Analisis habits of mind(HoM) mahasiswa calon guru matematika

Authors

  • Asep Ikin Sugandi IKIP Siliwangi
  • Rippi Maya

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4563

Keywords:

Habits of Minds, Mahasiswa calon guru matematika

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui Habits of Mind  matematik mahasiswa calon guru dilihat dari 16 indikator dan tiap indikator dari habits of mind. Subjek dalam  penelitian ini adalah mahasiswa calon guru berjumlah 45 orang terdiri dari 39 orang perenpuan dan 6 orang laki-laki .  Tujuan dalam penelitian ini untuk menelaah bagaimana habits of mind matematik mahasiswa calon guru matematika  dilihat dari seluruh inidkator maupun per indikator berdasarkan presentase dan nilai rata-rata yang didapat oleh mahasiswa calon guru matematika dan  menelaah dari 16 indikator habits of mind yang diteliti pada indikator yang mana  sikap mahasiswa calon guru matematika bersifat sangat kuat, kuat dan cukup dan bersifat positif atau negatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pengisian  angket habits of mind. Berdasarkan hasil  analisis data angket Habit of Minds didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan sikap mahasiswa calon guru matematika berada pada kriteria kuat, indikator tertinggi didapat pada indikator berpikir luwes, sedangkan indikator terendah terletak pada indikator berani bertanggung jawab dan menghadapi resiko. Kemudian berdasarkan rata-rata nilai sikap mahasiswa calon guru matematika secara keseluruhan terhadap 16 indikator habits of mind berada pada level positif. Indikator tertinggi terletak pada berpikir luwes sedangkan indicator teendah terletak pada indicator berani bertanggung jawab dan menghadapi resiko.

References

Elyousif, Y. A. K., & Abdelhamied, N. E. (2013). Assessing Secondary School Teachers’ Performance in Developing Habits of Mind for The Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(1032), 1–13.

Gloria, R. Y., & Indriyanti, D. R. (2018). Costa-Kallick’s Habits of Mind in Practical Activities of Students as Biology’s Teacher Candidates. EDUSAINS, 10(1), 16–21.

Gordon, M. (2016). Habits of Mind—The Heart of the Mathematics Curriculum: Some Instances. In Enabling Students in Mathematics (pp. 31–45). Springer.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (I). Bandung: Refika Aditama.

Johnson, R. (2012). Developing Habits of Mind for Numeracy in A Low-Literacy Classroom: a Focus on Attitudes. MinneWiTESOL Journal, Volume 29, 2012.

Mark, J., Cuoco, A., Goldenberg, E. P., & Sword, S. (2010). Developing Mathematical Habits of Mind. Mathematics Teaching in the Middle School, 15(9), 505–509.

Pólya, G., & Conway, J. H. (2005). How to Solve It: a New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press Princeton, NJ.

Riduwan. (2008). MBA “Metode dan Teknik Menyusun Tesis.†Alfabeta, Bandung.

Sauri, S. (2010). Membangun Karakter Bangsa melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1–15.

Published

2019-06-27