The Role Of Etail Quality, E-Satisfaction And E-Trust In Online Loyalty Development Process. Journal Of Retailing And Consumer Services, 16(4), 239–247.

Mardiyanti, A. S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946.

Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Infinity Journal, 3(2), 174. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62

Nurul Oktaviani, N., Kuswarini Suprapto, P., & Faisal Mustofa, R. (2020). Hubungan Antara Fleksibilitas Kognitif Dengan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN Kota Tasikmalaya. Jurnal Bioterdidik, 9(1), 87–94. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i110

Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.218

Rahayuningsih, S., Sirajuddin, S., & Nasrun, N. (2020). Cognitive flexibility: exploring students’ problem-solving in elementary school mathematics learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(1), 59–70. https://doi.org/10.23917/JRAMATHEDU.V6I1.11630

Rosyid, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Ring Materi Ideal. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 80. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1660

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Septiati, E. (2021). Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengkonstruksi Bukti Matematis Pada Mata Kuliah Analisis Real. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6761

Setiawati, E. (2016). KONSELING TRAUMATIK Pendekatan Cognitif-Behavior Therapy. Al-Tazkiah : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(2 SE-Articles), 81–96. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/view/1182

Sugilar, H. (2017). Implementasi model perkuliahan assesment for learning dalam meningkatkan kemampuan pembuktian pada mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Persfektif, 1(1).

Sugilar, H., & Nuraida, I. (2022). Cognitive Flexibility in terms of Mathematics Education Student Learning Outcomes. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 49–58. https://doi.org/10.25217/numerical.v6i1.1844

Wahyuni, S., Wijayanti, I. E., Yuwaningsih, D. A., & Hartanto, A. D. (2016). Teori Ring dan Modul (Pertama). Gadjah Mada University Press.

Widana, I. W., Adi, S., H., Abdi, J., M., & Istiqomah. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Matematika. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.58

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, October 2018, 1–18.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v9i2.30146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id