Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan


Deden Wahyu Hidayat(1*), Heni Pujiastuti(2)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis khususnya pada materi Himpunan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 4 Maja kabupaten lebak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara. Langkah-langkah penyelesaian masalah yang dianalisis terdiri atas empat tahap, yaitu; memahami soal, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kesalahan memahami soal sebesar 4,4%; kesalahan menyusun rencana sebesar 16,5%; kesalahan melaksanakan rencana sebesar 17,0%; dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh sebesar 14,8%. Kesalahan melaksanakan rencana disebabkan siswa kurang hati-hati dalam melakukan perhitungan matematika dan siswa juga kurang hati-hati dalam menentukan kesimpulan terhadap permasalahan yang diberikan.


References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, Dan Remediasinya. Jakarta: Rineka.

Ali, M. (1993). Strategi penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Diona Amelia, Susanto, A. F. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember Basic Cognitive Bloom Taxonomy Class VII-A in SMPN 14 Jember ). Jurnal Edukasi UNEJ, 2(1), 1–4.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84.

Mulyati. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read-Replect-Recite-Review. Jurnal Analisa, II(September), 36–55.

Nugrahani, A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman pada Siswa Kelas VII A SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. https://doi.org/10.1177/1757913914566549.

Nurul Farida. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP KELAS VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(2), 42–52.

Rohimah, S., & Maryono, I. (2017). Implementasi Advance Organizer Dan M-Apos Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal Analisa, 3(1), 93–105.

Susilawati, E., Syaf, A. H., & Susilawati, W. (2017). Pendekatan Eksplorasi Berbasis Intuisi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Pendidikan Matematika, 3(2), 138–147.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id