Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Teorema Pyhtagoras

Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Teorema Pyhtagoras

Authors

  • Annisa Chairani Chairani Universitas Jambi
  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi
  • Tria Gustiningsi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v11i2.52213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis problem based learning berbantuan augmented reality pada materi teorema pyhtagoras. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penggembangan dengan menggunakan prosedur model tessmer. Penggunaan angket validitas, praktikalitas dan efektifitas sebagai sumber data dalam penelitian ini. penelitian ini melibatkan 34 siswa kelas VIII C di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penggunaan e-modul dalam pembelajaran dinyatakan berkategori sangat valid berdasarkan hasil penilaian tim ahli materi dan desain dengan perolehan persentase (89,18%, dan 89%), sedangkan e-modul dinyatakan berkategori sangat praktis oleh guru dan siswa dengan perolehan persentase (96,25% dan %), sedangkan e-modul dinyatakan sangat efektif dengan memperolehan persentase (88,31%). Dengan e-modul dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Diharapkan dengan adanya penelitian menjadi rekomendasi untuk peneliti selanjutnya untuk mengembangkan e-modul lebih kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar metematikan dengan menerapkan model, metode dan strategi pembelajaran yang lebih baik.

References

Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., & Ariningsih, K. A. (2019). Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. 2, 176–182.

Akker, J. Van Den, Gravenmeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). No Educational Design Research Educational.

Aprilita, T. D., Handican, R., Pendidikan, M., Islam, A., Kerinci, I., Matematika, T., & Kerinci, I. (2023). Persepsi Siswa terhadap Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika. 3(September), 546–560.

Arnidha, Y., Noerhasmalina, & Rekawati, D. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembeljaran Matematika. 4(2).

Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Media Puppy Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran Teorema Pyhtagoras. 04(01), 380–389.

Cahyaningsih, Y. (2020). Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(2), 90–115. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i2.60

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.

Dwi Anjani, A., Senjayawati, E., & Suciati, O. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 879–888. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.17523

Estheriani, N. G. N., & Muhid, A. (2020). Development Of Students’ Thinking Creativity In Industri Era 4.0 Through Learning Tools With Augmented Reality Media. 22(2), 118–129.

Indariani, A., Pramuditya, S. A., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel ). 7(2), 89–98.

Irwandi, Wilhotama, W., & Hartati, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investasi (GI) Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6, 572. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i2.7685

Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII A. 10(1), 1–12.

Musa’as, F., & Suparman. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Memacu Kemampuan Berfikir Kritis Abad-21. 12(3), 3162–3171. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6119

Nadia, L., Maniq, K., Karma, I. N., Nur, A., & Rosyidah, K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Pecahan. 4(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1405

Nuraini, Hartatiana, & Wardani, A. K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Book Creator Berbasis Problem Based Learning Materi Bentuk Aljabar. 14. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.855 Pengembangan

Pasaribu, F. T., Gustiningsi, T., Syafmen, W., Theis, R., Nusantara, D. S., & Sainuddin, S. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AR untuk Guru SMP di Kota Jambi. 1588–1596.

Pramudya, F. D., & Istianah, F. (2025). Pengembangan Media Virtual Lab Berbasis Website Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Materi Perubahan Energi. 13(2), 409–423.

Qur’ani, S. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Matematika. 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943

Rismayanti, T. A., & Sukirwan, N. A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. 06(01), 859–870.

Sajidan, Suranto, Atmojo, I. R. W., Saputri, D. Y., & Etviana, R. (2022). Problem-Based Learning-Collaboration (Pbl-C) Model in Elementary School Science Learning in the Industrial Revolution Era 4.0 and Indonesia Society 5.0. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 477–488. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.30631

Saputri, S. E., Ramalisa, Y., Pasaribu, F. T., & Gustiningsi, T. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 5(June), 947–960.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Pg.

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, N., Kairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, N., Widya, N., & Rogayah, N. (n.d.). Buku Ajar Metode Penelitian.

Wildaniati, Y., Merliza, P., Loviana, S., & Muatika, J. (2021). Kemampuan Matematis Untuk Guru dan Calon Guru Matematika (Y. Yunanti, E. Wulantina, & W. Sri (eds.)). Metrouniv Perss.

Yadrika, G., Amelia, S., & Roza, Y. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Teorema Pyhtagoras Dan Lingkaran. 12(2).

Downloads

Published

2025-12-05
Loading...