Pendekatan saintifik berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence

Dahlia Fisher, R. Poppy Yaniawati, In in Supianti, Mira Mariani

Abstract


Pendekatan Saintifik berbasis e-learning dapat eningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-confidence Siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence merupakan aspek penting yang perlu dikuasai siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning adalah sebuah metode pembelajaran inovatif yang memungkinkan siswa untuk dapat melaksanakan pembelajaran berbasis aneka sumber melalui kerangka ilmiah yang didukung dengan media interaktif berbasis teknologi informasi. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh metode Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning terhadap peningkatan Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 dari 3 kelas yang sudah terbentuk.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket yang dianalisis dengan statistik anova satu jalur. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang pembelajarannya melalui Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning lebih baik dibandingkan melalui Resources-Based Learning tanpa menggunakan media e-learning dan pembelajaran konvensional, dimana terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan self-confidence.


Keywords


Resources-Based Learning, Pendekatan Scientific, e-learning, kemampuan berpikir kreatif matematis, self-confidence

References


Ahmatika, D. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self-confidence Siswa Smp Melalui Resources-Based Learning RBL Dengan Pendekatan Scientific : Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa kelas VII salah satu SMPN Bandung. S2 Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia : Tidak Diterbitkan.

Aliyah, U.H, et al. 2014. “Keefektifan Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Lingkaran”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Tahun II No. 1; 10-18.

Butler, M. 2012. “Resource Based Learning and Course Design”. Law Library Journal. Georgia State University College of Law, Legal Studies Research Paper No. 2011-24.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Kemendikbud.

Foster, C. 2016. Confidence and competence with mathematical procedures. Educational Studies in Mathematics, 91 2. pp. 271-288.

Jazuli, A. 2009. "Berfikir Kreatif Dalam Kemampuan Komunikasi Matematika". Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Pp. 209-220.

Khususwanto. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Resource- Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-confidence Siswa SMP. Tesis: UPI; Bandung : Tidak Diterbitkan.

Diana, J.K. 2013. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Penabur Purworejo. Skripsi Universitas Satya Wacana Salatiga : tidak diterbitkan.

McPheat, S. 2010. Personal Confidence & Motivation. United Kingdom. MDT Training & Ventus Publishing ApS.

Nurqolbiah, S. 2016. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif dan Self-confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 1 No. 3 hal. 225-240.

Rahman, R. 2012. “Hubungan Antara Self-Concep Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa”. Jurnal ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1. No. 1. Februari 2012.

Ruggiero, R.V. 2013. The Art of Thinking. A Guide to Critical and Creative Thought Tenth Edition. New York: Longman, An Imprint of Addison Wesley Longman, Inc.

Wahyudin, Y. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA Melalui Implementasi Model Pembelajaran E-learning. Tesis, Unpas; Bandung : Tidak Diterbitkan.

Yaniawati, R.P. 2012. “Pengaruh e-learning untuk meningkatkan Daya Matemati Mahasiswa”. Cakrawala Pendidikan. Nopember 2012, Th. XXXI, No. 3; 381-393.

Yaniawati, R.P. 2013. "E-learning to Improve Higher Order Thinking Skills HOTS of Students." Journal of Education and Learning. 72; pp. 109-120.

Yaniawati, R.P. 2016. "Using Mathematics Assessment Based On E-learning To Improve Students' Mathematical Power". International Journal of Management and Applied Science. II 10, Pp. 130-135.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Matematika: Jurnal Analisa  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 . Hak cipta dilindungi undang-undang

Journal Analisa has indexed by:

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id