Aktivitas Pemodelan Matematis dalam Praktik Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v10i2.41641Keywords:
Pemodelan, Pengetahuan Konten Pedagogis, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pedagogical content knowledge (PCK) dalam praktik pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Kejuruan. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa foto dan video mengajar. Prosedur penelitian meliputi pemberian lembar kuesioner dan pelaksanaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Data observasi menunjukkan bahwa guru berhasil memotivasi siswa melalui penyajian masalah nyata yang relevan dan sistematis, namun masih terdapat kekurangan dalam fase formulasi model, validasi pemahaman, serta pengembangan tugas pemodelan yang menggali aplikasi logika dalam konteks dunia nyata. Selain itu, penggunaan teknologi atau media pembelajaran interaktif masih terbatas. Studi ini merekomendasikan peningkatan pada pendampingan siswa dalam menyusun model matematika, penggunaan masalah kontekstual yang lebih kaya, dan pengintegrasian media interaktif untuk memperkaya pengalaman belajar. Temuan ini memberikan wawasan untuk pengembangan strategi pembelajaran logika matematika yang lebih efektif.References
Ambarsari, I. F., & Hasanah, N. (2022). Peran Pembelajaran Pemodelan Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(3), 1110–1120. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i3.629
Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.
Fitri Ghina Lubis, Anggita Deswina Putri, Rezaldy Azhary Irvan, & Nurul Zahriani Jf. (2022). Guru Profesional Sebagai Komunikator dan Fasilitator Pembelajaran Bagi Siswa. Cendekiawan : Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v1i1.25
Greefrath, G., Siller, H.-S., Klock, H., & Wess, R. (2022). Pre-service secondary teachers’ pedagogical content knowledge for the teaching of mathematical modelling. Educational Studies in Mathematics, 109(2), 383–407. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10038-z
Hafid, H. (2019). Pendidik Profesional. Tafhim Al-’Ilmi, 11(1), 47–65. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i1.3554
Herizal, H., Nuraina, N., Rohantizani, R., & Marhami, M. (2022). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2665
Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494
Junaidi, Syahputra, A., Asmarika, Syafitri, R., & Wismanto. (2023). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam Pembinaan Akhlak di SDIT Uwais Al Qarni Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3).
Litiloly, S. R., & Salampessy, N. (2020). Analisis Pemahaman Guru Terkait Konten Geometri Dalam Implementasi Pembelajaran. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 135. https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.109
Makaraka, A., Ilyas, M., & Ma’rufi, M. (2021). Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Perempuan Calon Guru Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Prestasi Akademik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1336
Nopriyeni, & Sulaiman, E. (2022). The Profile of Students’ Pedagogical Knowledge on the Implementation of Mentoring Program . Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3).
Novianti, D. E. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Materi Logika Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 24. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.191
Nuraeni, A., Nana, N., & Surahman, E. (2022). Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Dalam Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.4909
Nurhaidah, & Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4).
Onyango, J. M. (2022). Influence of the Principals Decision Making Skills on Students’ Academic Outcome in Public Teachers Training Colleges in Nyanza Region. In Kenya. Journal of Research Innovation and Implications in Education (Vol. 6, Issue 3). www.jriiejournal.com
Romadiastri, Y. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 76. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.419
Safriana, S. (2019). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching. Science Education and Application Journal, 1(2), 62. https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.104
Solihat, A. N., Suminawati, S., & Afriza, E. F. (2019). Implementasi pedagogical content knowledge (pck) dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaaN, 7(1), 69. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n1.p69-76
Solihin, R., Iqbal, M., & Muin, M. T. (2021). Konstruksi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i2.1085
Sukirman, S., & Dewi, T. ratna. (2021). Keterampilan Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 66–72. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031
Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan Pedagogik Guru. https://doi.org/10.31227/osf.io/wnc47
Supratman, Moh., Rahmawati, H., & Solihah, F. (2024). Analisis Kompetensi Pedagogis Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Matematis Siswa. Mathematics Education And Application Journal (META), 5(2), 78–88. https://doi.org/10.35334/meta.v5i2.4860
Susanto, B. W., Lasmiadi, Wismanto, & Zafirah, A. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik. Hikmah:JurnalPendidikanAgamaIslam, 12(2).
Sutamrin, S., Rosidah, R., & Zaki, A. (2022). The Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Prospective Teachers. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 399–405. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1291
Suwarma, D. M., Hersiyati Palayukan, Nasruddin, Sitti Rahmayani, & Syarifuddin. (2024). Analisis Perkembangan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Perspektif Studi Longitudinal. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3585–3597. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1361
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Zulkarnaen, R. (2020). Konsepsi Siswa dalam Proses Pemodelan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3638
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).