Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bilangan Satuan


Aulia Zuhrotul Badriyah(1), Fitri Yuliawati(2*), Shinta Melia Khoirini’mah(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang penting sehingga tidak asing kalau matematika dinobatkan sebagai ratu, karena dalam perkembangannya matematika tidak bergantung pada ilmu yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas 3 dalam belajar matematika, penyelesaian masalah dan faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika. Karena apabila peserta didik belum memahami materi matematika terlebih materi dasar, maka akan kesulitan mempelajari pelajaran lainnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa di kelas III di salah satu MI di Bantul dan siswa tersebut tinggal di asrama. Ditemukan siswa mengalami kesulitan mempelajari matematika pada materi bilangan satuan, Siswa masih bingung membedakan antara bilangan satuan, puluhan dan ratusan. Siswa masih sering terbalik dalam membedakan bilangan satuan, puluhan dan ratusan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar seperti kurangnya minat peserta didik terhadap pelajaran matematika, kurangnya motivasi belajar dari dalam diri serta kurangnya penggunaan media belajar.

 

Mathematics is an important subject so it is not surprising that mathematics is crowned queen, because in its development mathematics does not depend on other sciences. The aim of this research is that this research aims to determine the difficulties of grade 3 students in learning mathematics, solving problems and the factors that make students have difficulty learning mathematics. Because if students do not understand mathematics material, especially basic material, they will have difficulty learning other lessons. The type of research used is qualitative method research with a case study approach. The subject of this research was a student in class III at one of the MI in Bantul and the student lived in a dormitory. It was found that students had difficulty learning mathematics on unit numbers. Students were still confused about differentiating between units, tens and hundreds. Students still often have problems distinguishing between units, tens and hundreds. There are several factors that cause learning difficulties, such as students' lack of interest in mathematics lessons, lack of inner motivation to learn and lack of use of learning media.


Keywords


Kesulitan Matematika, Faktor Kesulitan, Siswa Sekolah Dasar

References


Ahmad Rifai Nurdiansyah, Yaya S. Kusumah, & Bambang Avip Priatna. (2023). The Development of Website-based Faimathematics in Mathematics Learning to Increase Student Learning Interest. Jurnal Analisa : Prodi Pendidikan Matematika, Vol 9 No. 2.

Anisa, F. W., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosia, 2.

Dian Novitasari. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibbonaci : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol. XI No. 1.

Hilman Robbany Arham & Alpha Galih Adirakasiwi. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dasar. Jurnal Didactical Mathematics, 4 No. 2.

Kun Ajengprabandari. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 4 Genengadal. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mariani Sitanggang, Mulyono, & Sahat Saragih. (2022). The Development of Problem Solving-Based Interactive Learning Media to Improve Mathematical Communication and Self—Regulated Skills. Jurnal Analisa, Vol 8 No. 2.

Moh. Fatah, Fitriah M. Suud, & Moh. Toriqul Chaer. (t.t.). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, Vol 19 no.1.

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3 No. 2.

Narko, Moh. Juhadi, Nova Sepriyanti, Wijiati, Juliardin, & Molli Wahyuni. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas III Di SD Negeri 001 Ukui. Innovative: Journal Of Social Science Research, Volume 4 Nomor 1.

Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.06

Nur Rahmah. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. al-Khwarizmi, Volume 2.

Nurul Amallia & Een Unaenah. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, Vol. 3 (2).

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/

Saefiana, Fitri Dini Sukmawati, & Rahmawati. (2022). Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar. Mahaguru : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dsar, Vol. 3 Nomor 1.

Siti Maysarah. (2020). Development of algebraic structure teaching materials to overcome learning difficulties for students. Jurnal Analisa : Prodi Pendidikan Matematika, Vol 6 No. 2.

Siti Nurfaizah & Putri Oktavia. (2020). Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Di Mi Nurul Hikmah. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 2, Nomor 1.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol II, Nomor 1,.

Theopilus C. Motoh. (2021). Pembelajaran Matematika Di Sma Negeri 1 Dampal Utara Pada Masa Pandemi Covid-19. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, Vol. 3, No. 1,.

Triayuni Hartati & Ellis Mardiana Panggabean2. (t.t.). Karakteristik Teori-teori Pembelajaran. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), Vol. 4 No. 1.

Ufi Dwidarti, Helti Lygia Mampouw, & Danang Setyadi3. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3 no. 2.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 71281.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v10i1.35617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id