Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat

Yulia Rahmawati Z, Melvi Muchlian

Abstract


Pendidikan dan budaya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Etnomatematika hadir untuk menjembatani antara budaya dan pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Tanpa disadari masyarakat telah melakukan berbagai aktivitas dengan meggunakan konsep dasar matematika dan ide-ide matematis. Misalnya, aktivitas berhitung dengan menyebutkan suatu bilangan, aktivitas mengukur (panjang, luas, volume, dan berat), kesenian, permainan, aktivitas jual beli (menghitung uang kembalian, laba atau rugi, dan sebagainya), dan arsitektur bangunan (Rumah Adat). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis eksplorasi etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat agar diperoleh informasi dasar dalam pengembangan ilmu etnomatematika terhadap pembelajaran matematika bidang geometri khusus pada bentuk dan ukiran rumah gadang minangkabau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan etnografi dengan analisis taksonomi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat unsur dan konsep matematika yang digunakan dalam melakukan aktivitas pembuatan rumah gadang minangkabau. Tanpa mempelajari teori tentang konsep-konsep matematika tersebut, masyarakat Minangkabau telah menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Terbukti adanya bentuk etnomatematika masyarakat minangkabau yang tercermin melalui berbagai hasil aktivitas matematika yang dimiliki dan berkembang di masyarakat minangkabau, meliputi: 1) aktivitas membuat rancangan pembangunan rumah gadang; dan 2) aktivitas membuat pola ukiran pada motif ukiran dinding rumah gadang.


Keywords


Etnomatematika, Rumah Gadang, Geometri, Eksploratif, Etnografi.

References


Abdullah, M., Antariksa, & Suryasari, N. (2015). Pola Ruang Dalam Bangunan Rumah Gadang Di Kawasan Alam Surambi Sungai Pagu – Sumatera Barat. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, 03(01).

Andika, R. P. (2014). Uraian Tentang Atap Dan Deskripsi Rumah-Rumah Adat Seluruh Indonesia. Retrieved from http://rakaraperz.blogspot.co.id/2014/08/Uraian-tentang-atap-dan-deskripsi-rumah-rumah-adat-seluruh-indonesia.html

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. Retrieved from http://www.math.utep.edu/Faculty/pmdelgado2/Math1319/History/DAmbrosio.pdf

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika Dalam Mendukung Literasi. Jurnal Prisma 1, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Fauziah, & Niniwati. (2017). Ethno-Mathematics Exploration On The Carvings Of Rumah Gadang In South Solok. Ijrdo-Journal Of Educational Research, 02(11), 134–148.

Fauziah, & Yusfitri, R. Al. (2018). Ethno-Mathematics In Learning Mathematics On The Material Of The Social Arithmetic In The Tradition Of Malamang In Nagari Ulakan Pariaman. American Journal Of Engineering Research (Ajer), 7(10), 271–275.

Fitriza, R., Afriyani, D., Turmudi, & Juandi, D. (2018). The Exploration Of Ethno-Mathematics Embedded On Traditional Architecture Of Rumah Gadang Minangkabau. 160(Incomed 2017), 270–276.

Koetjaraningrat. (1985). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Fibonacci: Jurnal Pendidkan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58–71.

Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika Di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80–89.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Mathedunesa, 1(1).

Ratna, N. K. (2005). Sastra Dan Cultural Studies: Representasi Fiksi Dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sroyer, A. M., Nainggolan, J., & Hutabarat, I. M. (2018). Exploration Of Ethnomathematics Of House And Traditional Music Tools Biak-Papua Cultural. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 8(3), 175–184.

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 113–118. Yogyakarta: Fmipa Uny.

Wahyuni, I. (2016). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Pesisir Selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Fenomena, 15(2), 225–238.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Matematika: Jurnal Analisa  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 . Hak cipta dilindungi undang-undang

Journal Analisa has indexed by:

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id