Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral


Erma Monariska(1*)

(1) Universitas Suryakancana, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Integral merupakan konsep yang penting dalam kalkulus selain turunan. Integral memiliki peranan yang penting dalam berbagai bidang sains dan industri. Integral juga banyak dipergunakan dalam memecahkan persoalan dalam berbagai bidang seperti volume, panjang kurva, perkiraan populasi, usaha, dan lain-lain. Namun demikian sebagian besar mahasiswa menganggap bahwa materi integral merupakan materi yang sulit dipahami. Oleh karena itu perlu adanya suatu kajian tentang kesulitan yang dialami mahasiswa pada materi integral dan faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan kesulitan tersebut mengingat sangat pentingnya konsep ini dalam menempuh mata kuliah berikutnya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, subjeknya adalah mahasiswa tingkat II semester empat Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana Cianjur tahun akademik 2017-2018. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami mahasiswa terletak pada kemampuan matematis yang dimiliki mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal integral. Kemampuan tersebut meliputi lemahnya atau kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap teorema dasar kalkulus terutama pada konsep turunan. Kesulitan yang dialami mahasiswa terletak pada kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam keterampilan proses (termasuk kesalahan perhitungan algoritma, penulisan simbol, dan kesalahan pemisalan sebelum melakukan pengintegalan), serta kesalahan karena kurang cermat dalam mengerjakan soal dan mengelola waktu yang disediakan dalam menjawab dan menyelesaikan soal-soal integral sehingga soal tidak dapat terselesaikan dengan baik. Adapun faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral adalah kurangnya latihan dalam mengerjakan soal-soal integral dan lemahnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep teorema dasar kalkulus. Setelah dilakukan analisis dan kajian tentang masalah ini diharapkan adanya perbaikan baik dalam segi  kurikulum, metode pembelajaran maupun pengembangan bahan ajar.

 

Integral is an important concept in calculus other than derivative. Integral has an important role in various fields of science and industry. Integral is also widely used in solving problems in various fields such as volume, curve length, population estimates, effort, and so on. However, most students assume that integral material is an elusive material. Therefore, there is a need for a study of the difficulties experienced by students in integral material and what factors cause these difficulties given the very importance of this concept in taking the next course. The research method uses a qualitative descriptive method. In this study, the subject was the fourth semester level II student of Mathematics Education Study Program, Suryakancana University, Cianjur, 2017-2018 academic year. Data collection techniques are carried out using test instruments and interviews. The results showed that the learning difficulties experienced by students lay in the mathematical abilities students have in solving integral questions. These capabilities include the weakness or lack of understanding of students on the basic theorem of calculus, especially in the concept of derivatives. The difficulties experienced by students lie in errors in understanding the problem, errors in process skills (including algorithmic calculation errors, symbol writing, and example errors before conducting the integration), as well as errors due to inaccurate work on the problem and managing the time provided in answering and solving problems It's an integral so the problem can't be solved properly. The factors that cause student learning difficulties in integral material are the lack of training in working on integral questions and the weak understanding of students about the concept of the basic calculus theorem. After analysis and study of this problem, it is expected that there will be improvements both in terms of curriculum, learning methods and the development of teaching materials.


References


Nguyen Phu Loc dan Tran Cong Thai Ho. 2014. “A Survey Of 12th Grade Students ’Errors In Solving Calculus Problem,” International Journal Of Scientific & Technology Research, vol 3 ISSUE 6 h. 1. [online]. Tersedia pada : https://pdfs.semanticscholar.org/33dc/919673b3e3de99f1e66b ef993d2d0ef812ad.pdf. [20 Januari 2018].

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta..

Lerner. 1981. Learning Disabilities : Theories, Diagnosis, dan Teaching Strategies. Boston : Houghton Mifflin.

Mulyadi, H. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta : Nuha Litera.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Analisa  licensed under a Creative Commons International License. Attribution-ShareAlike 4.0 . Copyright protected by law

Jurnal Analisa has indexed by:

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id