Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa


Cici Nenden Dewi(1), Agus Hkmat Syaf(2), Ehda Farlina(3*)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa masih perlu ditingkatkan, salah satu cara untuk meningkatkannya digunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC). Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui self confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Situraja tahun ajaran 2023/2024 dengan mengambil dua sampel dari sepuluh kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) lebih baik secara signifikan daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dan self confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) menunjukkan respon positif. Hal ini memperlihatkan bahwa adanya pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan self confidence siswa.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC), Self Confidence Siswa

References


Alec, F. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Amaliya, N. R., Halik, A., & Mukhlisa, N. (2021). Analisis Butir Soal Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makassar. Pinisi Journal of Education.

Andini, V., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Sesiomadika: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 602-609.

Anisah, F. (2013). Teknik Restukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Harga Diri (Self-Esteem Peserta Didik). (Skripsi). Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Arif, D. S., Zaenuri, & Adi, N.C. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning Berbantu Media Pembelajaran Interaktif Dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, no. 2018: 323–28.

Ayu, S, Ardianti, S. D., dan Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.

Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Educational Researcher, 18, 4-10.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. New Jersey. Prentice-Hall Inc.

Fitriana, S. N., & Risma, A. (2019). Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa SMK menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Ghufron & Risnawati, N. M. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hendriana, H.H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2017). Strategi belajar mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hanifa, D. A., & Nanang, P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Suara Intelektual Gaya Matematika : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika.

Hery, S dkk. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 2 : 207.

Hidayanti, R. A., & Syahri', A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. Suara Intelektual Gaya Matematika, 71–80.

Indrawan, B., & Kaniawati D. R. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.239

Jihad, A., & Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Jihad, A. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Cipta Persada Bandung.

Jumri, R., & Engga, P. D. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(2), 153–160. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Kagan, S. (1993). Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) . http://www.kajianpustaka.com/2013/11/model-pembelajaran-lingkaran-dalam-dan.html

Kariadinata, R. (2010). Kemampuan Visualisasi Geometri Spasial Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kelas X Melalui Software Pembelajaran Mandiri. Jurnal Edumat 1 (2), 1-13

Kariadinata, R., & Abdurrahman , M. (2015). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114

Lauster, P. (2015). Tes Kepribadian (Gulo (ed.)). Bumi Aksara.

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian. Terjemahan D. H. Gulo. Jakarta: Bumi Aksara

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.

Lie, A. (2018). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Maesaroh, S. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Misfalla Roudlo P. A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemdirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 20, 292–297.

Murdiana, dkk (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. vol. 5, no, pp. 152-160

Muthiah, F. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII Penghafal Al-Qur'an di MTS Jami'atul Qurro Oalembang Pada Materi Peluang. Tesis : Universitas Pendidikan Indonesia.

Pamintaningsih, A. R., Masykur, R., & Suherman, S. (2022). MODEL PEMBELAJARAN CRI DENGAN TEKNIK IOC: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 143-159.

Rahayu, Y. N. (2014). Statistika Pendidikan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Rahayu, A. Y. (2013). Anak Usia TK: Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT. Indeks.

Retni, P. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 306–325

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177.

Shasa, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMAN Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023. Thesis, Universitas Pasundan.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silviana, V. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: Bandar Lampung.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sufren , Y. N. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabet

Sumarmo, U., dkk. (2012). Mengembangkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dan Srategi Think-Talk-Write. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 17, No.1, April, hal: 17-33.

Suwarma, D. M. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.

Syaiful, B. D., & Aswan, Z. (2007). Strategi Belajar Mengajar .Jakarta :Rineka Cipta.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102

Syamsul, H., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. p.562-569.

Syamsuriyawati, S., Khaerani, K., & Setyawan, D. (2022). Pengaruh Metode Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 97-106.

Pangestu, R. A., & Sutirna, S. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika. Maju, 8(1), 505035.

Permendikbud. (2016). Standar Kompetensi Lulusan No. 20 Tahun 2016. Kemendikbud, 3(2), 13–22.

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750.

Purwanto, M. N. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Umbara Hanifa, D. A. D., & Priatna, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence. Sigma, 8(1), 48. https://doi.org/10.53712/sigma.v8i1.1690




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v10i2.41262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id