Analisis habits of mind(HoM) mahasiswa calon guru matematika
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4563Keywords:
Habits of Minds, Mahasiswa calon guru matematikaAbstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui Habits of Mind matematik mahasiswa calon guru dilihat dari 16 indikator dan tiap indikator dari habits of mind. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru berjumlah 45 orang terdiri dari 39 orang perenpuan dan 6 orang laki-laki .  Tujuan dalam penelitian ini untuk menelaah bagaimana habits of mind matematik mahasiswa calon guru matematika dilihat dari seluruh inidkator maupun per indikator berdasarkan presentase dan nilai rata-rata yang didapat oleh mahasiswa calon guru matematika dan  menelaah dari 16 indikator habits of mind yang diteliti pada indikator yang mana sikap mahasiswa calon guru matematika bersifat sangat kuat, kuat dan cukup dan bersifat positif atau negatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pengisian  angket habits of mind. Berdasarkan hasil  analisis data angket Habit of Minds didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan sikap mahasiswa calon guru matematika berada pada kriteria kuat, indikator tertinggi didapat pada indikator berpikir luwes, sedangkan indikator terendah terletak pada indikator berani bertanggung jawab dan menghadapi resiko. Kemudian berdasarkan rata-rata nilai sikap mahasiswa calon guru matematika secara keseluruhan terhadap 16 indikator habits of mind berada pada level positif. Indikator tertinggi terletak pada berpikir luwes sedangkan indicator teendah terletak pada indicator berani bertanggung jawab dan menghadapi resiko.
References
Elyousif, Y. A. K., & Abdelhamied, N. E. (2013). Assessing Secondary School Teachers’ Performance in Developing Habits of Mind for The Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(1032), 1–13.
Gloria, R. Y., & Indriyanti, D. R. (2018). Costa-Kallick’s Habits of Mind in Practical Activities of Students as Biology’s Teacher Candidates. EDUSAINS, 10(1), 16–21.
Gordon, M. (2016). Habits of Mind—The Heart of the Mathematics Curriculum: Some Instances. In Enabling Students in Mathematics (pp. 31–45). Springer.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (I). Bandung: Refika Aditama.
Johnson, R. (2012). Developing Habits of Mind for Numeracy in A Low-Literacy Classroom: a Focus on Attitudes. MinneWiTESOL Journal, Volume 29, 2012.
Mark, J., Cuoco, A., Goldenberg, E. P., & Sword, S. (2010). Developing Mathematical Habits of Mind. Mathematics Teaching in the Middle School, 15(9), 505–509.
Pólya, G., & Conway, J. H. (2005). How to Solve It: a New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press Princeton, NJ.
Riduwan. (2008). MBA “Metode dan Teknik Menyusun Tesis.†Alfabeta, Bandung.
Sauri, S. (2010). Membangun Karakter Bangsa melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1–15.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).