Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SMK kelas XII pada pelajaran matematika

Siti Julaecha, Abdul Baist

Abstract


Kemandirian belajar siswa merupakan peran serta aktif dari siswa secara metakognitif dalam proses pembelajaran yang mereka alami untuk mencapai suatu kompetensi. Kemandirian belajar perlu dimiliki oleh siswa dalam rangka mencapai keberhasilan di sekolah. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti, kemandirian belajar siswa kelas XII salah satu SMK di Kota Tangerang sebagian besar masih rendah. Sementara itu hasil belajar siswa pada pelajaran matematika sebagian besar mendapatkan hasil yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dalam bentuk korelasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif secara signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 0,400.


Keywords


kemandirian belajar, hasil belajar

References


Dörrenbächer, L., & Perels, F. (2016). Self-regulated learning profiles in college students: Their relationship to achievement, personality, and the effectiveness of an intervention to foster self-regulated learning. Learning and Individual Differences, 51, 229–241. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.09.015

Ningsih, R. (2010). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.1057/9780230248359

Rahmad, F., Silalahi, J., & Sandra, N. (2015). HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATIKA MAHASISWA JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG. CIVED, 3(3), 781–790. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/5215

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2017). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V1I1.61

Sumarmo, U. (2004). KEMANDIRIAN BELAJAR: APA, MENGAPA, DAN BAGAIMANA DIKEMBANGKAN PADA PESERTA DIDIK Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI. Makalah Pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UNY Yogyakarta, 1–9. https://doi.org/10.1111/j.1095-8312.2011.01677.x

Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–201. https://doi.org/10.1080/02626667.2014.983516

Tanriseven, I. (2014). A Tool That Can Be Effective in the Self-regulated Learning of Pre-service Teachers: The Mind Map. Australian Journal of Teacher Education, 39(1). https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n1.1

Vivi Yandari, I. A., Pamungkas, A. S., Nindiasari, H., Karso, Khaerunnisa, E., & Nurjanah. (2018). Self-Regulated Learning in Designing Explorative Learning Tools Among Mathematics Pre-service Teachers through Explorative Module. SHS Web of Conferences, 42, 00106. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200106

Wastono, F. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Smk Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 396–400. https://doi.org/10.2337/diacare.17.2.152

Zimmerman, B. J. . (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 1–23. Retrieved from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.215.2089&rep=rep1&type=pdf




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.4752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Matematika: Jurnal Analisa  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 . Hak cipta dilindungi undang-undang

Journal Analisa has indexed by:

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id