Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Teorema Pyhtagoras
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v11i2.52213Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis problem based learning berbantuan augmented reality pada materi teorema pyhtagoras. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penggembangan dengan menggunakan prosedur model tessmer. Penggunaan angket validitas, praktikalitas dan efektifitas sebagai sumber data dalam penelitian ini. penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas VIII C di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penggunaan e-modul dalam pembelajaran dinyatakan berkategori sangat valid berdasarkan hasil penilaian tim ahli materi dan desain dengan perolehan persentase (89,18%, dan 89%), sedangkan e-modul dinyatakan berkategori sangat praktis oleh guru dan siswa dengan perolehan persentase (96,25% dan %), sedangkan e-modul dinyatakan sangat efektif dengan memperolehan persentase (88,31%). Dengan e-modul dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Diharapkan dengan adanya penelitian menjadi rekomendasi untuk peneliti selanjutnya untuk mengembangkan e-modul lebih kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar metematikan dengan menerapkan model, metode dan strategi pembelajaran yang lebih baik.
References
Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., & Ariningsih, K. A. (2019). Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. 2, 176–182.
Akker, J. Van Den, Gravenmeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). No Educational Design Research Educational.
Aprilita, T. D., Handican, R., Pendidikan, M., Islam, A., Kerinci, I., Matematika, T., & Kerinci, I. (2023). Persepsi Siswa terhadap Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. 3(September), 546–560.
Arnidha, Y., Noerhasmalina, & Rekawati, D. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembeljaran Matematika. 4(2).
Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Media Puppy Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran Teorema Pyhtagoras. 04(01), 380–389.
Cahyaningsih, Y. (2020). Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(2), 90–115. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i2.60
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.
Dwi Anjani, A., Senjayawati, E., & Suciati, O. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 879–888. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.17523
Estheriani, N. G. N., & Muhid, A. (2020). Development Of Students’ Thinking Creativity In Industri Era 4.0 Through Learning Tools With Augmented Reality Media. 22(2), 118–129.
Indariani, A., Pramuditya, S. A., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel ). 7(2), 89–98.
Irwandi, Wilhotama, W., & Hartati, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investasi (GI) Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6, 572. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i2.7685
Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII A. 10(1), 1–12.
Musa’as, F., & Suparman. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Memacu Kemampuan Berfikir Kritis Abad-21. 12(3), 3162–3171. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6119
Nadia, L., Maniq, K., Karma, I. N., Nur, A., & Rosyidah, K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Pecahan. 4(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1405
Nuraini, Hartatiana, & Wardani, A. K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Book Creator Berbasis Problem Based Learning Materi Bentuk Aljabar. 14. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.855 Pengembangan
Pasaribu, F. T., Gustiningsi, T., Syafmen, W., Theis, R., Nusantara, D. S., & Sainuddin, S. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AR untuk Guru SMP di Kota Jambi. 1588–1596.
Pramudya, F. D., & Istianah, F. (2025). Pengembangan Media Virtual Lab Berbasis Website Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Materi Perubahan Energi. 13(2), 409–423.
Qur’ani, S. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Matematika. 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
Rismayanti, T. A., & Sukirwan, N. A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. 06(01), 859–870.
Sajidan, Suranto, Atmojo, I. R. W., Saputri, D. Y., & Etviana, R. (2022). Problem-Based Learning-Collaboration (Pbl-C) Model in Elementary School Science Learning in the Industrial Revolution Era 4.0 and Indonesia Society 5.0. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 477–488. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.30631
Saputri, S. E., Ramalisa, Y., Pasaribu, F. T., & Gustiningsi, T. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 5(June), 947–960.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Pg.
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, N., Kairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, N., Widya, N., & Rogayah, N. (n.d.). Buku Ajar Metode Penelitian.
Wildaniati, Y., Merliza, P., Loviana, S., & Muatika, J. (2021). Kemampuan Matematis Untuk Guru dan Calon Guru Matematika (Y. Yunanti, E. Wulantina, & W. Sri (eds.)). Metrouniv Perss.
Yadrika, G., Amelia, S., & Roza, Y. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pyhtagoras Dan Lingkaran. 12(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).